REFLEKSI DIRI
MODUL 4 PRAKTIK REFLEKSI
1. MEMULAI REFLEKSI
Latihan Pemahaman
1. Kapan proses refleksi dapat dilakukan?
A. Saat kita gagal mencapai suatu target
B. Saat kita ingin mengevaluasi suatu proses
C. Saat kita berhasil mencapi suatu target
D. Setiap saat
Jawab: D
2. Tips 6-lah agar membuat kegiatan refleksi yang menyenangkan adalah…
A. Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
B. Berkomitmenlah-berdialoglah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
C. Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-berdoalah
D. Berkomitmenlah-berdialoglah-perbaikilah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
Jawab: A
Cerita Reflektif:
Selama ini, apa yang biasanya menghambat Anda memulai refleksi? Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan refleksi dengan konsisten?
Jawab : Tidak ada hal yang menghambat dalam melakukan refleksi.
ATAU Hambatan guru untuk refleksi adalah Waktu merenung sulit bagi pendidik karena tugas administrasinya yang terlalu banyak yaitu: menyusun program pembelajaran atau bahan ajar, melaksanakan pembelajaran (apalagi peserta didik zaman sekarang sulit berkonsentrasi kepada materi pelajaran yang dipelajarinya), membuat evaluasi formatif dan sumatif yang sudah tentu harus dikoreksi untuk bisa dijadikan umpan balik bagi pembelajaran berikutnya, penilaian yang sangat banyak dari satu capaian pembelajaran yaitu Kognitif, psikomotorik, afektif.
Refleksi dapat dilakukan dengan konsisten adalah dengan mengambil waktu istirahat baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga.
2. MODEL REFLEKSI
Latihan Pemahaman
1. Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran?
A. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum dilakukan pembelajaran
B. Menjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran
C. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah proses pembelajaran.
D. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah membuat laporan.
Jawab: A
2. Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi Situasi-Makna-Aksi?
A. Menggambarkan situasi atau permasalahan yang terjadi
B. Memaknai dan mengambil pelajaran dari suatu peristiwa
C. Melibatkan lingkungan untuk menemukan solusi bersama
D. Merancang langkah aksi untuk menyelesaikan masalah
Jawab: A
Cerita Reflektif:
Dari 2 model refleksi yang dipelajari, model mana yang Anda mau coba gunakan? Mengapa?
Jawab : Model yang akan saya coba adalah model refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran, karena refleksi dilakukan selama proses pembelajaran.
soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Praktik Refleksi adalah sebagai berikut:
1. Saat melakukan refleksi, sebaiknya kita berjarak dari keriuhan situasi, agar...
A. tidak ketahuan orang lain
B. bisa lebih tenang dan jujur saat berdialog dengan diri
C. bisa konsentrasi
D. prosesnya lebih lancar
2. Perhatikan cerita di bawah ini! Ibu Rita termasuk guru yang rajin membuat kegiatan refleksi diri dengan meminta umpan balik dari teman sejawatnya. Bahkan ia meminta temannya tersebut untuk melihat rekaman pembelajarannya. Dengan hal ini Bu Rita selalu merasa bahwa kegiatan refleksi itu menyenangkan karena ia dibantu oleh teman-temannya. Dari ilustrasi cerita di atas, tips refleksi yang sudah dijalankan oleh Bu Rita adalah . . . .
A. Rayakanlah
B. Carilah teman
C. Rekamlah
D. Bercerminlah
3. Berikut yang bukan manfaat melakukan refleksi di tengah pembelajaran adalah?
A. Melihat respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan belajar yang sudah dipersiapkan guru
B. Memeriksa sejauh mana pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran
C. Memeriksa finalisasi kesiapan perangkat pembelajaran
D. Melakukan penyesuaian saat kegiatan pembelajaran masih berlangsung, berdasarkan respon peserta didik.
4. Pak Badru, seorang guru SMK, merasa kesulitan menghadapi sebuah kelas. Setiap Pak Badru masuk ke kelas, peserta didik mengobrol dengan riuh dan tidak ada yang memperhatikan pelajaran. Apa tindakan yang harus diambil Pak Badru untuk mengatasi kondisi tersebut?
A. Melaporkan kondisi kelas kepada kepala sekolah untuk segera menindak tegas peserta didik yang tidak menghormati guru.
B. Keluar dari kelas lalu meminta guru lain menggantikan tugas Pak Badru agar pembelajaran bisa kembali berlangsung.
C. Melakukan refleksi dengan memetakan situasi, mencari tahu apa yang perlu dilakukan, lalu melakukan aksi.
D. Menghubungi orang tua untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi di kelas dan mencari solusi bersama-sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar