KURIKULUM MERDEKA
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
MODUL 2 Kurikulum Merdeka
1. Prinsip Umum Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Berikut
yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?
a. Mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar murid saat ini
b. Membangun kapasitas belajar murid menjadi pembelajar sepanjang hayat
c. Mendukung perkembangan kognitif dan karakter murid
d.
Mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam satu tahun ajaran
Cerita
Relfektif:
Ibu dan Bapak Guru, ceritakan yuk tentang waktu favorit bersama murid, ketika
sedang melakukan apa?
Jawaban:
Ketika melakukan praktik pada LKPD dan murid pertama kali menggunakan busur dan
jangka untuk menentukan garis tinggi segitiga. Antusiasme murid-murid dalam
mengerjakan LKPD sungguh membuat persaan gembira.
2. Capaian Pembelajaran
Latihan Pemahaman
1. Sebagai acuan pembelajaran, Capaian
Pembelajaran diturunkan menjadi…
a. Modul Ajar
b. Alur tujuan
pembelajaran
c. Tujuan pembelajaran
d. RPP
2. Capaian Pembelajaran dibuat untuk
rentang waktu..
a. 1 fase
b. 1 tahun ajaran
c. 1 semester
d. tergantung kebutuhan
3. Dimensi-dimensi dalam profil pelajar
pancasila dibangun sejak…
a. Mulai dari SMP
hingga SMA/SMK
b. Dasar di SD saja
c. Fase fondasi
di PAUD hingga lulus SMA/SMK
d. SD hingga SMA/SMK
Cerita Reflektif:
Perubahan apa yang Ibu/Bapak rasa akan paling signifikan di kelas dengan
implementasi Kurikulum Merdeka?
Jawab:
Perubahan yang paling signifikan adalah metode pembelajaran berubah menjadi
proyek, sehingga banyak proyek bagi siswa.
3. Struktur Pembelajaran dalam Paradigma Baru
Latihan Pemahaman
Dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) terdapat
program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan
berpikir murid. Program ini mempunyai tujuh tema yang dapat dipilih oleh
sekolah untuk dieksplorasi.
Program tersebut adalah
a. Intrakurikuler
b. Projek
penguatan profil pelajar Pancasila
c. Ekstrakurikuler
d. Semua benar
Cerita Reflektif:
Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa
yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?
Jawab:
Pembelajaran berfokus pada tingkat dan kebutuhan anak serta disesuaikan dg
jondisi lingkungan di mana Satuan Pendidikan berada.Harapan saya ke.depannya
siswa tdk terlalu dibebani dg banyaknya materi yg sangat banyak yg membuat
siswa jenuh.
Dg pembelajaran diaesuaikan dg kebutihan dan tingkat kebutuhan murid serta
disesuaikan dg kondisi lingkungan sekiitar akan membuat lebih menyenangkan bagi
siswa dan siswa dihadapkan dg situasi yg nyata bagi mereka.Hal ini aoan
mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Kurikulum Merdeka
1. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.
A. Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
B. Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.
C. Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
D. Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.
Jawaban: C. Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
2. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
A. Benar
B. Salah
3. Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Taksonomi Bloom
4. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….
A. Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.
B. Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.
C. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
D. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas
5. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah….
A. Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya
B. Memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca
C. Merancang perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan murid.
D. Memberikan pendampingan pada murid tersebut
6. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri (terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).
A. Benar
B. Salah
7. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…
A. Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
B. Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah.
C. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
D. Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain.
8. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….
A. Bu Atikah menggunakan nilai ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid
B. Pak Jimi melakukan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
C. Bu Linda melakukan asesmen awal pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
D. Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar