Selasa, 08 November 2022

PERENCANAAN PEMBELAJARAN SMA/SMK/PAKET C MODUL 1 KURIKULUM OPERASI SATUAN PENDIDIKAN (SD/PAKET A, SMP/PAKET B, SMA/SMK/PAKET C

 

Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

 

1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya

2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.

3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.

 

MODUL 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

 

1.    Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan

Latihan Pemahaman

1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:

A. Visi adalah gambaran masa depan

B. Misi dituliskan dalam kalimat tindakan 

C. Visi bersifat realistis, kredibel, dan atraktif 

D. Visi tidak harus selalu ideal 

 

2. Budaya sekolah ditentukan oleh:

A. Pemerintah daerah 

B. Kepala sekolah dan manajemen sekolah

C. Perwakilan seluruh warga sekolah

D. Guru bersama perwakilan orang tua

 

CERITA REFLEKTIF

Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana? 

 

2.    Memahami Capaian Pembelajaran

Latihan Pemahaman

1. Sebelum merumuskan Tujuan Pembelajaran kita perlu

A. Menyusun Alut Tujuan Pembelajaran

B. Memahami Capaian Pembelajaran 

C. Membuat Perencanaan Pembelajaran

D. Semua benar

 

2. Apa langkah pertama yang perlu dilakukan saat merumuskan ATP.

A. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

B. Memahami Capaian Pembelajaran dan Karakteristik mata pelajaran

C. membuat Perencanaan Pembelajaran 

D. Semua Benar 

Jawab: Memahami CP dan karakteristik mata pelajaran

 

CERITA REFLEKTIF

Hal apa yang membuat Ibu dan Bapak Guru menyukai mata pelajaran yang saat ini diampu?

Saya mengampu mata pelajaran TIK, dimana para siswa sudah sangat familiar dengan perkembangan teknologi. Tetapi kebanyakan siswa hanya tahu sebatas “Bagaimana cara menggunakannya”. Namun tidak bagaimana sisi positif dan negatifnya secara detail, misalnya “Pencurian Data” dan lain sebagainya. Nah, hal inilah yang membuat para siswa bersemangat untuk berdiskusi dan literasi. Itulah yang saya sukai dari mata pelajaran saya.

 

3.    Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Latihan Pemahaman

1.    Tujuan pembelajaran dikembangkan dari ….

A.   Kompetendi dasar

B.   Lingkup materi

C.   Capaian Pembelajaran

D.   Alur Tujuan Pembelajaran

 

2.    Hal yang diidentifikasi saat merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternative ke-2 adalah:

A.   Kompetensi

B.   Lingkup materi

C.   Elemen mata pelajaran

D.   Lingkup materi dan kompetensi

 

Cerita reflektif

 

Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?

Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penulisan tujuan pembelajaran memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi. Sampai sekarang masih digunakan.


Soal dan Kunci Jawaban Post Test Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/): 

 

1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

1.   Wawancara.

2.  Pemilihan informasi yang relevan.

3.  Analisis karakteristik atau konteks sekolah.

4.  Merumuskan misi sekolah.

5.  Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

A.    1-2-3-4-5.

B.   1-2-3-5-4.

C.   2-1-3-5-4.

D.   2-1-5-4-3.

E.    1-3-2-4-5.

 

2. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah

A. Benar

B. Salah

 

3. Hal yang tepat mengenai Capaian Pembelajaran adalah…

A.  Fokus pada kompetensi pengetahuan yang harus dicapai peserta didik

B. Dibagi berdasarkan fase sesuai kompetensi yang harus dicapai

C. Dimulai pada jenjang PAUD untuk fase A

D. Menjabarkan kompetensi yang harus dicapai di akhir kelas

 

4. Informasi apa yang bisa didapatkan dari memahami rasional dalam naskah capaian pembelajaran?

A.  Fokus utama, kompetensi, dan profil pelajar Pancasila

B.   Ruang lingkup, karakteristik, dan profil pelajar Pancasila

C. Definisi, fungsi, dan ruang lingkup mata pelajaran

D. Definisi, fungsi, dan karakteristik mata pelajaran

 

5. Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah

A.  Pemahaman

B.  Analisis

C. Sistem diri

D. Metakognisi

 

6. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …

A.  Mengidentifikasi   kata kunci pada CP

B.  Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya

C. Merumuskan tujuan pembelajaran

D. Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran

 

7. Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…

A.  Pengurutan Deduktif

B.  Pengurutan Hierarki

C. Pengurutan Prosedural

D. Scaffolding

 

 

 

8. Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.  Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

A.  Scaffolding

B.  Pengurutan Deduktif

C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

D. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

 


 

 

 

 

 

 

2 komentar: