Minggu, 20 November 2022

PROFIL PELAJAR PANCASILA: MODUL 6 DIMENSI BERNALAR KRITIS

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

1.  

6.   DIMENSI BERNALAR KRITIS

A.   DIMENSI BERNALAR KRITIS

Latihan Pemahaman

1.    Berikut adalah cara yang tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu ...

A.   Menguatkan kemampuan literasi dan numerasi

B.   Membiasakan murid menghafal teori dan informasi yang didapat

C.   Melatih murid menganalisis informasi dan menghasilkan kesimpulan

D.   Membiasakan murid memahami dan menerjemahkan informasi yang didapat

 

CERITA REFLEKTIF

 

Ceritakan pengalaman yang berkesan ketika Ibu/Bapak mendapatkan pertanyaan kritis dari murid-muridnya.

Jawab: Pertanyaan kritis merupakan sebuah softskill untuk menjadi siswa yang sukses. pengalaman ketika mendapatkan siswa bertanya kritis yaitu senang dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan siswa.

 

B.   ELEMEN DALAM DIMENSI BERNALAR KRITIS

Latihan Pemahaman

1. Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.

A. Benar 

B. Salah 

 

2. Menurut alur perkembangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang .... 

A. PAUD

B. SD

C. SMP

D. SMA/SMK

 

3. Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk ...

A. Menyadari keterbatasan yang dimiliki

B. Menyadari adanya ruang untuk berkembang

C. Berpikir terbuka

D. Semua benar 

 

CERITA REFLEKTIF

Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

 

Soal Dan Kunce Jawaban Post Test Most Modul 6 Bernalar Kritis 

 

1. Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ...

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

B. Memverifikasi penelusuran informasi

C. Menganalis dan mengevaluasi penalaran

D. Refleksi pemikiran dan proses pemikiran 

 

2. Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari. Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen....

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberi langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamanannya

B. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi ayng diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin 

C. jawaban a dan b benar 

D. Tidak ada jawaban yang benar 

 

3. Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...

A. Pemahaman murid terhadap konsep

B. Miskonsepsi

C. Jawaban benar dan salah

D. Kesulitan yang dihadapi murid

 

4. Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen...

A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

B. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir

D. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi 

 

5. Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...

A. Saling mereviu penampilan teman saat pentas

B. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari

C. Memberikan checklist komponen pertunjukkan saat menonton pentas tari

D. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar