MERDEKA BELAJAR
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
MODUL 4 Merdeka Belajar (Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti)
1. Menumbuhkan Budi Pekerti
Latihan Pemahaman
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah…
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia.
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya.
D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah. Teori tabula rasa dan teori negatif
Jawaban: D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah. Teori tabula rasa dan teori negatif
Refleksi : Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini?
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah …
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula rasa dan teori negatif
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa
Jawaban: B. Teori tabula rasa dan teori negatif
Cerita Reflektif : Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini?
Jawab : Sebelum masuk ke dalam sekolah, pada pintu gerbang siswa dibiasakan untuk menyapa, memberi salam, bersikap sopan, dan santun. Kemudian siswa juga dibiasakan untuk memarkirkan sepeda sesuai dengan tempatnya. Pada awal pembelajaran siswa dibiasakan untuk berdoa mengingat kepada sang Pencipta dan bersyukur atas kesempatan belajar pada hari ini. Pada pembahasan materi pembelajaran kita membiasanya siswa untuk menyapa guru dan teman, membiasakan siswa untuk meminta ijin jika ingin menggunakan barang orang lain, meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan teman atau orang lain, serta pada akhir pembelajaran dibiasakan untuk mengucap salam perpisahan.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Merdeka Belajar (Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti)
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
Jawaban: D. Pengetahuan
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya
Jawaban: A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali…
A. jiwa
B. cipta
C. karsa
D. rasa
Jawaban: A. jiwa
4.Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan…yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian jasmani
B. bagian biologis
C. bagian intelligible
D. bagian keterampilan
Jawaban: B. bagian biologis
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika…
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan
Jawaban: B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah…
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak
Jawaban: B. Keluarga
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan…
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik
D. Budi Pekerti
Jawaban: C. Psikomotorik
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawaban: A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu…
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’
Jawaban: C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu…
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak – watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak – watak tidak baik murid
Jawaban: C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
11.Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori…
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa
Jawaban: D. Tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. Biologis dan intelligible
B. Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis
Jawaban: A. Biologis dan intelligible
Tidak ada komentar:
Posting Komentar