MERDEKA BELAJAR
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
MODUL 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
1. Kodrat Murid
Latihan Pemahaman
1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan sifat dan bentuk dimana murid berada disebut ...
A. Trikon
B. Kodrat keadaan
C. Kodrat alam
D. Kodrat zaman
Jawabannya : C. Kodrat alam
2. Kodrat keadaan merupakan ...
A. Bagian terpenting dari saat mengajar
B. Bagian yang harus disadari oleh guru
C. Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid
D. Bagian yang terpisahkan dari pembelajaran
Jawabannya : C. Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid
3. Melalui pembelajaran di Tiktok, menurut Bapak/Ibu, kompetensi Abad 21 apa saja yang bisa terasah ?
A. Berpikir kritis
B. Kreatif dan inovatif
C. Komunikasi
D. Kolaborasi
E. Semua jawaban benar
Jawabannya : E. Semua jawaban benar
Cerita Reflektif
Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke 21 murid anda ?
Jawabannya :
Saya sendiri akan menggunakan media seperti Youtube dan Instagram serta media sosial lainnya dalam proses untuk mengasah kemampuan abad ke 21 murid saya.
2. Asas Trikon
Latihan Pemahaman
1. Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas Trikon, pernyatan tersebut merupakan asas ?
A. Konsentris
B. Konvergen
C. Kontinuitas
D. Konvergensitas
Cerita Reflektif
Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke 21 murid anda ?
Jawabannya :
Saya sendiri akan menggunakan media seperti Youtube dan Instagram serta media sosial lainnya dalam proses untuk mengasah kemampuan abad ke 21 murid saya.
Misalnya seperti objek wisata. Maka pada materi mendeskripsikan tempat saya akan memberikan projek kelompok kepada siswa dengan memberikan pertanyaan seperti.
Apa yang menjadi keunikan desa ditempatmu dengan desa lainnya ? Anda bisa mengelaborasikannya dengan potensi utama desa atau objek wisata ungulan di desa kamu ? Nah sebelum projek itu dipresentasikan, guru akan memberikan kesempatan kepada kelompok untuk melakukan bimbingan atau konseling.
Hasil objek akan dipublikasi melalui akun media sosial siswa masing masing dalam sebagai bentuk perayaan atas teralisasinya projek tersebut.
Yang mana sebagai wujud siswa berkontribusi dalam memperkenalkan keunikan dan potensi desanya kepada masyarakat umum yang lebih luas lagi.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar (Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh)
1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
A. Kodrat alam dan kodrat zaman.
B. Kodrat alam dan kodrat dunia.
C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.
D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.
Jawaban: A. Kodrat alam dan kodrat zaman.
2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.
C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.
Jawaban: C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban: C. Konvergen
4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
Jawaban: C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…
A. Pembelajaran mandiri
B. Pembelajaran praktis
C. Pembelajaran demokratis
D. Pembelajaran kontekstual
Jawaban: D. Pembelajaran kontekstual
6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan…
A. Minat dan potensinya
B. Tuntutan masa depan
C. Target belajar di sekolah
D. Kebutuhan lingkungannya
Jawaban: B. Tuntutan masa depan
7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid …
A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.
B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.
D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.
Jawaban: A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid…
A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
Jawaban: B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah…
A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban: A. Kontinyu
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali…
A. Mengoptimalkan potensi diri
B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan
C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang
Jawaban: C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar