MERDEKA BELAJAR
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
Modul 5 Merdeka Belajar (Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan)
1. Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Latihan Pemahaman :
1. Berikut ini merupakan pernyataan yang pendidik sebaiknya pahami, kecuali…
A. Setiap murid memiliki kodrat kekuatan / potensi yang berbeda-beda.
B. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan.
C. Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi.
D. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia.
Jawaban: C. Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi.
2. Ada dua hal yang menjadi dasar sistem among, yaitu…
A. Momong dan ngemong.
B. Kodrat alam dan kodrat zaman.
C. Kodrat alam dan kemerdekaan murid.
D. Kemerdekaan murid dan tut wuri handayani.
Jawaban: C. Kodrat alam dan kemerdekaan murid.
3. Mana yang merupakan metode pembelajaran mendukung Merdeka Belajar Abad 21?
A. Ceramah
B. Dikte
C. Proyek
D. Semua jawaban benar
Jawaban: C. Proyek
Cerita Reflektif : Jika kembali ke semester yang lalu, materi dan pemahanan bermakna apa yang ingin Anda sampaikan kepada murid-murid?
Jawaban: Materi dan pemahaman bermakna yang ingin saya sampaikan adalah saya akan terus berupaya menfasilitasi belajar kalian. Mari bersama terus belajar dengan penuh semangat, menikmati proses belajar dan yakinlah setiap kita memiliki potensi yang luar biasa.
2. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik Murid
Latihan Pemahaman :
1. Pengembangan karakter kadang tertutupi oleh pengembangan kecerdasan kognitif dalam pembelajaran. Berikut ini yang merupakan ciri khas karakter bangsa yang dapat diwariskan oleh guru adalah…
A. Mementingkan kepentingan diri sendiri.
B. Mengesampingkan nilai dan norma masyarakat.
C. Gotong royong dan bekerja sama.
D. Patut dan taat terhadap orang kaya.
Jawaban: C. Gotong royong dan bekerja sama.
2. Prinsip kolaborasi antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat menjadi kunci kemajuan capaian belajar murid. Berikut ini manakah yang merupakan contoh kolaborasi tersebut?
A. Orang tua menyerahkan hasil belajar murid kepada guru.
B. Sekolah menyediakan sumber belajar yang ada di sekitarnya (orang tua dan komunitas).
C. Masyarakat menganggap guru sebagai sumber belajar yang utama.
D. Melibatkan masyarakat ketika membutuhkan pencairan dana BOS saja.
Jawaban: B. Sekolah menyediakan sumber belajar yang ada di sekitarnya (orang tua dan komunitas).
Cerita Reflektif : Siapa saja yang sudah anda libatkan dalam pembelajaran saat ini? (dapat menyebutkan lebih dari lebih dari 1)
Jawaban: Dalam pembelajaran saya sudah melibatkan orang tua dan warga sekolah. Mereka ikut dilibatkan dalam pembelajaran terutama pada materi pembelajaran terkait pekerjaan. Mereka sebagai sumber pembelajaran bagi siswa.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Merdeka Belajar (Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan)
1. Dalam menilai pemahaman murid, pendidik sebaiknya…
A. Menggunakan alat pengukuran lalu menyimpulkannya.
B. Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya.
C. Menggunakan alat pengukuran yang dibuat oleh murid.
D. Menggunakan alat mengukuran yang objektif dan dapat diukur dengan jelas.
Jawaban: B. Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya.
2. Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali?
A. Setiap murid memiliki kodrat
B. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan.
C. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia.
D. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid.
Jawaban: D. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid.
3. Ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah satu bagian dari “Sistem Among”, artinya…
A. Di depan memberi teladan.
B. Di tengah membangun kehendak.
C. Di tengah membangun kehendak.
D. Di samping menjadi teman.
Jawaban: A. Di depan memberi teladan.
4. Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional menjadi sangat penting bagi murid maupun guru. Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam membantu murid untuk menguasainya. Salah satu kompetensi mendasar yang menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah…
A. Kompetensi pedagogi
B. Kompetensi pengetahuan
C. Kompetensi sosial
D. Kompetensi literasi
Jawaban: D. Kompetensi literasi
5. Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir pembelajar ataun growth mindset yang membuat murid…
A. Memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang
B. Mau mendalami hal-hal yang disukai saja
C. Memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi dengan guru-guru yang diinginkan saja.
D. Mengedepankan kebenaran pendapat pribadi.
Jawaban: A. Memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang
6. Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat…
A. Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar.
B. Melihat ke segala arah.
C. Menjadi pusat perhatian.
D. Memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran.
Jawaban: A. Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar.
7. Dalam perkembangan diri seorang anak, yang berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah…
A. Teman di sekolah.
B. Orang tua atau keluarga.
C. Masyarakat.
D. Guru.
Jawaban: B. Orang tua atau keluarga.
8. Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali …
A. Keluarga
B. Diri sendiri
C. Pergerakan pemuda
D. Perguruan
Jawaban: D. Perguruan Tinggi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar