PERENCANAAN UNTUK PERBAIKAN SATUAN PENDIDIKAN
MODUL 1 APA DAN MENGAPA PERENCANAAN BERBASIS DATA
1. REFLEKSI PERENCANAAN
Latihan Pemahaman
1. Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.
A. Benar
B. salah
Cerita Reflektif
Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?
Jawab: Program satuan pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan sosialisasi perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan.
2. LATAR BELAKANG PBD
Latihan Pemahaman
1. Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?
A. Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya
B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.
C. Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.
D. Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik
Jawaban : B
Cerita Reflektif
Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
Perencanaan berbasis data sangat penting bagi satuan pendidikan karena direncanakan berdasarkan data nyata, yang bukan hanya sekedar asumsi
3. TUJUAN PERENCANAAN, TUJUAN PENDIDIKAN
Latihan Pemahaman
1. Salah satu sumber data perencanaan berbasis data adalah rapor pendidikan...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
Cerita Reflektif
Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?
Satuan pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan/perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data
1. Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
A. Data
B. Perkiraan pribadi
C. Perkiraan kelompok
D. Yang penting dana habis
jawaban : A
2. Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan
B. Berdasarkan pada data dan fakta
C. Menambah sarana dan prasarana fisik
D. Semua benar
jawaban : C
3. Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?
A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas
B. Fasilitas di satuan pendidikan
C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan
D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu
jawaban : C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar