Minggu, 20 November 2022

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA: MODUL 2 PERSIAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SMP - SMA

 


 

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA

 


MODUL 2 PERSIAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SMP – SMA

 

1.    Memodifikasi Modul Ajar 1

Latihan Pemahaman

1. Pengelompokkan murid dapat didasarkan pada pilihan bebas guru, misalnya kedekatan orang tua murid, tingkat strata sosial, dan kedekatan murid.

A. Benar

B. Salah 

 

Cerita Reflektif 

 

Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?

Jawab: Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid

 

2.    Memodifikasi Modul Ajar 2

Latihan Pemahaman

1.    Guru dapat menggunakan perangkat komputer dan/atau soal-soal yang berfokus pada pemecahan masalah (problem solving) sesuai dengan hasil asesmen diagnostik kemampuan kognitif murid dan fasilitas komputer di satuan pendidikan. 

A.   Benar

B. Salah 

 

Cerita Reflektif 

Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?

Jawab : Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid

 

3.    Pelibatan Murid

Latihan Pemahaman

1.    Sebagai pendidik, kita dapat melibatkan murid dalam belajar. Murid dapat dilibatkan dalam proses pembelajarannya dari tahap perencanaan hingga tahap refleksi.  Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
b. Salah

 

2.    Pelepasan tanggung jawab bertahap adalah sebuah proses dimana tanggung jawab berpikir perlu secara bertahap bergeser dari guru hingga akhirnya peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
b. Salah

 

Cerita reflektif

 

Saat bersekolah dulu, apakah Ibu dan Bapak mempunyai peran dalam proses belajar? Jika ya seperti apa peran yang dimiliki?

 

,’

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi SMP-SMA

 

1. Perhatikan elemen-elemen berikut:

1. Kebutuhan murid

2. Kondisi kelas

3. Pertimbangan guru

4. Lingkungan sekolah

Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?

A. 1, 2, 4

B. 2, 3, 4

C. 1, 3, 4

D. 1, 2, 3

 

2. Kegiatan belajar informatika tanpa menggunakan perangkat komputer disebut dengan...

A. Disconnected

B. Offline

C. Online

D. Unplugged

 

3. Seorang pendidik akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Algoritma dan Pemorograman (AP). Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan materi ini. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?

A. Ia dapat menyampaikan bahwa AP adalah materi yang mudah dan tidak perlu ditakuti

B. Ia dapat menyampaikan bahwa AP membutuhkan keterampilan komputer yang memadai, sehingga murid-murid harus menguasai perangkat yang akan digunakan. 

C. Ia dapat menjelaskan bahwa AP adalah kegiatan yang berfokus pada pemecahan masalah yang solusinya diwujudkan dalam bentuk kode 

D. Ia dapat langsung menjelaskan struktur materi yang akan dipelajari kepada murid agar mendapatkan gambaran 

 

4. Ibu Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan memerlukan kegiatan remedial materi AP di kelasnya. Manakah langkah yang paling tepat ia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

A. Ia dapat menyusun berbagai macam rubrik yang mengasah murid mengerjakan soal cerita dengan metode problem solving

B. Ia dapat memasangkan satu murid yang telah paham dengan sekelompok murid yang belum paham untuk belajar bersama

C. Ia dapat mengubah materi ajar dua tingkat di bawah materi saat ini 

D. Ia dapat menambah jam praktik materi coding di kelas menggunakan perangkat komputer

 

MODUL 3 PENGUATAN LITERASI SMP DAN SMA

 

1.   

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar