Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA
MODUL 2 PERSIAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SMP – SMA
1. Memodifikasi Modul Ajar 1
Latihan Pemahaman
1. Pengelompokkan murid dapat didasarkan pada pilihan bebas guru, misalnya kedekatan orang tua murid, tingkat strata sosial, dan kedekatan murid.
A. Benar
B. Salah
Cerita Reflektif
Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?
Jawab: Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid
2. Memodifikasi Modul Ajar 2
Latihan Pemahaman
1. Guru dapat menggunakan perangkat komputer dan/atau soal-soal yang berfokus pada pemecahan masalah (problem solving) sesuai dengan hasil asesmen diagnostik kemampuan kognitif murid dan fasilitas komputer di satuan pendidikan.
A. Benar
B. Salah
Cerita Reflektif
Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?
Jawab : Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid
3. Pelibatan Murid
Latihan Pemahaman
1.
Sebagai pendidik, kita dapat
melibatkan murid dalam belajar. Murid dapat dilibatkan dalam proses
pembelajarannya dari tahap perencanaan hingga tahap refleksi. Pernyataan
di atas adalah…
A. Benar
b. Salah
2.
Pelepasan tanggung jawab bertahap
adalah sebuah proses dimana tanggung jawab berpikir perlu secara bertahap
bergeser dari guru hingga akhirnya peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah
ilmu secara mandiri. Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
b. Salah
Cerita reflektif
Saat bersekolah dulu, apakah Ibu dan Bapak mempunyai peran dalam proses belajar? Jika ya seperti apa peran yang dimiliki?
,’
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi SMP-SMA
1. Perhatikan elemen-elemen berikut:
1. Kebutuhan murid
2. Kondisi kelas
3. Pertimbangan guru
4. Lingkungan sekolah
Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?
A. 1, 2, 4
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 4
D. 1, 2, 3
2. Kegiatan belajar informatika tanpa menggunakan perangkat komputer disebut dengan...
A. Disconnected
B. Offline
C. Online
D. Unplugged
3. Seorang pendidik akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Algoritma dan Pemorograman (AP). Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan materi ini. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?
A. Ia dapat menyampaikan bahwa AP adalah materi yang mudah dan tidak perlu ditakuti
B. Ia dapat menyampaikan bahwa AP membutuhkan keterampilan komputer yang memadai, sehingga murid-murid harus menguasai perangkat yang akan digunakan.
C. Ia dapat menjelaskan bahwa AP adalah kegiatan yang berfokus pada pemecahan masalah yang solusinya diwujudkan dalam bentuk kode
D. Ia dapat langsung menjelaskan struktur materi yang akan dipelajari kepada murid agar mendapatkan gambaran
4. Ibu Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan memerlukan kegiatan remedial materi AP di kelasnya. Manakah langkah yang paling tepat ia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?
A. Ia dapat menyusun berbagai macam rubrik yang mengasah murid mengerjakan soal cerita dengan metode problem solving
B. Ia dapat memasangkan satu murid yang telah paham dengan sekelompok murid yang belum paham untuk belajar bersama
C. Ia dapat mengubah materi ajar dua tingkat di bawah materi saat ini
D. Ia dapat menambah jam praktik materi coding di kelas menggunakan perangkat komputer
MODUL 3 PENGUATAN LITERASI SMP DAN SMA
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar