PERENCANAAN UNTUK PERBAIKAN SATUAN PENDIDIKAN
MODUL 2 BAGAIMANA PROSES PERENCANAAN DILAKUKAN
1. SIKLUS PERENCANAAN
Latihan Pemahaman
1. Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali:
A. Identifikasi
B. Rrefleksi
C. Ttelusuri
D. Benahi
Jawaban: C
Cerita Refleksi
Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!
Jawab: Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan kelemahan untuk membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.
2. SUMBER DATA PBD
Latihan Pemahaman
2. Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di Satuan Pendidikan?
A. Rapor pendidikan
B. Asesmen nasional
C. Masukan dari orangtua murid
D. Semua benar
Jawaban : A
Cerita Refleksi
Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!
Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan rapor pendidikan satuan pendidikan.
3. SIAPA YANG TERLIBAT DALAM PBD
Latihan Pemahaman
1.
Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?
A. Kepala sekolah
B. Guru
C. Siswa
D. Semua benar
Jawaban: D
Cerita Reflektif
Ceritakan siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses perencanaan program di satuan pendidikan!
Yang terlibat dalam proses perencanaan proram satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.
4. HASIL AKHIR PERENCANAAN BERBASIS DATA
Latihan Pemahaman
1.
Apa hasil akhir dari PBD?
A. rapor pendidikan
B. profil pendidikan
C. RKT dan RKAS
D. perencanaan program
E. semua benar
Jawaban: C
Cerita Reflektif
Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran?
Penerapan program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebaai dasar penyusunan RKT dan RKAS.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan
1. Inti dari perencanaan
berbasis data adalah:
A. Menemukan akar masalah
B. Melakukan pemutakhiran data
C. Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan pilihan kegiatan
Jawaban: D
2. Jika Satuan Pendidikan
membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
A. Warga Sekolah
B. Dapodik
C. Tracer Study
D. Data GPK
Jawaban: A
3. Tujuan diadakannya Perencanaan
Berbasis Data adalah...
A. Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan
dengan lebih sederhana dan bermakna.
B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen
administrasi
C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang
berkali-kali
4. Berikut adalah perencanaan program
yang membutuhkan biaya, kecuali…
A. pengadaan buku sekolah
B. perbaikan lapangan sekolah
C. pelatihan guru
D. pembangunan perpustakaan
E. semua membutuhkan biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar