MERDEKA BELAJAR
MODUL 2 Mendidik dan Mengajar
1. Mendidik Menyeluruh
Latihan pemahaman
Manakah peran yang paling dominan anda lakukan di dalam kelas ?
A. Mendidik
B. Mengajar
C. Mendidik dan Mengajar
Jawabannya : B. Mengajar
Cerita reflektif
Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi anda sewaktu menjadi murid dulu ?
Jawabannya : Menurut pengalaman, guru yang dapat menumbuhkan kekuatan dan potensi saya, semasa menjadi murid adalah guru yang baik. Tidak membeda bedakan anak muridnya dalam hal kemampuan belajar di sekolah. Guru yang saya kenal itu mengajar saya menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, mandiri, dan memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk mengeksplorasi diirnya. Mencoba berbagai pengalaman serta belajar dari setiap kesalahan dan menghargai semua teman temannya di sekolah.
2. Pendidikan Selama Satu Abad
Latihan pemahaman
Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak lagi di praktikkan di kelas ...
A. Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas
B. Saat belajar, murid duduk rapi mengadap ke depan dan kelas hening
C. Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata pelajaran
D. Cara pembuatan tugas dilakukan seragam misalnya semua murid mengerjakan video, melalui tulisan dan sebagainya.
E. Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas
Jawabannya : E. Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas
Cerita reflektif
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah anda lakukan selama menjadi guru ?
Jawabannya : Saya sendiri melakukan pembelajaran yang membuat siswa tetap fokus pada nilai. Karena saya menekankan kemampuan kognisi siswa seperti latihan soal secara intensif ketika menjelang ujian. Nah sehingga ketika nantinya siswa mendapat nilai kurang maka saya akan memandang siswa tersebut gagal dalam memahami materi pembelajaran yang saya berikan.
3. Menjadi Manusia Secara Utuh
Latihan pemahaman
Pendidikan atau tuntutan seharusnya memberikan murid ...
A. Didikan pengetahuan
B. Didikan lahir
C. Didikan batin
D. Didikan hidup
E. Dididkan lahir dan batin
Cerita reflektif
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah anda lakukan selama menjadi guru ?
Jawabannya : Dimana materi yang saya ingin kan kembali adalah procedure teks, saya ingin memperbaiki cara saya mengasah nalar. Kemampuan berpikir dan kebutuhan batin murid terutama kesempatan bagi siswa untuk menalar dan berpikir kritis dalam mengobservasi dan mengeksplorasi dengan cara melakukan pembelajaran berbasis proyek.
Atau: Jika kembali ke semester lalu dimana Anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid Anda, di materi apa Anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Materi yang ingin saya ajarkan kembali jika kembali ke semester lalu ketika saya merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid saya adalah tenses dan grammar karena saya adalah guru Bahasa Inggris (Silakan diganti dengan Mta Pelajaran yang Anda ampu) dan hal itu merupakan hal yang paling saya tuntut dalam pemahaman murid ketika mengajar. Saya juga ingin memperbaiki cara mengajar dan bagaimana mengasah nalar dan kemampuan berpikir.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Mendidik dan Mengajar,
1. Ki Hadjar Dewantara mendefiniskan 'Pendidikan' sebagai "tuntunan" artinya ....
A. Tuntunan guru untuk membimbing murid
B. Tuntunan dalam promosi pembelajaran
C. Tuntunan murid untuk beradaptasi
D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya
2. Apa definisi dari 'mendidik' yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
A. Menuntut segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat
B. Menurun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahaan lingkungan dan menjaling hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya
C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi leih tau agar wawasan dan ketrampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal
3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan
4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
A. Menuntun
B. Tuntunan
C. Pendidikan
D. Pengajaran
5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...
A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri
6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara...
A. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari Pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan
7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan...
A. Murid malas belajar
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
C. Murid tertekan untuk sekolah
D. Sistem penilaian tidak sesuai
8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...
A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
C. Pendidikan intelektual dan emosional
D. Pendidikan emosional dan olah rasa
9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
B. Berperasaan
C. Dapat bekerja berdasarkan kehendak
D. Mengatur orang lain
10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatanm dan Praktis
C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis
11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...
A. Berdaya
B. Berbudi pekerti
C. Beriman
D. Berkuasa atas kehendak diri
12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena...
A. Penting untuk masa depan
B. Membuat diri murid menjadi seimbang
C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar