ASESMEN SMP DAN SMA/SMK/PAKET B – C
MODUL 1 MEMAHAMI ASESMEN
1. Prinsip dan Fungsi Asesmen
Latihan Pemahaman
1. Asesmen yang lebih melibatkan murid untuk menilai diri dan temannya adalah salah satu karakteristik dari
A. Asesmen sebagai proses pembelajaran (as learning)
B. Asesmen untuk proses pembelajaran (for learning)
C. Pada akhir proses pembelajaran (of learning)
2. Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali
A. Proses pengumpulan informasi kebutuhan belajar
B. Proses pengolahan informasi pencapaian hasil belajar
C. Alat untuk menghasilkan nilai
Alat untuk memantau perkembangan belajar murid
CERITA REFLEKTIF
Apa yang terlintas di pikiran Ibu dan Bapak saat mendengar kata asesmen?
Terlintas diawal pikiran saya bahwa asesmen adalah proses penilaian / penghargaan kepada siswa setelah mempelajari materi tertentu.
2. Metode dan Format Asesmen
Latihan Pemahaman
1. Projek adalah salah satu bentuk asesmen dengan teknik...
A. Observasi
B. Tes Tulis
C. Performa
D. Tes Lisan
2. Berikut yang bukan termasuk dalam format asesmen alternatif adalah
A. Projek
B. Soal pilihan ganda
C. Portofolio
D. Soal pertanyaan terbuka
Cerita Reflektif
Setelah menyimak video tadi, manakah teknik asesmen yang Ibu dan Bapak paling ingin coba untuk diterapkan di kelas? Mengapa?
Asesmen sumatif, karena ingin mengetahui seberapa kuat capaian hasil belajar.
3. Kurikulum dan Asesmen
Latihan Pemahaman
1. Salah satu cara melibatkan murid secara aktif dalam asesmen adalah dengan mengajak murid untuk
A. Melakukan penilaian diri
B. Melakukan penilaian antarteman
C. Membuat ceklis rencana dan capaian
D. Semua benar
Cerita Reflektif :
Apa pandangan baru yang Ibu dan Bapak Guru dapatkan setelah menyimak video ini?
Jawab : Mencoba hal-hal baru yang dapat menambah aktifitas murid (student center) sehingga akan didapat informasi apakah tujuan pembelajaran telah dicapai dengan baik.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Asesmen SMP – SMA/SMK/PAKET B – C
1. Asesmen sebagai proses belajar bertujuan untuk
A. sarana refleksi bagi murid terkait pencapaian diri terhadap capaian pembelajaran
B. melakukan penilaian akhir capaian pembelajaran murid.
C. mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran di tema berikutnya.
D. melakukan pengecekan minat
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
2. Untuk merencanakan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.
3. Untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
4. Untuk mengetahui nilai capaian belajar anak.
5. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan belajar setiap individu.
6. Untuk merencanakan pola pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen sumatif bagi guru adalah …
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 4 dan 6
D. 1 dan 5
3. Pak Ian ingin mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga ingin melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid. Manakah asesmen di bawah ini yang dapat dilakukan oleh Pak Ian?
A. Murid mengerjakan proyek IPA kemudian Pak Ian memeriksa dan menilai produk akhir yang dihasilkan dari proyek yang dikerjakan
B. Murid mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi, kemudian Pak Ian memberi umpan balik agar murid melakukan perbaikan
C. Murid melakukan penilaian diri sendiri terkait penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak Ian membaca hasil penilaian diri tersebut
D. Murid melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan melengkapi temuan mereka
4. Asesmen hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang telah berlangsung
A. Benar
B. Salah
5. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Dapat digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
2. Dapat digunakan untuk memetakan perkembangan proses belajar murid.
3. Dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan kualitas guru.
4. Dapat digunakan untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
5. Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi asesmen adalah
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 4
D. 2, 4, dan 5
6. Dalam melakukan penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi murid. Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak Adit tidak sesuai dengan prinsip
A. Menyeluruh
B. Kesesuaian fungsi umpan balik
C. Adil
D. Sederhana informatif
7. Peran asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
A. Untuk memberikan informasi kepada kepala sekolah mengenai kualitas pembelajaran yang terjadi di sekolah
B. Menstimulus pola pikir kritis murid untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
C. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengecek hasil akhir pencapaian murid
D. Membantu guru untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
8. Penyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan semua murid
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minimal yang harus dicapai setiap murid
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selam proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan
9. Pak Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami kaitan antara Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dengan asesmen. Pak Dentje menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami
1. Menelaah Capaian Pembelajaran.
2. Menurunkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
3. Melakukan asesmen.
4. Dari indikator asesmen diturunkan menjadi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
5. Menurunkan tujuan pembelajaran menjadi indikator asesmen.
6. Mendiagnosis penguasaan murid dengan bantuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
7. Menentukan intervensi pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai urutannya adalah
A. 1-2-5-3-4-6-7
B. 1-2-3-5-4-6-7
C. 1-2-3-7-5-4-6
D. 1-2-5-4-3-6-7
10. Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah
A. Asesmen formatif
B. Asesmen sumatif
C. Asesmen diagnostik
D. Asesmen diri
11. Bu Alda akan melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen . Untuk tes tersebut, sebaiknya Bu Alda menggunakan instrumen asesmen ….
A. Catatan anekdotal
B. Rubrik
C. Tabel ceklis
D. Lembar pengamatan
12. Pak Didi akan melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut: Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar. Teknik asesmen yang tepat untuk digunakan oleh Pak Didi adalah ….
A. melakukan observasi mengenai perkembangan pengetahuan murid mengenai gaya dan gerak
B. menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk mengetahui pemahaman murid mengenai pemanfaatan gaya dan gerak
C. melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya dan gerak disertai laporan pelaksanaan projek
D. melakukan tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar