Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C
1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan dalam proses memahami soal pots test modul pada setiap topiknya
2. Silahkan bapak ibu guru mengeksplorasi pilihan jawaban relevan lainnya yang sesuai dengan pemahamannya sendiri.
3. Jawaban di atas tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan mencari tambahan referensi jawaban yang lainnya.
MODUL 2 Merancang Pembelajaran SMA/SMK/Paket C
1. Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik
Latihan Pemahaman
1. Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah...
A. Inti dari topik pembelajaran
B. Berupa pertanyaan terbuka
C. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid
Cerita Reflektif :
Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!
Jawab : Dahulu, tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar. Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga sedikit sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya.
2. Merancang Asesmen Pembelajaran
Latihan Pemahaman
1. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk
A. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
B. Membuat pengukuran yang terarah
C. Memudahkan dalam merancang asesmen
D. Semua benar
2. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali
A. Indikator pencapaian kompetensi
B. Pertanyaan pemantik
C. Alat ukur yang akan dipakai
D. Panduan asesmen untuk murid
Cerita Reflektif :
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Jawab : Gerogi sudah tentu, takut dapat nilai kecil ya jelas pasti. Meskipun demikian, dapat membagi waktu bermain dan belajar dengan baik.
3. Merumuskan Modul Ajar
Latihan Pemahaman
1. Komponen modul ajar yang menjelaskan keterampilan murid yang harus dikuasai saat akan mempelajari suatu topik disebut
A. Tujuan pembelajaran
B. Kompetensi prasyarat
C. Indikator keberhasilan
D. Rubrik penilaian
2. Merancang modul ajar sebenarnya adalah proses kita merancang kegiatan belajar. Hal-hal yang perlu ditentukan saat merancang modul ajar adalah
A. Rincian kegiatan belajar
B. Bahan ajar yang diperlukan murid
C. Dimensi profil pelajar pancasila yang akan ditumbuhkan
D. Semua benar
3. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali
A. Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia
B. Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda
C. Capaian pembelajaran yang berbeda
D. Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda
Cerita Reflektif :
Menurut Ibu dan Bapak Guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?
Jawab : Pembelajaran berbasis CBSA, Catat Buku Sampai Habis.
Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar SMP/Paket B
1. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah
A. Merupakan pemahaman praktis
B. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran
C. Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar
D. Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'
2. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar [sesuai dengan buku teks] alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya "kira-kira siapa yang ada pada gambar ini"?
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya "Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?"
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya "Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca"
D. Seorang Guru Geografi bertanya "Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?"
E. Seorang Guru IPA bertanya "Bagaimana proses terjadinya hujan?"
3. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...
A. Agar murid mendapatkan nilai
B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas dan sebagainya
D. Untuk membandingkan yang didapatkan murid
E. Untuk menjadi data tambahan
4. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya ia akan meminta murid menuangkan pemahamannya terkait dampak globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak Markus memberikan kebebasan pada murid untuk memilih media kampanye selama pesan kampaye dapat tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek yang tepat untuk mengukur asesmen tersebut antara lain ....
A. Orisinalitas, artikulasi dan intonasi, kualitas konten, dan sistematika kampanye
B. Orisinalitas, desain kampanye, kualitas konten, dan sistematika kampanye
C. Sistematika kampanye, kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media
D. Kualitas konten, desain kampanye, orisinalitas, dan desain media
5. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan ....
A. asesmen formatif yang akan dilakukan
B. asesmen sumatif yang akan dilakukan
C. tujuan pembelajaran yang ditetapkan
D. sarana dan prasarana belajar murid
6. Pernyataan berikut yang salah tentang modul ajar adalah ...
A. Modul ajar adalah bagian dari perencanaan pembelajaran
B. Modul setara dengan RPP
C. Komponen dalam modul ajar bisa disesuaikan dengan kebutuhan guru
D. Modul ajar perlu memuat kompenen kemampuan prasyarat
E. Modul ajar perlu memuat informasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diasah pada modul tersebut
7. Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:
1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....
A. Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
B. Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
C. Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodi aktivitas belajar
D. Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring
8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali …
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
D. Menggantikan peran guru dalam mengajar.
E. Membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi.
9. Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
A. Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
B. Modifikasi terkait konten isi.
C. Modifikasi asesmen.
D. Modifikasi materi.
E. Modifikasi model belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar