Senin, 14 November 2022

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA/PAKET C: MODUL 4 MERANCANG MODUL PROJEK SMA

 

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA/PAKET C

 

 

MODUL 4 MERANCANG MODUL PROJEK SMA

 

1.    A. PEMILIHAN ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Latihan Pemahaman

1. Untuk membantu fokus dalam melihat ketercapaian kompetensi murid, maka disarankan untuk mengambil beberapa dimensi, elemen dan sub-elemen profil pelajar pancasila sebanyak .......

A. Seluruh elemen yang tersedia

B. 5 elemen yang tersedia

C. 2-3 elemen yang tersedia

D. Semua salah 

 

CERITA REFLEKTIF

 

Menurut Ibu dan Bapak, hal apa yang dapat memudahkan Ibu dan Bapak dalam pemilihan elemen dan sub elemen dimensi profil pelajar pancasila? 

JAWAB: Disesuaikan dengan karakteristik murid 

 

2.    B. MERANCANG RUBRIK ASESMEN

Latihan Pemahaman

1.    Saat merancang rubrik asesmen projek, maka kita perlu membuat tingkatan deskripsi yang jelas dan terukur.

Pernyataan di atas adalah…

A.   Benar

B.   Salah

Jawab : A. Benar

 

Cerita Reflektif :

Saat mempelajari materi ini, saya menyadari satu hal baru yaitu…

Jawab : Assesment itu penting

 

2.    Dalam pembuatan rubrik dalam kegiatan berprojek, apa sajakah hal yang perlu kita buat untuk melihat kompetensi murid?

A.   Indikator penilaian

B.   Deskripsi yang jelas dan terukur

C.   Semua benar

D.   Semua salah 

 

CERITA REFLEKTIF 

 

Saat mempelajari materi ini, saya menyadari satu hal baru yaitu

Untuk membuat asesmen diperlukan suatu perancangan yang matang

 

3.    C. MERANCANG MODUL PROJEK

Latihan Pemahaman

1.    Saat merancang modul projek apa saja yang dapat kita pertimbangkan?

A.   Konteks Satuan Pendidikan

B.   Kebutuhan Murid

C.   Semua Benar

D.   Semua Salah

Jawab : C. Semua benar

 

2.    Merancang modul projek Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI tidak dapat dilakukan oleh semua sekolah. tema ini hanya dapat dilakukan oleh sekolah di kota yang sudah mempunyai perangkat teknologi canggih.Pernyataan di atas adalah…

A.   Benar

B.   Salah

Jawab : B. Salah

 

3.    Merancang modul projek Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI tidak dapat dilakukan oleh semua sekolah. tema ini hanya dapat dilakukan oleh sekolah di kota yang sudah mempunyai perangkat teknologi canggih. Pernyataan di atas adalah…

A.   Benar

B.   Salah

Jawab : B. Salah

 

Cerita Reflektif :

 

Setelah memahami cara merancang modul projek, yang akan saya lakukan adalah…

Jawab : Mencoba menerapkan ilmu yang saya paham untuk melaksanakan pembelajaran berbasis projek

 

Dalam merancang modul projek Suara Demokrasi, apakah kita wajib menggunakan topik dan dimensi yang telah ditetapkan dalam video?

A.   Tidak

B.   Ya

 

CERITA REFLEKTIF 

 

Setelah memahami cara merancang modul projek, yang akan saya lakukan adalah 

Menerapkan ilmu tersebut untuk merancang modul projek

Jawab : Mencoba menerapkan ilmu yang saya paham untuk melaksanakan pembelajaran berbasis projek

 

SOAL DAN KUNCI JAWABAN POST TEST MODUL 4 MERANCANG MODUL PROJEK SMA

 

1. Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?

A. Tidak perlu menambah kegiatan projek

B. Menambah asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya

C. Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya

D. Semua salah 

 

2. Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek...

A. Alur Kegiatan Projek

B. Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan sub-elemen yang dipilih

C. Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya

D. Semua benar

 

3. Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:

1. Modul Projek memliki 5 dimensi

2. Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur

3. Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran

Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?

A. Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini

B. Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek dapat dilakukan dalam satu tahun

C. Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih holistik

D. Semua benar

 

4. Dalam pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah...

A. Benar

B. Salah

 

5. SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?

A. Kearifan lokal

B. Bangunlah jiwa dan raganya

C. Suara Demokrasi

D. Bhinneka Tunggal Ika 

 

6. Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra. Pernyataan di atas adalah..

A. Benar

B. Salah 

 

7. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?

A. Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya

B. Bu Ganes membuat indikator yang sulit untuk diukur

C. Tidak perlu melibatkan murid dalam rancangan rubrik

D. Bu Ganes membuat deskripsi yang mudah untuk dipahami para guru, murid tidak perlu paham. 

 

8. Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..

A. Kearifan lokal

B. Bhinneka Tunggal Ika

C. Kewirausahaan

D. Suara Demokrasi 

 

9. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen .......... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid. Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah...

A. Sumatif

B. Awal pembelajaran 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar