Minggu, 20 November 2022

PROFIL PELAJAR PANCASILA: MODUL 5 DIMENSI MANDIRI

 

PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

5.   DIMENSI MANDIRI

A.   DIMENSI MANDIRI

Latihan Pemahaman

1.    Harapan dari dimensi mandiri pada diri pelajar Indonesia adalah ....

A.   Mampu mengerjakan tugas sendiri

B.   Mampu pergi ke sekolah sendiri

C.   Mampu mengenali potensi dan kekurangan dirinya

D.   Mampu belajar tanpa awasan orang dewasa

 

CERITA REFLEKTIF

Saat kita bersekolah dulu, sikap mandiri seperti apakah yang kita punya? Silahkan tuliskan satu hal/kegiatan yang mencerminkan sikap mandiri.

Jawab : Perbedaan saat dahulu masih bersekolah dengan sekarang sudah tentu jauh berbeda, baik media belajar, fasilitas, sumber belajar, cara belajar dan lain sebagainya. Itu berimbas pada kemandirian. Bisa dikatakan 90% kegiatan belajar dituntun oleh guru, sisanya adalah belajar mandiri dengan segala kekurangan.

 

B.   ELEMEN DALAM DIMENSI MANDIRI

Latihan Pemahaman

1.    Mampu mengatur perasaan untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya adalah bagian dari

A.   Rasa tangguh

B.   Regulasi emosi

C.   Percaya diri

D.   Adaptif

 

2.    Agar mampu memahami diri dan situasi yang dihadapi, murid perlu dilatih untuk ....

A.   Melakukan refleksi diri

B.   Mengenali kualitas dan diri

C.   Mengenali tantangan yang dihadapi 

D.   Semua benar 

 

Cerita Reflektif

 

Apa pengalaman berkesan Ibu dan Bapak saat membantu murid mencapai tujuan belajarnya?

Jawab : Pengalaman paling berkesan adalah saat murid dapat memahami dan menganalisis materi pembelajaran serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Soal Dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri 

 

1.    Pemahaman diri dan situasi

1.    Regulasi emosi

2.    Regulasi diri

3.    Refleksi diri

Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 4

 

2. Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu...

A. Murid sendiri yang menentukan target belajarnya

B. Guru yang menentukan target belajar murid

C. Murid yang menentukan target belajar temannya

D. Guru tidak perlu memantau target muridnya 

 

3. Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..

A. "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya" 

B. Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yan bisa saya lakukan" 

C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv" 

D. Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR

 

4. Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan...

A. Memberikan waktu berpikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari gurunya 

B. Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan

C. Berikan ruang waktu bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan

D. Memberikan kepercayaan untuk murid menghafal pelajarannya 

 

5. Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?

A. Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi? 

B. jika bangunanmu tidak tinggi, mau bapak bantu? 

C. Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus? 

D. Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga menjadi pendek begini? 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar