Minggu, 20 November 2022

PERENCANAAN UNTUK PERBAIKAN SATUAN PENDIDIKAN:   MODUL 2 BAGAIMANA PROSES PERENCANAAN DILAKUKAN

 

 

PERENCANAAN UNTUK PERBAIKAN SATUAN PENDIDIKAN


 

MODUL 2 BAGAIMANA PROSES PERENCANAAN DILAKUKAN

 

1.    SIKLUS PERENCANAAN

Latihan Pemahaman

1.    Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali:

A.   Identifikasi

B.   Rrefleksi

C.   Ttelusuri

D.   Benahi

Jawaban: C

 

Cerita Refleksi

 

Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!

Jawab: Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan kelemahan untuk membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.

 

2.    SUMBER DATA PBD

Latihan Pemahaman

2. Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di Satuan Pendidikan?

A. Rapor pendidikan

B. Asesmen nasional

C. Masukan dari orangtua murid

D. Semua benar

Jawaban : A

 

Cerita Refleksi

Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan rapor pendidikan satuan pendidikan.

 

3.    SIAPA YANG TERLIBAT DALAM PBD

Latihan Pemahaman

1.      Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?
A. Kepala sekolah
B. Guru
C. Siswa
D. Semua benar

Jawaban: D

Cerita Reflektif

Ceritakan siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses perencanaan program di satuan pendidikan!

Yang terlibat dalam proses perencanaan proram satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.

 

4.    HASIL AKHIR PERENCANAAN BERBASIS DATA

Latihan Pemahaman

1.      Apa hasil akhir dari PBD?
A. rapor pendidikan
B. profil pendidikan
C. RKT dan RKAS
D. perencanaan program
E. semua benar

Jawaban: C

 

Cerita Reflektif 

 

Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran?

Penerapan program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebaai dasar penyusunan RKT dan RKAS.

 

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan

 

1. Inti dari perencanaan berbasis data adalah:
A. Menemukan akar masalah
B. Melakukan pemutakhiran data
C. Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan pilihan kegiatan

Jawaban: D

 

2. Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
A. Warga Sekolah
B. Dapodik
C. Tracer Study
D. Data GPK

Jawaban: A

 

3. Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah...
A. Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna.
B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi
C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali

 

4. Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali…
A. pengadaan buku sekolah
B. perbaikan lapangan sekolah
C. pelatihan guru
D. pembangunan perpustakaan
E. semua membutuhkan biaya

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar