Senin, 14 November 2022

ASESMEN SMP DAN SMA/SMK/PAKET B - C: MODUL 2 MENYIAPKAN ASESMEN SMP - SMA/SMK/PAKET B - C

 

ASESMEN SMP DAN SMA/SMK/PAKET B – C

 


 

MODUL 2 MENYIAPKAN ASESMEN SMP – SMA/SMK/PAKET B – C

 

1.    A. Asesmen Awal Pembelajaran

Latihan Pemahaman

1.     Waktu yang tepat untuk melaksanakan asesmen diagnostik adalah ...

A.   Di awal tahun ajaran baru

B.   Di awal semester baru

C.   Di awal materi baru 

D.   Semua benar

 

2.    Salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil asesmen awal pembelajaran adalah dengan menyiapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan mengarahkan murid pada kriteria-kriteria yang sudah ditentukan

A.   Benar

B.   Salah

Jawab: A. Benar

 

3.    Untuk menyiapkan asesmen awal pembelajaran, pendidik perlu mengidentifikasi ....

A.    Hasil rapor peserta didik terdahulu

B.    Kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki peserta didik

C.     Alamat rumah peserta didik

D.    Gaya belajar peserta didik (visual, auditori, dan kinestetik)

 

CERITA REFLEKTIF

Ibu dan Bapak Guru, pernahkah "gagal" membuat murid memahami pelajaran tertentu? Bagaimana ceritanya? Kira-kira, apa pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut?

Jawab: Tidak pernah

 

2.    B. Menyiapkan Instrumen Asesmen

Latihan Pemahaman :

1.    Berikut yang bukan bagian esensial dalam tabel rubrik adalah

A.   Skala interval

B.   Deskripsi Tugas

C.   Aspek pengukuran

D.   Rencana tindak lanjut 

 

2. Lembar amatan berfungsi untuk mengamati keterampilan yang juga dapat diukur melalui penugasan atau tes

A. Benar

B. Salah 

 

CERITA REFLEKTIF

 

Ketika sedang belajar bersama murid di kelas, hal apa yang membuat Ibu dan Bapak Guru tersenyum?

 

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Menyiapkan Asesmen SMP – SMA/SMK/PAKET B – C

 

1. Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi kekuatan dan kelemahan murid

A. Benar

B. Salah 

 

2. Ingatlah kembali cerita Pak Doni dengan asesmen diagnostiknya. Misalnya, ada kelompok murid yang tergolong mahir, tindakan apakah yang bisa Pak Doni lakukan untuk murid-murid tersebut?

A. Memberikan modifikasi tugas sesuai kebutuhan 

B. Memberikan modifikasi latihan sesuai kebutuhan

C. Memberikan modifikasi panduan sesuai kebutuhan

D. memberikan tantangan lebih atau kegiatan pengayaan yang sesuai

E. Guru dan murid memiliki kesempatan untuk berkembang bersama dan saling mengeksplorasi 

 

3. Perhatikan beberapa tahapan penyusunan asesmen diagnostik berikut.

1. Melaksanakan asesmen dan mengolah hasilnya.

2. Menganalisis rapor murid tahun sebelumnya.

3. Mengidentifikasi kompetensi yang akan diajarkan.

4. Menggunakan data hasil asesmen untuk merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan tepat sasaran.

5. Menyusun instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik.

6. Menggali informasi tentang murid, seperti latar belakang keluarga, motivasi, minat, serta ketersediaan sarana dan prasarana.

Urutan manakah yang sesuai dalam menyusun sebuah asesmen diagnostik?

A. 2-1-3-5-6-4

B. 2-3-6-1-5-4

C. 2-3-5-6-1-4

D. 3-1-5-2-6-4

E. 3-1-5-6-2-4

 

4. Mengidentifikasi kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah langkah pertama dalam merancang asesmen diagnostik.

A. Benar

B. Salah 

 

5. Perhatikan hasil asesmen diagnostik guru PJOK untuk praktik gaya bebas, ditentukan ada beberapa level yang akan menjadi indikator tercapainya tujuan pembelajaran, yaitu:

Level 1: Pengenalan air dan masuk kolam renang.

Level 2: Kontrol nafas, mengapung, dan posisi badan yang stabil.

Level 3: Dorongan lengan, istirahat lengan, dan gerakan tungkai.

Level 4: Mengkoordinasikan gerakan lengan dan tungkai serta pengambilan nafas.

Level 5: Jarak tempuh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan murid.

Kategori yang sesuai ketika siswa sudah mampu mencapai level 3 dan proses pembelajaran di level 4 adalah

A. Mahir

B. Cakap

C. Layak

D. Berkembang

 

6. Ingatlah kembali hasil asesmen diagnostik guru PJOK terkait praktik renang dengan gaya bebas. Untuk siswa dengan tipe 1 (masih takut air), tujuan pembelajaran yang kurang sesuai adalah ... 

A. Mempraktikkan kontrol nafas

B. Melakukan gerakan tungkai 

C. Mengapung di dalam air

D. Posisi badan yang stabil 

E. Masuk kolam renang tanpa takut 

 

7. Hasil observasi guru terhadap murid yang berisi aneka indikator yang harus dikuasai murid dinamakan

A. Catatan anekdotal

B. Foto berseri 

C. Lembar amatan

D. Hasil karya

E. Ceklis 

 

8. Perhatikan pernyataan berikut.

Membuat catatan yang berisi keterampilan spesifik yang perlu dikembangkan.

Menentukan indikator turunan dari tujuan pembelajaran.

Membuat pemetaan berdasarkan tingkat penguasaan murid.

Tahapan dalam menyusun lembar amatan adalah

A. 1-2-3

B. 1-3-2

C. 2-3-1

D. 2-1-3

E. 3-1-2

 

9. Perhatikan pernyataan berikut.

1. Menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid.

2. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.

3. Dapat membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna.

4. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.

Keuntungan menggunakan lembar amatan adalah

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 1, 2, dan 4

D. 1, 3, dan 4

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar