Minggu, 20 November 2022

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA: MODUL 3 PENGUATAN LITERASI SMP DAN SMA

 

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA

 

MODUL 3 PENGUATAN LITERASI SMP DAN SMA

 

1.    STRATEGI LITERASI

Latihan Pemahaman

1. Tiga area penerapan strategi penguatan literasi pada satuan pendidikan yang dapat dilakukan, kecuali:

A. Lingkungan fisik kaya teks

B. Program ramah literasi

C. Pembelajaran dalam kelas

D. Lingkungan rumah 

 

2. Memasang simbol dan visi misi di lorong dan gerbang sekolah merupakan salah satu strategi lingkungan fisik kaya teks yang dapat menstimulasi kemampuan literasi murid.

A. Benar 

B. Salah 

 

3. Jika satuan pendidikan tidak mempunyai banyak buku, bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong minat dan kegiatan membaca murid?

A. Mencari sumber bacaan lain, seperti brosur, koran, poster yang dapat ditemukan di lingkungan sekolah 

B. Murid dibebaskan saja tidak usah membaca

C. Menunggu saja buku dari pemerintah dikirimkan

D. Mengajak murid untuk berbicara saja

 

CERITA REFLEKTIF

 

Strategi literasi apa yang pernah Anda lakukan di kelas untuk menunjang kompetensi literasi murid di SMP/SMA? Setelah mempelajari materi ini, bagaimana Anda dapat memperbaiki strategi literasi di kelas?

JAWAB: Literasi bukan hanya sekedar membaca. Tapi bagaimana menanamkan literasi dalam kecakapan berpikir ATAU Strategi literasi yang digunakan dengan membuat review buku seperti fish bone ishikawa, dan lain-lain. 

 

2.    Mengembangkan Kecakapan Berpikir

Latihan Pemahaman

1.   Kecakapan berpikir murid tidak hanya berpaku pada kemampuan memahami, tetapi juga pada tahapan mampu mengevaluasi dan merefleksikan.

A.   Benar

B. Salah 

 

CERITA REFLEKTIF

 

Setelah mempelajari materi ini, bagian yang mana yang merubah pandangan Anda terkait kecakapan berpikir murid?  

 

SOAL Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA

 

1. Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama. Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?

A. Guru memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku

B. Guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku 

C. Guru memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan

D. Guru menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan literasi murid selama diskusi buku. 

 

2. Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut?

A. Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar

B. Menjaga kerapian dan kebersihan Sudut Baca Kelas

C. Mengkurasi buku-buku yang akan diletakkan di Sudut Baca Kelas

D. Mengingatkan teman-temannya untuk tenang saat membaca 

 

3. Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.

A. Benar

B. Salah

 

4. Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?

A. Jumlah teks yang disiapkan oleh murid

B. Model dan desain penanda yang dibuat oleh murid

C. Alasan murid menandai bagian yang mereka anggap penting

D. Sumber atau referensi yang digunakan oleh murid

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar