Selasa, 09 Agustus 2011

pidato hari PGRI




Pidato Hari Guru ke 65 tahun 2010
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Wakil Kepala Sekolah SMPN ….. Jakarta, Bapak/ Ibu Staff SMPN …. Jakarta yang  saya hormati, Bapak/Ibu Guru SMPN …….. Jakarta yang  saya hormati, Bapak/Ibu Karyawan SMPN …. Jakarta yang  saya hormati, dan Yang Ibu sayangi seluruh siswa/siswi SMPN Jakarta yang berbahagia
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur hanya pada Allah SWT yang telah memberi kita nikmat sehat sehingga kita dapat berkumpul bersama pada hari guru yang ke-65 yang penuh rahmat ini.
Guru adalah orang yang harus bisa menjadi seorang actor, teman, penemu barang yang hilang, psikologi, pengganti orang tua, penasehat, hakim, pengarah, motivator, dan pembimbing rohani murid-muridnya. Meskipun  tersedia peta, grafik, formula, kata kerja, cerita dan buku dan… guru tidak punya apa-apa untuk diajarkan karena sebenarnya siswa/siswinyalah yang punya diri mereka sendiri untuk belajar (penggalan puisi John Wayne Schlatter). Tetap seorang guru harus kreatif, inovatif, kompetitif dan administratif.
Kami panitia hari guru berusaha memberi peluang semaksimal mungkin untuk meningkatkan guru  masa depan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan administratif.
Dengan memberi motivasi kepada siswa/siswi untuk belajar berterima kasih kepada guru yang telah mencurahkan kasih sayangnya untuk memberikan semua ilmunya kepada anak didik, dengan harapan setelah mereka membuat tanda terima kasih kepada kami para guru di sekolah dapat membuat tanda terima kasih kepada orang tua mereka yang telah menjadi guru sehingga bisa berjalan, berbicara, dan bermimpi atau bercita-cita.
Dengan membimbing siswa/siswi untuk belajar menjadi seorang pemimpin yang terlatih walau lewat pemilihan guru cilik atau lewat latihan di cermin bagi peserta guru cilik agar berani tampil di acara ini, dengan harapan mereka dapat menjadi pemimpin yang bisa menjual idenya yang sederhana ke banyak orang dengan penampilan yang menarik, bahasa yang sopan, tidak berbelit-belit ketika berbicara karena waktu adalah uang, dan penguasaan terhadap idenya.   
Dengan memberi pencerahan kepada guru lewat jemput ilmu dalam dunia maya, dengan harapan guru dapat berkreatif mengekspresikan dirinya agar segala idenya diterima, namun mampu mengikuti segala perubahan yang ada, siap bersaing dan dapat mengadministrasikan segala idenya.
Memang tidak banyak yang dapat kami perbuat tapi keinginan kami untuk meningkatkan guru masa depan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan administratif, maka kami berusaha agar dapat terlaksana dengan baik dan menjadi berkah buat kami yang bekerja, berkah bagi yang ikut berpartisipasi pada kegiatan kami, berkah juga bagi yang melihat kegiatan kami…..  Amin ….
Dalam rangka memperingati hari guru ke-65 inilah harapan kami dapat meningkatkan guru masa depan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan administratif. Amin ….  Tidak berbanyak kalam pada kesempatan ini, jika ada kata atau perbuatan kami panitia hari guru ke-65 yang tidak berkenan, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Dan dengan segala taufik dan hidayah-Nya saya ucapkan Assalammualaikum Wr. Wb.
Teks pidato pada acara hari guru ke-65. Jakarta 25 November 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar