Kamis, 03 November 2022

AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR

 

ASAS TRIKON DALAM MENGEMBANGKAN MERDEKA BELAJAR

 

Teori Trikon yang dicanangkan Ki Hadjar Dewantara (KHD) adalah teori dari singkatan 3 Kon yaitu: 1. Kontinyu, 2. Konvergen dan 3. Konsentris. Tujuan teori Trikon ini adalah untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Adapun maksud dari Trikon adalah:

  1. Kontinyu (Tidak melupakan akar nilai budaya) artinya dalam melestarikan kebudayaan asli Indonesia dimana kita harus terus menerus dan berkesinambungan terus melestarikannya. Teori Kebudayaan itu dilaksanakan dengan memasukan mata pelajaran muatan lokal, melakukan upacara-upacara adat, mementaskan keseruan daerah dan lain-lain.
  2. Konvergen (Pendidikan harus memanusiakan manusia) artinya dalam upaya mengembangkan kebudayaan Indonesia kita harus memadukan dengan kebudayaan asing yang dipandang dapat memajukan bangsa Indonesia. Dalam memadukan itu (konvergensi) dilakukan dengan memilih dan memilah kebudayaan yang sesuai dengan kepribadian Pancasila (selektif) dan pemaduannya harus secara alami dan tidak dipaksakan (adaptatif).
  3. Konsentris (Pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan peserta didik) artinya dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia kita harus berusaha menyatukan kebudayaan nasional kita dengan kebudayaan dunia (global) dengan catatan harus tetap berpegang pada ciri khas kepribadian bangsa Indonesia (berdasarkan Pancasila).

Teori Trikon ini dapat diterapkan dalam segala unsur kebudayaan, baik yang berupa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (IMTAQ), etika susila, estetika dan seni, maupun daiam keterampilan hidup (life skill). Melalui penggunaan teori Trikon ini, diharapkan dapat mengupayakan terwujudnya masyarakat yang tertib, damai dan dapat terwujudnya masyarakat yang hidup dengan bahagia. Teori Trikon ini juga diharapkan dapat meninggikan martabat seluruh rakyat Indonesia agar dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa lain di dunia, serta dapat terus maju mengikuti perkembangan zaman yang bergantung dengan perkembangan sains dan teknologi, walau tetap di atas kepribadian Pancasila.

Teori/asas Trikon ini dalam proses pembelajaran dapat memperbaiki proses pembelajaran secara terus menerus dan berkesinambungan dalam melestarikan kebudayaan asli Indonesia dan ini dapat mengajak peserta didik yang kurang paham tentang materi yang berhubungan dengan budaya Indonesia menjadi lebih paham dan bangga menjadi bangsa Indonesia, dan pembelajaran ini dapat memperbaiki pemahaman peserta didik terhadap keragaman budaya dengan bangsa lain sehingga peserta didik dapat memilih kebudayaan yang sesuai dengan kepribadian Pancasila. Penerapan Asas Trikon sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem pendidikan saat ini.

Salah satu proses pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan merdeka belajar melalui asas Trikon seperti video di bawah ini:

 

Referensi:

Ki Hadjar Dewantara, Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=JrSO8Fab82U

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/728591?topik_name=Merdeka%20Belajar&topik_id=1

 

Bapak/Ibu Guru dan Peserta Didik, mohon masukannya untuk karya saya ini. Umpan balik Bapak/Ibu dan Peserta Didik akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas karya saya. Sebelumnya Saya ucapkan “Terima kasih”.

Pertanyaan dalam Umpan Balik adalah:

1.       Mengapa saya tidak dapat merespon umpan balik yang diberikan rekan guru lain?

2.       Bagaimana cara melihat ringkasan analisa kuesioner umpan balik?

3.       Pendapat saya setelah melihat artikel ini: 1. Awal aksi nyata belum paham tentang? 2. Setelah ada artikel ini sangat bermanfaat untuk guru dan siswa, Sebutkan kebermanfaatan terhadap arikel ini?  3. Harapan saya agar dapat membuat artikel aksi nyata yang berbeda tetapi masih dalam topik yang sama.

 

  https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/aksi-nyata/728591?topik_name=Merdeka%20Belajar&topik_id=1   





14 komentar:

  1. penjelasannya sangat detali jelas juga untuk aksi merdeka keren bgttt semangattt ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Dita atas komentarnya, Asas Trikon memang keren karena memilih kita Guru dan Peserta didik untuk memiliki wawasan agar dapat mempublikasikan kebudayaan kita menjadi kebutuhan bagi seluruh dunia untuk menontonnya atau kebutuhan bangsa lain untuk datang mengunjungi negara kita ... Aamiin ....

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Menurut saya teorinya keren bu, biar kita gak lupa budaya dan tentunya dapet pendidikan yang manusiawi. Cocok banget kalau diterapin guru-guru 63 pas kbm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Restoe atas komentarnya. Betul sekali Mas Restoe, teori Ki Hadjar Dewantara ini menggali kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan akan dilestarikan melalui pembelajaran disekolah terutama SMA 63 Jakarta ... Semoga Mas Restoe salah satu rakyat dari bangsa Indonesia yang selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia baik di negara sendiri maupun dinegara lain ... Aamiin ....

      Hapus
  6. Pendapat saya tentang AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR saya sebenarnya belum paham dengan AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR tetapi setelah adanya artikel ini saya jadi paham tentang dasar asas pembelajaran yang di terapkan untuk menggerakkan aksi merdeka belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Diana atas komentarnya, memang benar asas Trikon atau teori Trikon ini dilakukan sebagai dasar agar pembelajaran berawal dari budaya yang kita miliki untuk dipublikasikan oleh Guru dan Peserta didik sehingga dapat menunjukan kepada dunia bahwa budaya kita layak digemari sehingga dapat menjadi pemasukkan bagi negara kita ... Aamiin .....

      Hapus
  7. Wahh penjelasan nya sangat mudah dipahamii, dengan adanya ini saya jadi lebih mengertii, keren bgtt terimakasihh buu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Adelia atas komentarnya, aksi merdeka belajar adalah perjuangan Ki Hadjar Dewantara untuk bangsa Indonesia agar semua rakyatnya cinta dengan kebudayaan yang dimiliki dan dapat menjaga atau mempublikasikan ke seluruh dunia sehingga dapat menarik para turis datang ke Indonesia ... Aamiin ....

      Hapus
  8. Menurut pendapat saya artikel tersebut mempunyai manfaat yaitu untuk mewujudkan kualitas atau mutu Pendidikan yang berkelanjutan. Di artikel tersebut dijelaskannya Ki Hadjar Dewantara yang memiliki 3 teori yaitu Kontinyu, Konvergen dan Konsentris. Terimakasih ibu telah menulis artikel ini, sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara 👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Nazwa atas komentarnya, aksi merdeka belajar adalah perjuangan Ki Hadjar Dewantara untuk bangsa Indonesia dengan 3 teorinya yaitu:1. Kontinyu, 2. Konvergen dan 3. Konsentris, agar semua rakyatnya cinta dengan kebudayaan yang dimiliki dan dapat menjaga atau mempublikasikan ke seluruh dunia sehingga dapat menarik para turis datang ke Indonesia ... Aamiin ....

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus