Senin, 14 November 2022

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA/PAKET C: MODUL 1 PROJEK DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA/PAKET C

 

MODUL 1 PROJEK DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

1.    A. TENTANG PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Latihan Pemahaman

1.    Projek merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap lingkungan di sekitarnya. Pernyatan di atas adalah...

A.   Benar

B. Salah 

 

CERITA REFLEKTIF 

Kegiatan pembelajaran apa yang paling ibu dan bapak ingat waktu menjadi murid dulu?

Jawab : Bekerja sama dalam proyek membuat taman

 

2.    B. PERAN DAN PRINSIP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Latihan Pemahaman

1. Lewat kegiatan projek, murid akan diajak untuk mengalami pengetahuan sehingga dapat memperkuat dimensi profil pelajar pancasila. Manakah yang bukan merupakan contoh bahwa murid mengalami pengetahuan?

A. Murid terjun langsung untuk mewawancarai narasumber untuk mendapatkan data akurat

B. Dalam kelompok, murid rutin memantau perkembangan tanamannya secara giliran

C. Murid mendengarkan penjelasan guru di kelas saja kemudian mengerjakan soal pilihan ganda

D. Murid diajak untuk melihat contoh kasus dari berbagai sumber seperti video, kunjungan lapangan, media cetak, dll 

2. Berikut ini adalah 4 prinsip projek penguatan pelajar pancasila, kecuali

A. Holistik

B. Berpusat pada guru

C. Berpusat pada murid

D. Eksploratif

 

CERITA REFLEKTIF

Apa Pengalaman pembelajaran yang membuat Murid Anda memaknai materinya? kira-kira prinsip apa yang Anda terapkan waktu itu?

Membuat media informasi secara mandiri, misalnya blog.

 

SOAL DAN KUNCI JAWABAN POST TEST MODUL 1 PROJEK DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

1. Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual kepada murid. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah 

 

2. Terdapat 4 prinsip dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Prinsip manakah yang berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan pembelajarannya?

A. Holistik

B. Kontekstual 0

C. Berpusat pada murid

D. Eksploratif

 

3. Setelah mendapatkan tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini, kemudian tim fasilitator projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan dilihat dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan?.

A. Merumuskan pertanyaan pemantik dalam setiap kegiatan projek

B. Menetapkan tanggal perayaan hasil belajar projek 

C. Menghubungi mitra-mitra terkait

D. Menetapkan dimensi, elemen dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar