PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SMA
Negeri ........... Jakarta
KOMPETENSI INTI
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
ASPEKRANAH
|
||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotori)
|
|||
1.
|
3.1
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
|
3.1.1.
Mendefinisikan tentang persamaan dengan harga mutlak
3.1.2.
Mengidentifikasikan tentang hubungan antara jarak dengan harga
mutlak
3.1.3.
Mendeskripsikan tentang pengertian konsep harga mutlak,
3.1.4.
Mengklasifikasikan tentang persamaan dengan harga mutlak
3.1.5.
Menemukan data dan informasi tentang persamaan dan kesamaan
3.1.6.
Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang sifat-sifat atau
teorema-teorema harga mutlak
3.1.7.
Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang
persamaan dengan harga mutlak
3.1.8.
Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang persamaan dengan
harga mutlak
3.1.9.
Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang persamaan
dengan harga mutlak
3.1.10.
Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang persamaan
dengan harga mutlak
3.1.11.
Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang persamaan
dengan harga mutlak
3.1.12.
Mendefinisikan tentang pengertian konsep dasar pertidaksamaan,
3.1.13.
Mengidentifikasikan tentang sifat-sifat pertidaksamaan
3.1.14.
Mendeskripsikan tentang pertidaksamaan dengan harga mutlak.
3.1.15.
Mengklasifikasikan tentang pertidaksamaan dengan harga mutlak.
3.1.16.
Menemukan data dan informasi tentang pertidaksamaan dengan harga
mutlak.
3.1.17.
Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang sifat-sifat
pertidaksamaan harga mutlak
3.1.18.
Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang
pertidaksamaan dengan harga mutlak.
3.1.19.
Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang pertidaksamaan
dengan harga mutlak.
3.1.20.
Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang
pertidaksamaan dengan harga mutlak.
3.1.21.
Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang pertidaksamaan
dengan harga mutlak.
3.1.22.
Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang
pertidaksamaan dengan harga mutlak.
|
|
|
|
2.
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable
|
4.1.1.
Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang penerapannya
dalam menyelesaikan persamaan dengan satu dan dua harga mutlak
4.1.2.
Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang persamaan dengan
harga mutlak
4.1.3.
Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang penyelesaian
pertidaksamaan harga mutlak
4.1.4.
Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang pertidaksamaan
dengan harga mutlak.
|
|
|
|
3.
|
3.2
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional
dan irasional satu variable
|
3.2.1
Mendefinisikan tentang konsep pecahan
3.2.2
Mengidentifikasikan tentang bentuk pertidaksamaanpecahan
3.2.3
Mengklasifikasikan tentang sifat-sifat pertidaksamaan pecahan
3.2.4
Mendeskripsikan tentang konsep himpunan penyelesaian
pertidaksamaan pecahan
3.2.5
Mengeksprolasi konsep penyelesaian pertidaksamaan pecahan
3.2.6
Mengidentifikasikan tentang konsep bilangan irrasional
3.2.7
Mendeskripsikan tentang bentuk pertidaksamaan irrasional
3.2.8
Mengidentifikasikan tentang himpunan penyelesaian pertidaksamaan
irrasional
3.2.9
Menemukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan irrasional
3.2.10
Mengidentifikasikan tentang konsep nilai mutlak
3.2.11
Mendeskripsikan tentang bentuk pertidaksamaan nilai mutlak
3.2.12
Mengidentifikasikan tentang himpunan penyelesaian pertidaksamaan
nilai mutlak
3.2.13
Menemukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
3.2.14
Mendeskripsikan tentang bentuk pertidaksamaan nilai mutlak
|
|
|
|
4.
|
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
rasional dan irasional satu variabel
|
4.2.1
Menggunakan konsep pecahan dalam memecahkan masalah nyata
4.2.2
Menggunakan bentuk dan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan dalam
memecahkan masalah nyata
4.2.3
Memecahkan masalah matematis menggunakan kertas undian dengan
memahami konsep penyelesaian pertidaksamaan pecahan
4.2.4
Menerapkan konsep himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan
dalam kehidupan sehari-hari
4.2.5
Menyelesaikan masalah matematis menggunakan konsep bilangan
irrasional
4.2.6
Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan bentuk-bentuk
pertidaksamaan irrasional
4.2.7
Menyelesaikan masalah matematis dengan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan irrasional
4.2.8
Menggunakan media kartu bridge dalam menyelesaikan masalah
matematis dengan himpunan penyelesaian pertidaksamaan irrasional
4.2.9
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan
menggunakan dengan himpunan penyelesaian pertidaksamaan irrasional
4.2.10
Memecahkan masalah matematis dengan menggunakan konsep nilai
mutlak
4.2.11
Memecahkan masalah matematis dengan menggunakan bentuk-bentuk pertidaksamaan
nilai mutlak
4.2.12
Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
4.2.13
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari dengan menggunakan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
|
|
|
|
5.
|
5.18Menyusun sistem persamaan
linear tiga variabel dari masalah kontekstual
|
3.2.1 Menyebut mengenai ekspresi sistem persamaan tiga variable metode
substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi
3.2.2 Menjelaskan karakteristik masalah otentik yang penyelesaiannya terkait
dengan model matematika sebagai SPLTV metode substitusi, metode gabungan, dan
metode determinasi, metode gabungan, dan metode determinasi
3.2.3 Menerapkan SPLTV metode substitusi, metode gabungan, dan metode
determinasi untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap
besaran secara lisan maupun tulisan
3.2.4 Membedakan konsep sistem persamaan tiga variabel metode substitusi,
metode gabungan, dan metode determinasi dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran jawabannya dalam penyelesaian masalah matematika
3.2.5 Merancang, model matematika dari sebuah permasalahan otentik yang
merupakan SPLTV metode substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi
3.2.6 Menafsirkan ciri-ciri SPLTV metode substitusi, metode gabungan, dan
metode determinasi dari model matematika
|
|
|
|
6.
|
4.3Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variable
|
3.2.1 Menyesuaikan SPLTV metode
substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi untuk menyajikan masalah
kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
3.2.2 Memilah dari unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan
tiga variable metode substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi dan
cara menentukan himpunan penyelesaiannya
3.2.3 Menggantikan konsep SPLTV metode substitusi, metode gabungan, dan
metode determinasi berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya
sendiri
3.2.4 Membentuk sebuah permasalahan otentik yang merupakan SPLTVetode msubstitusi, metode gabungan, dan metode
determinasi
3.2.5 Menyesuaikan model matematika berupa SPLTV metode substitusi, metode
gabungan, dan metode determinasi dari situasi nyata dan matematika, serta
menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
3.2.6 Mengoreksi hasil penyelesaian masalah yang diberikan dari SPLTV metode
substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi
3.2.7 Menggantikan karakteristik masalah otentik yang penyelesaiannya
terkait dengan model matematika sebagai SPLTV metode substitusi, metode
gabungan, dan metode determinasi
3.2.8 Membentuk model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang
diberikan dengan metode substitusi, metode gabungan, dan metode determinasi
|
|
|
|
7.
|
3.4
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua
variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
3.3.1.
Menyebut mengenai ekspresi sistem pertidaksamaan linier dua
variable
3.3.2.
Menjelaskan karakteristik masalah otentik yang penyelesaiannya
terkait dengan model matematika sebagai SPtLDV
3.3.3.
Menerapkan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV)
untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran
secara lisan maupun tulisan
3.3.4.
Membedakan konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan
mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan
penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam penyelesaian
masalah matematika
3.3.5.
Merancang, model matematika dari sebuah permasalahan otentik yang
merupakan SPtLDV
3.3.6.
Menafsirkan ciri-ciri SPtLDV dari model matematika
3.3.7.
Memahami Konsep Pertidaksamaan Kuadrat
3.3.8.
Membedakan bentuk pertidaksamaan kuadat dengan bentuk
pertidaksamaan lain
3.3.9.
Mentukan Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Kuadrat
3.3.10.
Menganalisis pertidaksamaan kuadrat dan mengevaluasi himpunan
penyelesaian yang didapatkan
3.3.11.
Menerapkan konsep pertidaksamaan untuk menentukan himpunan
penyelesaiannya
3.3.12.
Mendeskripsikan sistem pertidaksamaan kuadrat;
3.3.13.
Mengeksplorasi penyelesaian sistem pertidaksamaan kuadrat dalam
permasalahan matematis
3.3.14.
Menganalisis penyelesaian sistem pertidaksamaan kuadrat dalam
permasalahan matematis
3.3.15.
Menerapkan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat
3.3.16.
Menentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan kuadrat
3.3.17.
Mengasosiasikan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat
3.3.18.
Menemukan himpunan penyelesaian dari sistem yang diberikan
3.3.19.
Menerapkan sistem pertidaksamaan kuadrat dalam kehidupan
sehari-hari
3.3.20.
Menemukan penerapan sistem pertidaksamaan kuadrat dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
8.
|
6.20Menyajikan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua
variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat
|
3.2.1
Menyesuaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV)
untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran
secara lisan maupun tulisan
3.2.2
Memilah dari unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya
3.2.3
Menggantikan konsep SPtLDV berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan
dengan bahasanya sendiri
3.2.4
Membentuk sebuah permasalahan otentik yang merupakan SPtLDV
3.2.5
Menyesuaikan model matematika berupa SPtLDV dari situasi nyata
dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus
jawabnya
3.2.6
Mengoreksi hasil penyelesaian masalah yang diberikan
3.2.7
Menggantikan karakteristik masalah otentik yang penyelesaiannya
terkait dengan model matematika sebagai SPtLDV
3.2.8
Membentuk model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan
yang diberikan
3.2.9
Menerapakan konsep pertidaksamaan kuadrat dalam menyelesaiakan
masalah matematis
3.2.10 Memecahkan permasalahan
nyata yang berhubungan dengan pertidaksamaan kuadrat
3.2.11 Menyelesaikan sistem
pertidaksamaan kuadrat dalam permasalahan matematis
3.2.12 Menyelesaikan system
pertidaksamaan kuadrat dengan menentukan himpunan penyelesaiannya
3.2.13 Menyeledsaikan system
pertidaksamaan kuadrat dengan menemukan himpunan penyelesaiannya
3.2.14 Menyelesaikan permasalahan
sistem pertidaksamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
9.
|
3.5
Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah
asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
|
3.5.1
Mendefinisikan pengertian produk cartesius
3.5.2
Mendeskripsikan relasi
3.5.3
Mendeskripsikan domain
3.5.4
Mendeskripsikan kodomain
3.5.5
Mendeskripsikan rnge
3.5.6
Mendeskripsikan fungsi atau pemetaan
3.5.7
Mengeksplore tentang komposisi fungsi
3.5.8
Mengasosiasikan sifat komposisi fungsi
|
|
|
|
10.
|
6.21Menganalisa karakteristik
masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan
perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb
|
3.2.1
Menyajikan relasi dengan diagram panah
3.2.2
Menyajikan relasi dengan himpunan pasangan berurutan
3.2.3
Menyajikan relasi dengan diagram pada bidang cartesius
3.2.4
Menyajikan fungsi dalam grafik fungsi
3.2.5
Menyajikan fungsi dalam daerah hasil fungsi
|
|
|
|
11.
|
3.6
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada
fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
3.5.1. Menentukan syarat-syarat
sebuah fungsi
3.5.2. Menentukan daerah asal,
daerah lawan, dan daerah hasil suatu fungsi
3.5.3. Menyebutkan fungsi-fungsi
ditinjau dari daerah kawan fungsi
3.5.4. Menyebutkan sifat-sifat
fungsi ditinjau dari simetrisitas fungsi
3.5.5. Menafsirkan nilai variabel
yang digunakan untuk memecahkan masalah dari data yang tersedia
3.5.6. Menerapkan aturan operasi
dua fungsi atau lebih dalam mengolah data masalah nyata
3.5.7. Menentukan aturan dalam
operasi aljabar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian fungsi
3.5.8. Menentukan syarat dan
aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
3.5.9. Menentukan fungsi komposisi
dari beberapa fungsi
3.5.10.Menyebutkan sifat-sifat
komposisi fungsi
3.5.11.Menentukan komponen
pembentuk fungsi dan komponen lainnya diketahui
3.5.12.Menjelaskan syarat agar
suatu fungsi mempunyai invers
3.5.13.Menggambarkan grafik fungsi
invers dari grafik fungsi asalnya
3.5.14.Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi invers
3.5.15.Merancang masalah dunia
nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi
3.5.16.Mengajukan masalah dunia
nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi
|
|
|
|
12
|
6.22Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi
|
3.2.1
Menyajikan fungsi dalam
berbagai bentuk
3.2.2
Menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata
terkait fungsi invers dan invers fungsi dengan memilih strategi yang efektif
3.2.3
Menyajikan penerapan berbagai aturan dalam menyelesaikan masalah
dunia nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi
|
|
|
|
13
|
3.7
Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
3.7.1
Menyebutkan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
melalui penyelidikan
3.7.2
Menjelaskan hasil penyelidikan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
3.7.3
Mengaitkan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku dengan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa
segitiga siku- siku sebangun.
3.7.4
Mengidentifikasikan
sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku- siku.
3.7.5
Membedakan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.6
Menyesuaikan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.7
Mengkorelasikan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.8
Menghubungkan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.9
Membandingkan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.7.10
Mendeskripsikan ukuran sudut pada segitiga siku-siku
3.7.11
Mengekplorasi konversi sudut pada segitiga siku-siku
3.7.12
Melakukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
3.7.13
Mengubah ukuran sudut sesuai ketentuan (derajat ke radian dan
sebaliknya)
3.7.14
Menemukan perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus, secan dan
cotangen
3.7.15
Menggunakan konsep kesebangunan
|
|
|
|
14
|
6.23Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
3.2.1
Menyatakan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.2
Menjelaskan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.3
Menentukan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.4
Memilih perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.5
Menyusun perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.6
Menggunakan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah
3.2.7
Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk menemukan
perbandingan sinus, cosinus, tangen, cosinus, secan dan cotangen
3.2.8
Menyajikan penggunaan konsep kesebangunan untuk mengubah ukuran
sudut sesuai ketentuan (derajat ke radian dan sebaliknya)
|
|
|
|
15
|
3.7
Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
3.7.1
Menyebutkan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri
dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian
masalah nyata dan matematika
3.7.2
Menjelaskan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri
dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian
masalah nyata dan matematika
3.7.3
Mengklasifikasikan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.7.4
Mengaitkan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari
sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah
nyata dan matematika
3.7.5
Menganimasikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri
dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah
nyata dan matematika
3.7.6
Memproyeksikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri
dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian
masalah nyata dan matematika
3.7.7
Menemukan perbandingan dan nilai perbandingan trigonometri dalam
sudut istimewa
3.7.8
Menemukan hubungan nilai fungsi trigonometri dikuadran II,III dan
IV dengan perbandingan trigonometri dikuadran I
|
|
|
|
16
|
6.24Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
3.2.1
Menyajikan penggunaan hubungan nilai fungsi trigonometri
dikuadran II,III dan IV dengan perbandingan trigonometri dikuadran I untuk
menentukan nilai suatu sudut
|
|
|
|
17
|
3.9
Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
|
3.8.1.
Mendeskripsikan konsep
himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.8.2.
Menemukan himpunan
penyelesaian persamaan sinus
3.8.3.
Mendeskripsikan konsep
persamnaan kosinus
3.8.4.
Menemukan himpunan penyelesaian persamaan kosinus
3.8.5.
Mendeskripsikan konsep persamaan tangen
3.8.6.
Menemukan himpunan penyelesaian persamaan tangen
3.8.7.
Merumuskan model matematika dari permasalahan dalam kehidupan
sehari-hari menjadi bentuk persamaan trigonometri a cos x + b sin x = c
3.8.8.
Menganalisis identitas trigonometri
3.8.9.
Menemukan himpunan penyelesaian persamaan berbentuk a cos x + b
sin x = c dalam masalah matematis
3.8.10.
Menyusun identitas trigonometri baru yang valid nilai
kebenarannya
3.8.11.
Menemukan identitas
trigonometri yang lain dari hasil pencarian di perpustakaan daerah, serta
dapat membuktikan kebenarannya
|
|
|
|
18
|
6.25Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
|
3.2.1
Menyelesaikan masalah
matematis dengan menggunakan konsep himpunan penyelesaian persamaan sinus
3.2.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan
penyelesaian persamaan sinus
3.2.3
Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan konsep
persamnaan kosinus
3.2.4
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan
penyelesaian persamaan kosinus
3.2.5
Menyelesaikan masalah matematis dengan menggunakan konsep
persamnaan tangen
3.2.6
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan himpunan
penyelesaian persamaan tangen
3.2.7
Membuktikan kebenaran suatu identitas trigonometri dengan
menganalisis identitas trigonometri tersebut
3.2.8
Menyajikan identitas trigonometri
|
|
|
|
19
|
3.10Menjelaskan fungsi trigonometri
dengan menggunakan lingkaran satuan
|
3.10.1
Menyebutkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik
fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik
fungsi y = tan x
3.10.2
Menjelaskan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik
fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan
grafik fungsi y = tan x
3.10.3
Mengklasifikasikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis
grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x
dan grafik fungsi y = tan x
3.10.4
Mengaitkan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik
fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan
grafik fungsi y = tan x
3.10.5
Menganimasikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik
fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa dan grafik fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan
grafik fungsi y = tan x
3.10.6
Memproyeksikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik
fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-
sudut istimewa.perbandingan trigonometri sudut-dan sudut istimewa dan grafik
fungsi y = sin x, grafik fungsi y = cos x dan grafik fungsi y = tan x
|
|
|
|
20
|
6.26Menganalisa perubahan
grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a
sin b(x + c) + d.
|
3.2.1
Menyatakan grafik fungsi trigonometri
3.2.2
Menggambarkan grafik fungsi trigonometri
3.2.3
Menganimasikan grafik fungsi trigonometri
3.2.4
Merancang grafik fungsi trigonometri
3.2.5
Menyusun grafik fungsi trigonometri
3.2.6
Memproyeksikan grafik fungsi trigonometri
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar