SILABUS
SEKOLAH : SMAN .......... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis
berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk
menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan
3. 2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode
penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan
menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang
meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta
transpose
4.3Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
matriks dan operasinya
3.4Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks
berordo 2×2 dan 3×3
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan
dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan
komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
4.5Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
3.6Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan
Aritmetika dan Geometri
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk
menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan,
peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan
fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan
eksistensinya
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit
fungsi aljabar
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan
fungsi
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan
fungsi aljabar
3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi
dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva
4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan
titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan
garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva
berkaitan dengan masalah kontekstual
3.10 Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan)
fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan
fungsi
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral
tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ......... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetensi
Inti :
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1
Menjelaskan metode pembuktian
Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan
induksi matematika
|
Induksi
Matematika
· Metode pembuktian langsung
dan tidak langsung
· Kontradiksi
·
Induksi Matematis
|
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian langsung, tidak langsung,
kontradiksi, dan induksi matematika
· Mengumpulkan dan mengolah
informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menguji
kesahihan pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung, tidak
langsung, kontradiksi, dan induksi matematis
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan induksi matematika
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi
matematika
|
4.1
Menggunakan metode pembuktian induksi
matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagian
|
||
3.
2 Menjelaskan program linear dua
variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
|
Program
Linear Dua Variabel
· Pengertian Program Linear
Dua Variabel
· Sistem Pertidaksamaan
Linier Dua Variabel
· Nilai Optimum Fungsi
Objektif
·
Penerapan Program Liniear Dua Variabel
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta padaprogram linear dua variabel
dan metode penyelesaian masalah kontekstual
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untukmenyelesaikan
masalah kontekstual yang
berkaitan dengan program linear dua variabel
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan program linear dua variabel
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan program linear
dua variabel
|
4.2
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
||
3.3
Menjelaskan matriks dan kesamaan
matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada
matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan
perkalian, serta transpose
|
Matriks
· Pengertian Matriks
· Operasi Matriks
· Determinan dan invers
matriks berordo 2×2 dan 3×3
· Pemakaian Matriks pada
Transformasi Geometri
|
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada matriks, dan kesamaan matriks dengan masalah
kontekstual
· Mengumpulkan dan mengolah
informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk melakukan
operasi pada matriks.
· Mengumpulkan dan mengolah
informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan
operasinya
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
· Mengumpulkan dan mengolah
informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks
determinan dan invers matriks berordo
2×2 dan 3×3
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat transformasi geometri dengan
menggunakan matriks
· Mengumpulkan dan mengolah
informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penggunaan matriks pada
transformasi geometri
· Menyajikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan matriks dan operasinya
|
||
3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan
invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
||
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
||
3.5
Menganalisis dan membandingkan
transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
|
||
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan
rotasi)
|
||
3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah
pada barisan Aritmetika dan Geometri
|
Barisan dan
Deret
· Pola Bilangan
· Barisan dan Deret
Aritmatika
·
Barisan dan Deret Geometri
|
· Mengamati dan mengidentifikasi
fakta pada barisan berdasarkan pola iteratif dan rekursif
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan
anuitas) dengan pola barisan aritmetika atau geometri
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika dan geometri
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret artimetika dan
geometri
|
4.6
Menggunakan pola barisan aritmetika
atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
(termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
|
||
3.7
Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya,
serta menentukan eksistensinya
|
Limit
Fungsi Aljabar
· Konsep limit fungsi aljabar
· Sifat-sifat limit fungsi
aljabar
· Menentukan nilai limit
fungsi aljabar
|
· Menenyakan tentang
bagaimana mengaitkan ukuran mobil dengan jarak dan kemudian menyuruh siswa
untuk mengamati permasalahan
· Memberi scaffolding dengan
mengingatkan kembali
· Mempresentasikan hasil
diskusi tentang pengertian limit di depan kelas. Sementara kelompok lainnya
menanggapi dan menyempurnakannnya.
· Peserta didorong untuk
bertanya mengenai sifat-sifat limit fungsi aljabar.
· Masing-masing kelompok
diminta mendiskusikan contoh, kemudian salah satu anggota kelompok diminta
untuk menjelaskan sifat-1, dan
kelompok lain diberi
kesempatan untuk menanggapi
· Peserta didik didorong
untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, dan
masing-masing siswa diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan limit fungsi aljabar
|
||
3.8
Menjelaskan sifat-sifat turunan
fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi
atau sifat-sifat turunan fungsi
|
Turunan
Fungsi Aljabar
· Pengertian Turunan
· Sifat-Sifat Turunan Fungsi
Aljabar
· Penerapan Turunan Fungsi
Aljabar
· Nilai-Nilai Stasioner
· Fungsi Naik dan Fungsi
Turun
· Persamaan Garis Singgung
dan Garis Normal
|
· Mengamati dan mengidentifikasi
fakta pada
sifat-sifat turunan fungsi aljabar.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi
· Mengamati dan mengidentifikasi
fakta pada turunan
pertama fungsi yang terkait dengan nilai maksimum, nilai
minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan titik
maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan
garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan memakai turunan pertama
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar
|
||
3.9
Menganalisis keberkaitanan turunan
pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
||
4.9
Menggunakan turunan pertama fungsi
untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan
garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
|
||
3.10
Mendeskripsikan integral tak
tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya
berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi
|
Integral
Tak Tentu Fungsi Aljabar
· Pengertian Integral Tak
Tentu Fungsi Aljabar
· Sifat-Sifat Integral Tak
Tentu Fungsi Aljabar
· Penerapan Integral Tak
Tentu Fungsi Aljabar
|
· Mengamati dan mengidentifikasi
fakta pada integral
tak tentufungsi aljabar dan sifat-sifatnya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah dengan integral tak
tentu fungsi aljabar
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu fungsi aljabar
|
4.10
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar