SILABUS
SEKOLAH : SMAN ....... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
persamaan trigonometri
4.1 Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan trigonometri
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus
dan cosinus
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
3.3 Menganalisis lingkaran secara analitik
4.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran
3.4 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi
polinom
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
faktorisasi polinomial
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ........ JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetensi
Inti :
KI-1 dan
KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
KI-3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
persamaan trigonometri
|
· Memahami pengertian,
jenis-jenis dan bentuk kurva fungsi trigonometri
· Menentukan
nilai limit menuju nol, dengan menggunakan rumus dasar limit Trigonometri.
· Menentukan
Himpunan Penyelesaian persamaan trigonometri sederhana pada interval
tertentu.
· Menentukan
penyelesaian limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan
rumus-rumus trigonomteri.
· Menentukan
penyelesaian persamaan trigonometri yang
dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
· Menentukan
penyelesaian persamaan trigonometri menggunakan bentuk k cos (x – s)
dengan interval tertentu.
|
Fungsi Trigonometri
Persamaan Trigonometri
|
· Mencermati pengertian, jenis-jenis
dan bentuk kurva fungsi trigonometri.
· Merumuskan sifat-sifat persamaan
trigonometri
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan trigonometri
· Menyajikan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan persamaan trigonometri
|
4.1
Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
trigonometri
|
· Menyelesaikan
limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan rumus-rumus
trigonomteri.
· Menyelesaikan
persamaan trigonometri yang dapat
dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
· Menyelesaikan
persamaan trigonometri menggunakan bentuk
k cos (x – s) dengan
interval tertentu.
|
||
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih
sinus dan cosinus
|
· Memahami konsep sinus dan cosines
·
Memahami hubungan antara fungsi sinus dan
cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan
selisih sinus dan cosinus.
· Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat
membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan
penerapannya pada masalah nyata
· Menentukan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah
dan selisih sinus atau cosinus.
|
Rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
· Mencermati hubungan antara fungsi
sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan
selisih sinus dan cosinus.
· Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat
membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan
selisih sinus dan cosinus
· Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan rumus
jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
· Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan
selisih sinus atau cosinus.
· Menentukan persamaan trigonometri yang identik dengan persamaan yang
diketahui mengunakan rumus jumlah dan selisih sinus cosinus.
· Menentukan nilai perkalian fungsi trigonometri yang berkaitan dengan jumlah dan selisih sinus atau cosinus.
· Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan rumus
jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
||
3.3
Menganalisis lingkaran
secara analitik
|
· Memahami
konsep lingkaran
· Menganalisis
kaitan antara lingkaran dan garis singgung persekutuan
· Menggambarkan
lingkaran dan irisan dua lingkaran
· Menganalisis
luas daerah irisan dua lingkaran
· Menganalisis
hubungan antar lingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan
dua lingkaran
|
Persamaan lingkaran (Irisan kerucut)
|
·
Mencermati konsep lingkaran
·
Menganalisis kaitan antara lingkaran dan garis singgung persekutuan
·
Menggambarkan lingkaran dan irisan dua lingkaran
·
Mencari luas daerah irisan dua lingkaran
·
Menganalisis hubungan antar
lingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan dua lingkaran
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan lingkaran
|
4.3
Menyelesaikan masalah yang
terkait dengan lingkaran
|
· Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi syarat
yang diberikan.
· Menentukan koefisien yang belum diketahui jika
kedudukan garis dan lingkaran telah diketahui.
· Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang
diketahui gradiennya.
· Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang
diketahui absis atau ordinat titik singgungnya.
|
||
3.4
Menganalisis keterbagian dan
faktorisasi polinom
|
· Memahami
pengertian, penyelesaian dan penerapan polinomial dalam masalah nyata.
· Menganalisis
hasil operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua polinomial serta
menerapkannya untuk menyelesaikan masalah nyata.
· Menganalisis
sifat keterbagian dan faktorisasi polinomial.
· Menganalisis
Teorema Sisa serta faktorisasi polinomial untuk mempermudah penyelesaian
masalah
· Memahami
kesamaan dua pilonom.
· Menentukan
nilai suatu polinom.
· Menentukan
hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner.
· Menentukan
sisa suatu polinom oleh (ax+b).
· Menentukan
sisa pembagian oleh (x-a)(x-b).
· Memahami
teorema faktor.
|
Polinomial
|
·
Mencermati pengertian, penyelesaian dan penerapan polinomial dalam masalah nyata.
·
Mencermati hasil operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua
polinomial serta menerapkannya untuk menyelesaikan masalah nyata.
·
Mencermati sifat keterbagian dan faktorisasi polinomial.
·
Menganalisis Teorema Sisa serta faktorisasi polinomial untuk mempermudah
penyelesaian masalah
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada polinomial dan faktorisasi polinomial
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada
polinomial dan faktorisasi polinomial
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polinomial
|
· Menentukan hasil pembagian, jika diketahui sisa pembagian dari suatu pembagian berderajat dua yang dapat
difaktorkan.
· Menentukan hasil bagi dan sisanya jika dibagi dengan sukubanyak
berderajat dua.
· Menentukan operasi aljabar dari kombinasi koefisien jika sebuah
polinom yang berderajat tiga yang memuat dua koefisien yang belum diketahui, dan diketahui fungsi
pembagi dan sisa pembagiannya.
· Menentukan operasi aljabar akar-akar polinom jika diketahui sebuah
polinom yang berderajat tiga yang memuat koefisien yang belum diketahui, dan diketahui salah
satu faktor linearnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar