SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ....... JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU            : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR 
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
persamaan trigonometri
4.1 Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan trigonometri
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus
dan cosinus
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
3.3 Menganalisis lingkaran secara analitik
4.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran
3.4 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi
polinom
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
faktorisasi polinomial
SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ........ JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : XI / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU            : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetensi
Inti                   :
KI-1 dan
KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
KI-3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Materi Pokok | 
Kegiatan Pembelajaran | 
| 
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
  persamaan trigonometri | 
·  Memahami pengertian,
  jenis-jenis dan bentuk kurva fungsi trigonometri  
·  Menentukan
  nilai limit menuju nol, dengan menggunakan rumus dasar limit Trigonometri. 
·  Menentukan
  Himpunan Penyelesaian persamaan trigonometri sederhana pada interval
  tertentu. 
·  Menentukan
  penyelesaian limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan
  rumus-rumus trigonomteri. 
·  Menentukan
  penyelesaian persamaan trigonometri yang 
  dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat. 
·  Menentukan
  penyelesaian persamaan trigonometri menggunakan bentuk  k cos (x – s)
  dengan interval tertentu. | 
Fungsi Trigonometri 
Persamaan Trigonometri | 
·  Mencermati pengertian, jenis-jenis
  dan bentuk kurva fungsi trigonometri. 
·  Merumuskan sifat-sifat persamaan
  trigonometri  
·  Menyelesaikan masalah yang
  berkaitan dengan persamaan trigonometri 
·  Menyajikan penyelesaian masalah yang
  berkaitan dengan persamaan trigonometri | 
| 
4.1
  Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
  trigonometri | 
·  Menyelesaikan
  limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan rumus-rumus
  trigonomteri. 
·  Menyelesaikan
  persamaan trigonometri yang  dapat
  dinyatakan dalam persamaan kuadrat. 
·  Menyelesaikan
  persamaan trigonometri menggunakan bentuk 
  k cos (x – s) dengan
  interval tertentu. | ||
| 
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih
  sinus dan cosinus | 
·  Memahami konsep sinus dan cosines 
· 
  Memahami hubungan antara fungsi sinus dan
  cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan
  selisih sinus dan cosinus. 
·  Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat
  membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan
  penerapannya pada masalah nyata 
·  Menentukan solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah
  dan selisih sinus atau cosinus. | 
Rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 
·  Mencermati hubungan antara fungsi
  sinus dan cosinus yang dinyatakan dalam rumus jumlah dan
  selisih sinus dan cosinus. 
·  Menganalisis rumus jumlah dan selisih trigonometri sehingga dapat
  membuat kesimpulan mengenai rumus jumlah dan selisih trigonometri dan
  penerapannya pada masalah nyata.  
·  Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan rumus jumlah dan
  selisih sinus dan cosinus 
·  Menyajikan penyelesaian
  masalah  yang berkaitan dengan rumus
  jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 
| 
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | 
·  Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rumus jumlah dan
  selisih sinus atau cosinus. 
·  Menentukan persamaan trigonometri yang identik dengan persamaan yang
  diketahui mengunakan rumus jumlah dan selisih sinus cosinus. 
·  Menentukan nilai perkalian fungsi trigonometri yang berkaitan dengan jumlah dan selisih sinus atau cosinus. 
·  Menyajikan penyelesaian
  masalah  yang berkaitan dengan rumus
  jumlah dan selisih sinus dan cosinus | ||
| 
3.3
              Menganalisis lingkaran
  secara analitik | 
·  Memahami
  konsep lingkaran 
·  Menganalisis
  kaitan antara lingkaran dan garis singgung persekutuan 
·  Menggambarkan
  lingkaran dan irisan dua lingkaran 
·  Menganalisis
  luas daerah irisan dua lingkaran 
·  Menganalisis
  hubungan antar lingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan
  dua lingkaran | 
Persamaan lingkaran (Irisan kerucut) | 
· 
  Mencermati konsep lingkaran 
· 
  Menganalisis kaitan antara lingkaran dan garis singgung persekutuan 
· 
  Menggambarkan lingkaran dan irisan dua lingkaran 
· 
  Mencari luas daerah irisan dua lingkaran 
· 
  Menganalisis hubungan antar
  lingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan dua lingkaran 
· 
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran 
· 
  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan lingkaran | 
| 
4.3
              Menyelesaikan masalah yang
  terkait dengan lingkaran | 
·  Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi syarat
  yang diberikan. 
·  Menentukan koefisien yang belum diketahui jika
  kedudukan garis dan lingkaran telah diketahui. 
·  Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang
  diketahui gradiennya. 
·  Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang
  diketahui absis atau ordinat titik singgungnya. | ||
| 
3.4
              Menganalisis keterbagian dan
  faktorisasi polinom | 
·  Memahami
  pengertian, penyelesaian dan penerapan polinomial dalam masalah nyata. 
·  Menganalisis
  hasil operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua polinomial serta
  menerapkannya untuk menyelesaikan masalah nyata. 
·  Menganalisis
  sifat keterbagian dan faktorisasi polinomial. 
·  Menganalisis
  Teorema Sisa serta faktorisasi polinomial untuk mempermudah penyelesaian
  masalah 
·  Memahami
  kesamaan dua pilonom. 
·  Menentukan
  nilai suatu polinom. 
·  Menentukan
  hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner. 
·  Menentukan
  sisa suatu polinom oleh (ax+b). 
·  Menentukan
  sisa pembagian oleh (x-a)(x-b). 
·  Memahami
  teorema faktor. | 
Polinomial | 
· 
  Mencermati pengertian, penyelesaian dan penerapan polinomial dalam masalah nyata. 
· 
  Mencermati hasil operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua
  polinomial serta menerapkannya untuk menyelesaikan masalah nyata. 
· 
  Mencermati sifat keterbagian dan faktorisasi polinomial. 
· 
  Menganalisis Teorema Sisa serta faktorisasi polinomial untuk mempermudah
  penyelesaian masalah 
· 
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada polinomial dan faktorisasi polinomial 
· 
  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada
  polinomial dan faktorisasi polinomial | 
| 
4.4
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polinomial | 
·  Menentukan hasil pembagian, jika diketahui sisa pembagian dari  suatu pembagian berderajat dua yang dapat
  difaktorkan. 
·  Menentukan hasil bagi dan sisanya jika dibagi dengan sukubanyak
  berderajat dua. 
·  Menentukan operasi aljabar dari kombinasi koefisien jika sebuah
  polinom yang berderajat tiga yang memuat dua koefisien  yang belum diketahui, dan diketahui fungsi
  pembagi dan sisa pembagiannya. 
·  Menentukan operasi aljabar akar-akar polinom jika diketahui sebuah
  polinom yang berderajat tiga yang memuat koefisien  yang belum diketahui, dan diketahui salah
  satu faktor linearnya | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar