SILABUS
SEKOLAH : SMAN .......... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
16. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA
SMA/MA/SMK/MAK
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable
3.2 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan
rasional dan irasional satu variabel
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari
masalah kontekstual
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variable
3.4 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem
pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem pertidaksamaan dua variable (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
3.5 Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi
linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi
notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa
grafiknya
4.5 Menganalisa karakteristik masing–masing grafik (titik
potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya
akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
komposisi dan operasi invers suatu fungsi
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan rasio trigonometri (sinus,
cosinus,
tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga
siku-siku
3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
4.8 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
3.9 Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan
sinus dan cosinus
3.10 Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan
lingkaran satuan
4.10 Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri
akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ........... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetnsiinti
·
KI-1 dan
KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1.
Mengintepretasi
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variable denga npersamaan dan pertidaksamaan linear
Aljabar lainnya.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak
- Pengertian
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
- Penerapan
persamaan dan pertidaksamaan linear
satuvariabel
|
· Mengidentifikasi
kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstua ldan
merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat
nilai mutlak yang sesuai.
· Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan /atau pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat nilai mutlak.
· Menafsirkan dan
mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
|
3.1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaa nnilai mutlak dari
bentuk linear satu variable
|
||
4.2.
Menjelaskan
dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
·
Mencermati pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan irrasional
|
4.2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable
|
||
3.3.
Menyusun
system persamaan linear tiga variable dari masalah kontekstual
|
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Pengertian
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Penerapan
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
|
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
· Menggunakan
ide-ide matematikauntukmenyelesaikansistem
persamaan linear tiga variabel.
· Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear tiga variabel
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear tiga variabel
|
4.3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan system persamaan linear tiga
variable
|
||
3.4.
Menjelaskan
dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
Sistem pertidaksamaan
dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva
persamaan dalam sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar.
·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika
lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
4.4.
Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat
|
||
3.5.
Menjelaskan
dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi
rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan
ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
|
Fungsi
-
Relasi
dan Fungsi
-
Operasi
Aritmetika
-
Komposisi
Fungsi
-
Fungsi
Linear
-
Fungsi
Kuadrat
-
Fungsi
Rasional
-
Fungsi
Invers
|
· Mengidentifikasi
hubungan antara daerah asal, daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik
yang mendefinisikannya serta mendiskusikan hubungan yang teridentifikasi
dengan menggunakan berbagai representasi bersama temannya.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
· Mengumpulkan
danmengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian) dan operasi
komposisi pada fungsi
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada fungsi invers yang akan digunakan untuk menentukan
eksistensinya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
fungsi
|
4.5.
Menganalisa
karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik
puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x),
1/f(x), |f(x)| dsb
|
||
3.6.
Menjelaskan
operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers
sertasifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
||
4.6.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu
fungsi
|
||
3.7.
Menjelaskan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
pada segitiga siku-siku
|
Trigonometri
-
PengukuranSudut
-
PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku
-
Sudut-sudutBerelasi
-
IdentitasTrigonometri
-
Aturan
Sinus danCosinus
-
FungsiTrigonometri
|
· Mangamati radian dan derajat sebagai satuan
pengukuran sudut, serta hubungannya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalams
atuan radian atau derajat
· Mangamati dan
mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) pada segitigas iku-siku.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang
berkaitan dengan rasio trigonometri pada segitiga
siku-siku
· Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
rasiotrigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
· Mengamati dan mengidentifikasi hubungan antara rasio
trigonometri yang membentuk identitas dasar
trigonometri.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pad aturan sinus dan cosinus
serta masalah yang terkait
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan
kosinus.
· Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi yang dibuat
dengan menggunakan lingkaran satuan
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi
trigonometri
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
|
4.7.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus,
tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
||
3.8.
Menggeneralisasi
rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut
berelasi
|
||
4.8.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di
berbagai kuadran dan sudut-sudu tberelasi
|
||
3.9.
Menjelaskan
aturan sinus dan cosinus
|
||
4.9.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
|
||
3.10.
Menjelaskan
fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
|
||
4.10.
Menganalisa
perubahan grafik fungsi trigonometr iakibat perubahan pada konstanta pada
fungsi y = a sin b (x + c) + d.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar