SILABUS
SEKOLAH : SMAN ......... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
17. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA
SMA/MA (PEMINATAN)
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian
fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta
keberkaitanannya
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang
vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi
tiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang
berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ..... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetnsi
inti
KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1.
Mendeskripsikandanmenentukanpenyelesaianfungsieksponensialdanfungsilogaritmamenggunakanmasalahkontekstual,
sertakeberkaitanannya
|
Fungsi Eksponensial dan Logaritma
|
·
Mencermati pengertian fungsi, mengamati
grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma,
dan penerapannya pada masalah nyata
dari berbagai sumber belajar.
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan
logaritma
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial
dan logaritma
|
4.1.
Menyajikandanmenyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganfungsieksponensialdanfungsilogaritma
|
||
3.2.
Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor,
sudut antar vector dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
|
·
Skalar dan vektor serta operasi aljabar vektor
·
Sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga; segi empat dan
lingkaran; dalil titik tengah dan dalil intersep pada segitiga, dalil segmen
garis
|
·
Mencermati deskripsi konsep skalar dan vektor, penggunaan skalar dan vektor
untuk membuktikan berbagai sifat yang terkait dengan jarak dan sudut
·
Mencermati penyelesaian masalah yang berkaitan dengan skalar dan vektor
·
Mencermati sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga
·
Mencermati sifat segi empat dan lingkaran
·
Menggunakan dalil titik tengah dan dalil intersept pada segitiga untuk
menyelesaikan masalah geometri
·
Menggunakan dalil segmen garis untuk menyelesaikan masalah geometri
·
Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganvektor, operasivektor,
panjangvektor, sudutantarvektordalamruangberdimensidua (bidang)
danberdimensitiga
·
Menyajikan penyelesaianmasalah
yang berkaitandenganvektor, operasivektor,
panjang vektor, sudut antar vector dalam ruang berdimensi dua (bidang)
dan berdimensi tiga
|
4.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang
berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar