PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN ............ Jakarta Kelas/Semester : X / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Wajib Tahun
Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Nilai Mutlak
2.
Bilangan Rasional dan Bilangan Irasional
3.
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
4.
Persamaan kuadrat linear dan kuadrat kuadrat
5.
Fungsi
6.
Kompesisi dan Invers Fungsi
|
12
12
12
12
8
8
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Pengukuran Sudut dan Perbandingan Sudut Pada Segitiga siku-siku
2.
Sudut Berelasi
3.
Identitas Trigonometri
4.
Aturan Sinus dan Cosinus
5.
Fungsi Trigonometri
|
8
8
8
8
8
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1:Menghayati dan
mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi
Inti 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable
3.2 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan
rasional dan irasional satu variabel
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari
masalah kontekstual
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variable
3.4 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem
pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem pertidaksamaan dua variable (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
3.5 Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi
linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi
notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa
grafiknya
4.5 Menganalisa karakteristik masing–masing grafik (titik
potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya
akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
komposisi dan operasi invers suatu fungsi
Kompetensi Dasar
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen,
cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan rasio trigonometri (sinus,
cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
4.8 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
3.9 Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan
sinus dan cosinus
3.10 Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan
lingkaran satuan
4.10 Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri
akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN .......... Jakarta Kelas/Semester : XI / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Wajib Tahun
Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Induksi Matematika
2.
Program Linear
3.
Matriks
4.
Transformasi
5.
Fungsi
6.
Komposisi dan invers Fungsi
|
12
12
12
12
8
8
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Limit
2.
Turunan
3.
Aplikasi Turunan
4.
Integral
|
8
12
8
12
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi
Inti 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis
berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk
menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan
3. 2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode
penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel
KOMPETENSI DASAR
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan
menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang
meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta
transpose
4.3Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
matriks dan operasinya
3.4Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks
berordo 2×2 dan 3×3
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan
dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan
komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
4.5Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
3.6Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan
Aritmetika dan Geometri
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk
menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan,
peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan
fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan
eksistensinya
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit
fungsi aljabar
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan
turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan
fungsi aljabar
3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi
dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva
4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan
titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan
garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva
berkaitan dengan masalah kontekstual
3.10 Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan)
fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan
fungsi
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral
tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN .......... Jakarta Kelas/Semester : XII / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Wajib Tahun
Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Geometri Ruang
2.
Statistika
|
32
32
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Pencacahan
2.
Peluang
|
20
20
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1: Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Kompetensi Inti 2:
Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik,
titik ke garis, dan titik ke bidang)
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik,
titik ke garis, dan titik ke bidang)
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan
dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan
histogram
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi
dan histogram
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah
kontekstual
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi)
KOMPETENSI DASAR
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian
majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian
bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat)
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN ......... Jakarta Kelas/Semester : X / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan Tahun Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Eksponen
dan Logaritma
|
40
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Vektor
|
30
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1 : Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Kompetensi Sikap 2 :
Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian
fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta
keberkaitanannya
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang
vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi
tiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang
berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN ........ Jakarta Kelas/Semester : XI / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan Tahun Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Persamaan Trigonometri
2.
Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus
|
24
24
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Lingkaran
2.
Polinomial
|
15
15
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1: Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Kompetensi Inti 2 :
Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan
pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian
persamaan trigonometri
4.1 Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan trigonometri
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus
dan cosinus
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
3.3 Menganalisis lingkaran secara analitik
4.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan
lingkaran
3.4 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi
polinom
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
faktorisasi polinomial
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMAN ...... Jakarta Kelas/Semester : XII / Ganjil dan Genap
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan Tahun Pelajaran : 2020 – 2021
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Limit Trigonometri
2.
Turunan Trigonometri
|
24
24
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Asimtot Trigonometri
2.
Peluang Binomial (penarik kesimpulan)
|
15
15
|
KOMPETENSI INTI (KI)
Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan
menentukan limit fungsi trigonometri
4.1 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
3.2 Menjelaskan dan
menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
4.2 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan
fungsi trigonometri
3.3 Menggunakan
prinsip turunan ke fungsi Trigonometri sederhana
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
KOMPETENSI DASAR
3.4 Menjelaskan
keberkaitan turunan pertama dan kedua fungsi dengan nilai maksimum, nilai
minimum, selang kemonotonan fungsi, kemiringan garis singgung serta titik belok
dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum, nilai minimum, selang kemonotonan
fungsi, dan kemiringan garis singgung serta titik belok dan selang kecekungan
kurva fungsi trigonometri
3.5 Menjelaskan dan
menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial
3.5 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan
penarikan kesimpulannya
3.6 Menjelaskan karakteristik
data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar