SILABUS
SEKOLAH : SMAN ............ JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180 menit)
KELAS: XII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan
menentukan limit fungsi trigonometri
4.1 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
3.2 Menjelaskan dan
menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
4.2 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan
fungsi trigonometri
3.3 Menggunakan
prinsip turunan ke fungsi Trigonometri sederhana
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
KOMPETENSI DASAR
3.4 Menjelaskan
keberkaitan turunan pertama dan kedua fungsi dengan nilai maksimum, nilai
minimum, selang kemonotonan fungsi, kemiringan garis singgung serta titik belok
dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum, nilai minimum, selang kemonotonan
fungsi, dan kemiringan garis singgung serta titik belok dan selang kecekungan
kurva fungsi trigonometri
3.5 Menjelaskan dan
menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial
3.5 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan
penarikan kesimpulannya
3.6 Menjelaskan
karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data
berdistribusi normal
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ....... JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180 menit)
Kompetensi Inti:
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan
dan menentukan limit fungsi
trigonometri
4.1 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
|
Limit fungsi Trigonometri
|
·
Mencermati gambar yang berkaitan
dengan limit fungsi trigonometri.
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan limit fungsi trigonometri.
·
Menerapkan limit fungsi
trigonometri dalam pemecahan masalah.
·
Mempresentasikan gambar yang
berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
·
Mempresentasikan pemecahan masalah
yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
·
Mempresentasikan penerapan limit
fungsi trigonometridalam pemecahan masalah.
|
3.2 Menjelaskan
dan menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
4.2 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar
dan fungsi trigonometri
|
Limit fungsi
trigonometri
|
·
Mencermati pengertian yang
berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
dan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar.
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan limit di ketakhinggaan fungsi trigonometri dan fungsi
aljabar.
·
Menggunakan limit di ketakhinggaan
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah
·
Menyajikan penyelesaian masalah berkaitan dengan eksistensi limit di
ketak-hinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
3.3 Menjelaskan asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan asimtot
(datar dan tegak) fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
· Asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar
· Asimtot (datar
dan tegak) kurva fungsi trigonometri
|
·
Mencermati gambar yang berkaitan
dengan limit fungsi trigonometri dan limit fungsi aljabar menuju tak hingga secara geometri.
·
Mengilustrasikan dengan gambar
konsep limit fungsi trigonometri dan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar
secara geometri
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan asimtot kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
·
Menyajikan penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan asimtot kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
3.4 Menjelaskan turunan fungsi trigonometri
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan
fungsi trigonometri
|
·
Turunan fungsi trigonometri
|
·
Mencermati konsep turunan fungsi trigonometri dan
sifat-sifatnya.
·
Menentukan turunan fungsi
trigonometri dengan menggunakan sifat-sifatnya
·
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
·
Menyajikan penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
|
3.5 Menjelaskan
keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi
trigonometri
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang
kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri
|
·
Nilai maksimum fungsi tigonometri
·
Nilai minimum
fungsi trigonomerti
·
Selang kemonotonan fungsi trigonometri
·
Kemiringan garis singgung
kurva fungsi trigonometri
|
·
Mencermati keterkaitan
turunan fungsi trigonometri dengan
nilai maksimum dan minimum.
·
Menentukan titik
stationer,selang kemonotonan dan garis singgung kurva fungsi trigonometri.
·
Mempresentasikan cara mencari
turunan fungsi trigonometri
·
Mempresentasikan pemecahan masalah
yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
|
3.6 Menjelaskan
keberkaitan turunan kedua suatu fungsi dengan titik belok dan selang
kecekungan kurva fungsi trigonometri
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan titik belok dan selang kecekungan kurva
fungsi trigonometri
|
Diferensial lanjut
|
·
Mencermati penerapan turunan
kedua fungsi trigonometri dalam
pemecahan masalah,
·
Mencermati konstruksi turunan
kedua fungsi trigonometri,
·
Mempresentasikan pemecahan masalah
yang berkaitan dengan turunan kedua fungsi trigonometri.
|
3.7 Menjelaskan
dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang
binomial
4.7 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan distribusi
peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
|
Statistik inferensial
|
·
Mencermati konsep variabel acak.
·
Mencermati konsep dan sifat fungsi
distribusi binomial.
·
Melakukan penarikan kesimpulan
melalui uji hipotesis dari suatu masalah nya yang terkait dengan distribusi
peluang binomial
·
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan
(acak) dan penarikan kesimpulannya
·
Menyajikan penyelesaian masalah
berkaitan dengan distribusi peluang
binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
|
3.8 Menjelaskan
karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data
berdistribusi normal
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
|
Data berdistribusi normal
|
·
Mencermati pemahaman
kurva normal
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi normal dan penarikan
kesimpulannya
·
Mempresentasikan penarikan
kesimpulan melalui uji hipotesis untuk permasalahan yang berkaitan dengan
distribusi normal
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar