SILABUS
SEKOLAH : SMAN ............. JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik,
titik ke garis, dan titik ke bidang)
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik,
titik ke garis, dan titik ke bidang)
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan
dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan
histogram
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi
dan histogram
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan,
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi)
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat)
SILABUS
SEKOLAH : SMAN ........ JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (16/10 x 180
menit)
Kompetensi
Inti :
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1
Mendeskripsikan jarak dalam ruang
(antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
|
· Memahami konsep geometri ruang
· Mengidentifikasi fakta pada jarak dalam ruang (antar titik, titik ke
garis, dan titik ke bidang)
· Mendeskripsikan
jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
|
Geometri
Ruang
-
Jarak antar Titik
- Jarak Titik
ke Garis
- Jarak Titik
ke Bidang
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada jarak dalam ruang (antar
titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untuk menentukan jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke
bidang)
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
|
4.1
Menentukan jarak dalam ruang (antar
titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
|
· Menentukan jarak dalam ruang
(antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
|
||
3.2
Menentukan dan menganalisis ukuran
pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan histogram
|
· Mengidentifikasi fakta pada ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
· Menentukan
ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
· Menganalisis
ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
|
Statistika
- Penyajian
data
- Ukuran
Pemusatan data
- Ukuran
Penyebaran Data
|
· Mengamati dan mengidentifikasi faktapada ukuran pemusatan dan
penyebaran data yang disajikan dalam
bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untuk menentukan ukuran pemusatan dan penyebaran
data yang disajikan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
frekuensi dan histogram
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyajian data
hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
|
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
frekuensi dan histogram
|
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil
pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyajian data
hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan
histogram
|
||
3.3
Menganalisis aturan pencacahan
(aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui
masalah kontekstual
|
· Memahami konsep kaidah pencacahan
· Mengidentifikasi fakta pada aturan pencacahan (aturan penjumlahan,
aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
· Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi) melalui masalah kontekstual
|
Kaidah Pencacahan
- Aturan
Penjumlahan
- Aturan
Perkalian
- Permutasi
dan Kombinasi
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah
kontekstual
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi,
dan kombinasi)
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
|
4.3
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan
perkalian, permutasi, dan kombinasi)
|
· Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
|
||
3.4
Mendeskripsikan dan menentukan
peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
|
· Memahami konsep peluang kejadian majemuk
· Mengidentifikasi faktapada peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari
suatu percobaan acak
· Mendeskripsikan
peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
· Menentukan
peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
|
Peluang
Kejadian Majemuk
- Kejadian
saling bebas
- Kejadian
saling lepas
- Peluang
kejadian bersyarat
|
· Mengamati dan mengidentifikasi faktapada peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari
suatu percobaan acak
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang kejadian majemuk (kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan
kejadian bersyarat)
· Menyajikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk
(peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian
bersyarat)
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling
lepas, dan kejadian bersyarat)
|
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (kejadian-kejadian
saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
· Menyajikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk
(peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian
bersyarat)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar