Kamis, 16 September 2010

yang diperlukan saat membuat rencana pelaksanaan pelajaran

DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL

PADA PENYUSUNAN STANDAR KOMPETENSI DAN
KOMPETENSI DASAR


STANDAR KOMPETENSI
Contoh:
mendefinisikan                        mengidentifikasikan                            menyusun
menerapkan                             mengenal
mengkonstruksikan                 menyelesaikan

KOMPETENSI DASAR
Contoh:
mengidentifikasikan                mendemonstrasikan                            membuat
menunjukkan                           menafsirkan                                         menerjemahkan
membaca                                 menerapkan                                         merumuskan
menghitung                             menceritakan                                       menyelesaikan
menggambarkan                      menggunakan                                      menganalisis
melafalkan                               menentukan                                         mensintesis
mengucapkan                          menyusun                                            mengevaluasi
membedakan                           menyimpulkan                        

KETERANGAN:
1.      Satu kata kerja tertentu, seperti mengidentifikasikan, dapat dipakai baik pada standar kompetensi maupun kompetensi dasar; perbedaannya terletak bahwa pada standar kompetensi cakupannya lebih luas daripada pada kompetensi dasar.
2.      Satu butir standar kompetensi dapat dipecah menjadi beberapa butir kompetensi dasar.
3.      Satu butir kompetensi dasar, nantinya harus dipecah menjadi minimal 2 indikator.
4.      Standar kompetensi dan kompetensi dasar belum memuat atau bukan merupakan indikator.
Kegiatan  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan berikut:
  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin­sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembela­jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam se­tiap kegiatan pembelajaran; dan
  5. Memfasilitasi peserta didik melakukan per­cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:
  • Membaca tentang
  • Mendengar tentang
  • Berdiskusi tentang
  • Mengamati model (teks/ karya)
  • Mengamati demonstrasi
  • Mengamati simulasi kasus
  • Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
  • Mencoba melakukan kegiatan trtentu
  • Membaca kasus (bedah kasus)
  • Talk show
  • Berwawancara dengan sumber tertentu  (menggali informasi)
  • Observasi terhadap lingkungan
  • Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
  • Mencoba bereksperimen
  • Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
  • Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)

Kegiatan Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal berikut.
  1. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  2. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul­kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  3. memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  4. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  5. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  6. memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  7. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  8. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  9. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per­caya diri peserta didik.
Macam-macam alternatif kegiatan elaborasi:
  • Diskusi/ mandiri
  • Mengidentifikasi ciri
  • Menemukan konsep
  • Melakukan generalisasi
  • Mencari bagian-bagian
  • Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
  • Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
  • Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
  • Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
  • Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
  • Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
  • Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
  • Mengurutkan
  • Mengelompokkan
  • Mengkombinasikan
  • Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
  • Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
  • Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Kegiatan Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan kegiatan-kegaiatan berikut.
  1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be­nar;
  6. membantu menyelesaikan masalah;
  7. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
                           
Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi:
  • Penyimpulan
  • Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik
  • Penjelasan mengapa salah
  • Penjelasan mana yang bnar dan yang salah
  • Meluruskan yang salah
  • Menegaskan yang benar
  • Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
  • Mengangkat kasus yang salah dan yang benar  - menjelaskan mengapa salah/benar
  • Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
  • Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
  • Menjelaskan bagaimana seharusnya
  • Menciptakan rubrik

Contoh Skenario
KD yang Berfokus pada Pemahaman Konsep
·         Pendahuluan 
o        Menunjukkan gambar peristiwa  dan bertanya jawab tentang hal yang terkait dengan kompetensi dasar
o        Bertanya jawab tentang apa yang  akan dipelajari dan manfaatnya
o        Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
o        Apersepsi (bertanya jawab tentang konsep yang berkaitan)
·         Kegiatan Inti  (alternatif 1) 
o        Mengamati  peristiwa yang berkaitan dengan suatu konsep ( Eksplorasi)
o        Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep  (Elaborasi)
o        Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (Elaborasi)
o        Secara individu antara lain mengerjakan LKS untk menerapkan konsep (Elaborasi)
o        Saling mengoreksi dan mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
·         Kegiatan inti (alternatif 2)
o        Mengamati peristiwa alam sekitar  yang berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
o        Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep (elaborasi)
o        Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (elaborasi)
o        Secara individu mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)
o        Berwawancara dengan narasumber  berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
o        Diskusi  tentang hasil wawancara dan kaitannya dengan suatu konsep (elaborasi)
o        Secara individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (elaborasi)
o        Bertanya jawab dan mempertahankan konsep yang ditemukan (konfirmasi)
·         Kegiatan Penutup
o        Menyimpulkan konsep yang ditemukan
o        Merancang tugas pengayaan untuk penerapan konsep
Contoh Skenario
KD yang berfokus pada keterampilan (melakukan sesuatu)
·         Pendahuluan 
o        Bertanya jawab tentang pengetahuan/ keterampilan yang terkait dengan KD
o        Memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan atau mengaitkan KD dengan dunia nyata
·         Kegiatan Inti 
o        Melakukan modelling/simulasi untuk menemukan konsep (eksplorasi)
o        Bertanya jawab/ berdiskusi  tentang model/ simulasi yang telah dilakukan (Elaborasi)
o        Menyimpulkan langkah  yang benar untuk melakukan  (Elaborasi)
o        Praktik melakukan secara bergantian/ dalam kelompok ( Elaborasi)
o        Saling  mengomentari praktik yang dilakukan dan umpan balik atau penguatan dari guru ( Konfirmasi)
·         Kegiatan penutup
o        Merefleksi apa yang telah dilakukan dan manfaatnya  dalam kehidupan
o        Mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan
o        Memberi tugas lanjutan
Categories:

Mata Pelajaran


Nilai Utama
1.   Pendidikan Agama
Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli
2.   PKn
Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
3.   Bahasa Indonesia
Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis
4.   IPS
Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras
5.   IPA
ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu
6.   Bahasa Inggris
Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial



7.   Seni Budaya
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis
8.   Penjasorkes
Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain
9.   TIK/Keterampilan
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain
10. Muatan Lokal
Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar