Selasa, 14 September 2010

homogenity slopes

C. Uji Homogeneous Slopes
Uji homogeneous slopes untuk menguji hipotesis tentang perbedaan pengaruh linear (slopes) intelegensi siswa (X) terhadap hasil belajar matematika (Y) antara keempat sel yang dibentuk oleh faktor strategi pembelajaran (A) dan faktor bentuk tes formatif (B) (Agung, 2002: 287).
Berdasarkan perhitungan analisis regresi yang menggunakan SPSS dengan prosedur GLM Univariat diperoleh hasil analisis sebagai berikut:
GLM
Y BY a b WITH X
/METHOD = SSTYPE(3)
/INTERCEPT = INCLUDE
/PRINT = DES ETASQ PAR HOM
/CRITERIA = ALPHA (.05)
/DESIGN = X a*b a*b*X

General Linear Model

[DataSetl] C:\Program Files\SPSS Evaluation\data spss 7-3-2010.sav

Between-Subjects Factors

N
A          1.00
            2.00
B          1.00
            2.00   
34
34
34
34

Descriptive Statistics
Dependent Variable: Y
        A                  B
Mean
Std. Deviation
N
                1.00
                    2.00
                    Total
2.00             1.00
                    2.00
                    Total
Total            1.00
                    2.00
                    Total
78.0000
86.2941
82.1471
82.2353
81.9412
82.0992
80.1176
84.1176
82.1176
10.40433
7.35497
9.81999
10.07900
8.48875
9.17628
10.31258
8.12689
9.43245
17
17
34
17
17
34
34
34
68

Levene’s Test of Equality of Error Variances(a)
Dependent Variable: Y
F
df1
df2
Sig.
2.296
3
64
.086
Tests the null hypothesis that the error variance of the dependent variable is equal across groups.
a Design: Intercept+X+A*B+A*B*X

Tests of Between-Subjects Effects
Dependent Variable: Y
Source
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Partial Eta Squared
Corrected Model
Intercept
X
A*B
A*B*X
Error
Total
Corrected Total
5020.340(a)
31.175
4203.313
87.609
123.692
940.719
464506.000
5961.059
7
1
1
3
3
60
68
67
717.191
31.175
4203.313
29.203
41.231
15.679
45.743
1.988
268.092
1.863
2.630
.000
.164
.000
.146
.058
.842
.032
.817
.085
.116
a R Squared = .842 (Adjusted R Squared = .824)

Parameter Estimates
Dependent Variable: Y
parameter
B
Std. Error
t
Sig.
95% Confidence Interval
Partial Eta Squared
Lower Bound
Upper Bound
Intercept
X
[A=1.00]*[B=1.00]
[A=1.00]*[B=2.00]
[A=2.00]*[B=1.00]
[A=2.00]*[B=2.00]
[A=1.00]*[B=1.00]*X
[A=1.00]*[B=2.00]*X
[A=2.00]*[B=1.00]*X
[A=2.00}*{B=2.00]*X
.359
.629
-31.169
2.216
-3.311
0(a)
.337
.110
.027
0(a)
10.844
.083
15.798
16.152
14.235
.
.131
.134
.109
.
.033
7.553
-1.973
.137
-.233
.
2.564
.821
.252
.
.974
.000
.053
.891
.817
.
.013
.415
.802
.
-21.331
.462
-62.769
-30.092
-31.786
.
.074
-.158
-.191
.
22.050
.795
.431
34.524
25.164
.
.599
.379
.246
.
.000
.487
.061
.000
.001
.
.099
.011
.001
.
a This Parameter is set to zero because it is redundant.

Analisis regresi linear dengan koefisien arah heterogen di pakai untuk mempelajari perbedaan pengaruh intelegensi siswa (X) terhadap hasil belajar matematika (Y) antara keempat sel yang di bentuk oleh faktor strategi pembelajaran (A) dan faktor bentuk tes formatif (B). Diterapkan:
Yijk  = µ + (AB)ij + Xijk + (ABX)ijk + εijk .
Dimana
Yijk           = Hasil belajar matematika ke-k dari hasil belajar matematika dalam sel (A = i, B = j).
 µ             = Parameter rerata keseluruhan.
(AB)ij       = Parameter pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika dengan memperhitungkan pengaruh linear intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika sama dalam setiap sel.
Xijk           = Parameter intelegensi siswa ke-k dari intelegensi siswa dalam sel (A = i, B = j).
(ABX)ijk   = Parameter pengaruh intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika antara ke-empat sel yang di bentuk oleh faktor strategi pembelajaran dan faktor bentuk tes formatif dan prasyarat bahwa pengaruh intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika sama dalam setiap sel.
εijk            = Suku kesalahan random.

Hipotesis yang akan di uji adalah perbedaan pengaruh linear intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika antara ke-empat sel yang dibentuk oleh strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif dengan hipotesis statistik sebagai berikut:
H0 : (ABX)ij = 0.
H1 : Bukan H0 .
Hasil perhitungan pada tabel terlihat bahwa F0 pada baris A*B*X adalah F0 = 2,630, db = 3/60 dan nilai-p = 0,058 < α = 0,10. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa intelegensi siswa mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika yang di bentuk oleh kedua factor yaitu faktor strategi pembelajaran dan faktor bentuk tes formatif, atau ke-empat slopes mempunyai perbedaan yang signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar