C. Uji Homogeneous Slopes
Uji homogeneous slopes untuk menguji hipotesis tentang perbedaan pengaruh linear (slopes) intelegensi siswa (X) terhadap hasil belajar matematika (Y) antara keempat sel yang dibentuk oleh faktor strategi pembelajaran (A) dan faktor bentuk tes formatif (B) (Agung, 2002: 287).
Berdasarkan perhitungan analisis regresi yang menggunakan SPSS dengan prosedur GLM Univariat diperoleh hasil analisis sebagai berikut:
GLM
Y BY a b WITH X
/METHOD = SSTYPE(3)
/INTERCEPT = INCLUDE
/PRINT = DES ETASQ PAR HOM
/CRITERIA = ALPHA (.05)
/DESIGN = X a*b a*b*X
General Linear Model
[DataSetl] C:\Program Files\SPSS Evaluation\data spss 7-3-2010.sav
Between-Subjects Factors
| N |
A 1.00 2.00 B 1.00 2.00 | 34 34 34 34 |
Descriptive Statistics
Dependent Variable: Y
A B | Mean | Std. Deviation | N |
1.00 2.00 Total 2.00 1.00 2.00 Total Total 1.00 2.00 Total | 78.0000 86.2941 82.1471 82.2353 81.9412 82.0992 80.1176 84.1176 82.1176 | 10.40433 7.35497 9.81999 10.07900 8.48875 9.17628 10.31258 8.12689 9.43245 | 17 17 34 17 17 34 34 34 68 |
Levene’s Test of Equality of Error Variances(a)
Dependent Variable: Y
F | df1 | df2 | Sig. |
2.296 | 3 | 64 | .086 |
Tests the null hypothesis that the error variance of the dependent variable is equal across groups.
a Design: Intercept+X+A*B+A*B*X
Tests of Between-Subjects Effects
Dependent Variable: Y
Source | Type III Sum of Squares | df | Mean Square | F | Sig. | Partial Eta Squared |
Corrected Model Intercept X A*B A*B*X Error Total Corrected Total | 5020.340(a) 31.175 4203.313 87.609 123.692 940.719 464506.000 5961.059 | 7 1 1 3 3 60 68 67 | 717.191 31.175 4203.313 29.203 41.231 15.679 | 45.743 1.988 268.092 1.863 2.630 | .000 .164 .000 .146 .058 | .842 .032 .817 .085 .116 |
a R Squared = .842 (Adjusted R Squared = .824)
Parameter Estimates
Dependent Variable: Y
parameter | B | Std. Error | t | Sig. | 95% Confidence Interval | Partial Eta Squared | |
Lower Bound | Upper Bound | ||||||
Intercept X [A=1.00]*[B=1.00] [A=1.00]*[B=2.00] [A=2.00]*[B=1.00] [A=2.00]*[B=2.00] [A=1.00]*[B=1.00]*X [A=1.00]*[B=2.00]*X [A=2.00]*[B=1.00]*X [A=2.00}*{B=2.00]*X | .359 .629 -31.169 2.216 -3.311 0(a) .337 .110 .027 0(a) | 10.844 .083 15.798 16.152 14.235 . .131 .134 .109 . | .033 7.553 -1.973 .137 -.233 . 2.564 .821 .252 . | .974 .000 .053 .891 .817 . .013 .415 .802 . | -21.331 .462 -62.769 -30.092 -31.786 . .074 -.158 -.191 . | 22.050 .795 .431 34.524 25.164 . .599 .379 .246 . | .000 .487 .061 .000 .001 . .099 .011 .001 . |
a This Parameter is set to zero because it is redundant.
Analisis regresi linear dengan koefisien arah heterogen di pakai untuk mempelajari perbedaan pengaruh intelegensi siswa (X) terhadap hasil belajar matematika (Y) antara keempat sel yang di bentuk oleh faktor strategi pembelajaran (A) dan faktor bentuk tes formatif (B). Diterapkan:
Yijk = µ + (AB)ij + Xijk + (ABX)ijk + εijk .
Dimana
Yijk = Hasil belajar matematika ke-k dari hasil belajar matematika dalam sel (A = i, B = j).
µ = Parameter rerata keseluruhan.
(AB)ij = Parameter pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika dengan memperhitungkan pengaruh linear intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika sama dalam setiap sel.
Xijk = Parameter intelegensi siswa ke-k dari intelegensi siswa dalam sel (A = i, B = j).
(ABX)ijk = Parameter pengaruh intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika antara ke-empat sel yang di bentuk oleh faktor strategi pembelajaran dan faktor bentuk tes formatif dan prasyarat bahwa pengaruh intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika sama dalam setiap sel.
εijk = Suku kesalahan random.
Hipotesis yang akan di uji adalah perbedaan pengaruh linear intelegensi siswa terhadap hasil belajar matematika antara ke-empat sel yang dibentuk oleh strategi pembelajaran dan bentuk tes formatif dengan hipotesis statistik sebagai berikut:
H0 : (ABX)ij = 0.
H1 : Bukan H0 .
Hasil perhitungan pada tabel terlihat bahwa F0 pada baris A*B*X adalah F0 = 2,630, db = 3/60 dan nilai-p = 0,058 < α = 0,10. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa intelegensi siswa mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika yang di bentuk oleh kedua factor yaitu faktor strategi pembelajaran dan faktor bentuk tes formatif, atau ke-empat slopes mempunyai perbedaan yang signifikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar