Uji homogenitas dengan uji-F untuk dua kelompok pada strategi pembelajaran yaitu strategi pemetaan dan strategi konvensional serta dua kelompok pada bentuk tes formatif yaitu bentuk tes formatif pilihan ganda dan bentuk tes formatif uraian. Rumus uji perbedaan varians: Uji-F
Fhitung = s2x / s2y ;
; s2x = varians terbesar, s2 y = varians terkecil.
Ftabel = F(1-0,05)(16,16) = 2,33.
Fhitung > Ftabel maka H0 di tolak berarti data tidak homogen.
No | Kelompok Y | db = n – 1 | s2 Hasil Belajar Matematika | Fhitung | Ftabel | Kesimpulan |
1 | A1 | 16 | 64,104 | 1,275 | 2,762 | Homogen |
2 | A2 | 16 | 81,728 | |||
3 | B1 | 16 | 103,221 | 1,610 | 2,762 | Homogen |
4 | B2 | 16 | 64,104 |
Berdasarkan tabel diatas terlihat Fhitung < Ftabel berarti setiap kelompok pada strategi pembelajaran maupun setiap kelompok bentuk tes formatif memiliki varians skor hasil belajar matematika yang homogen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar