RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMAN 63 JAKARTA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : NILAI MUTLAK
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Numbered Heads Together (NHT), siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Nilai Mutlak melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Nilai Mutlak. Menyampaikan garis besar cakupan materi Nilai Mutlak, metode pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan saat membahas materi Nilai Mutlak.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok dan setiap anggota kelompok diberi nomor 1 – 4, setiap nomor diberi soal yang sama untuk diselesaikan.
2. Diskusi untuk menyelesaikan soal yang berbeda tetapi hasil diskusi untuk penilaian kelompok.
3. Kolaborasi untuk melaporkan hasil kelompok untuk dipresentasikan didepan kelas dalam bentuk slide power point
4. Presentasi
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Nilai Mutlak. Menyampaikan garis besar cakupan materi Nilai Mutlak dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Nilai Mutlak. Menyampaikan garis besar cakupan materi Nilai Mutlak dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas dan mengingatkan siswa untuk mempelajari pada pertemuan selanjutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Nilai Mutlak. Menyampaikan garis besar cakupan materi Nilai Mutlak.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : PERSAMAAN IRASIONAL DAN RASIONAL
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD), siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional. Menyampaikan garis besar cakupan materi Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok
2. Guru menyampaikan materi
3. Kolaborasi dengan berdiskusi menyelesaikan LKS
4. Presentasi hasil kelompok
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional. Menyampaikan garis besar cakupan materi Persamaan/ Pertidaksamaan Irasional dan Rasional dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional. Menyampaikan garis besar cakupan materi Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas dan mengingatkan siswa untuk mempelajari pada pertemuan selanjutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional. Menyampaikan garis besar cakupan materi Persamaan/Pertidaksamaan Irasional dan Rasional.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : SPLTV
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Pemecahan Berbasis Masalah (PBM), siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual, d. Terampil: Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variable.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan SPLTV melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLTV. Menyampaikan garis besar cakupan materi SPLTV dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan saat membahas materi SPLTV.
KEGIATAN INTI
1. Kelompok diberi masalah kontekstual untuk didiskusikan menjadi persamaan Linear.
2. Merumuskan masalah dan menganalisis masalah
3. Kolaborasi untuk menyelesaikan masalah dengan pengetahuan yan dimiliki
4. Presentasi
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep SPLTV. Menyampaikan garis besar cakupan materi SPLTV dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep SPLTV. Menyampaikan garis besar cakupan materi SPLTV dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep SPLTV. Menyampaikan garis besar cakupan materi SPLTV.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : SPLDV (LINEAR-KUADRAT, KUADRAT-KUADRAT)
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model JIGSAW, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat), d. Terampil: Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variable (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat).
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat, SPLTV dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok
2. Tiap anggota diberi tugas yang berbeda lalu yang setiap anggota yang berpencar kekelompok lain yang mempunyai tugas yang sama, setelah berkumpul mereka menyelesaikan tugas
3. Anggota yang sudah keluar membentuk kelompok baru kembali kekelompok pertama menjadi tim ahli yang akan mengKolaborasi hasil penyelesaian tugas kelompok untuk membuat laporan kelompok
4. Presentasi
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi Linear-Kuadrat dan Kuadrat-Kuadrat.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : FUNGSI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model ARTIKULASI, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya, d. Terampil: Menganalisa karakteristik masing–masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Fungsi melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pelajaran saat membahas materi Fungsi.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok dan 1 kelompok terdiri dari 2 anggota
2. Guru menyampaikan materi
3. Diskusi antar anggota dengan yang satu berperan sebagai gurunya dan yang satu berperan sebagai siswa lalu ganti peran untuk menerangkan kembali yang telah disampaikan guru, Kolaborasi hasil diskusi untuk membuat laporan kelompok.
4. Presentasi yang diingat setiap kelompok terhadap materi yang telah disampaikan guru.
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Fungsi.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model MIND MAPPING, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Komposisi dan invers fungsi, diantaranya melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Komposisi dan invers fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Komposisi dan invers fungsi dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Komposisi dan invers fungsi.
KEGIATAN INTI
1. Guru menyajikan materi
2. Pembagian kelompok untuk diskusi menyelesaikan LKS
3. Kolaborasi untuk membuat laporan kelompok
4. Presentasi
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Komposisi dan invers fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Komposisi dan Invers fungsi dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Komposisi dan invers fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Komposisi dan invers fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Komposisi fungsi. Menyampaikan garis besar cakupan materi Komposisi dan invers fungsi.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar