RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
MATERI POKOK : EKSPONEN DAN LOGARITMA
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (135 menit x 16)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Dengan strategi
SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran
kooperatif melalui model INSIDE OUTSIDE CIRCLE (LINKARAN KECIL – LINGKARAN
BESAR), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu
berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur,
Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi),
c. Mengetahui: Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial
dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya, d.
Terampil: Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi
eksponensial dan fungsi logaritma.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan
mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi
yang berkaitan dengan Eksponen dan Logaritma melalui tanya jawab membahas
persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan
linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Eksponen dan Logaritma.
Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma dan kegiatan
yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang
akan digunakan saat membahas materi Eksponen dan Logaritma.
KEGIATAN INTI
1.
Guru
membagi konsep materi untuk dipelajari siswa lalu siswa membuat lingkaran dan
saling berhadapan (lingkaran yang didalam menghadap keluar dan lingkaran luar
menghadap kedalam)
2.
Siswa
yang berhadapan berbagi informasi lalu bergeser siswa yang berada di luar
searah jarum jam (pertama siswa yang ada di dalam memberi informasi yang kedua
siswa yang ada di luar memberi informasi dan seterusnya bergantian).
3.
Siswa
kembali duduk untuk menyelesaikan LKS
4.
Presentasi
5.
Penilaian
PENUTUP
Guru
meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Eksponen dan Logaritma.
Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma dan guru
mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan
refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Eksponen
dan Logaritma. Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma
dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan
siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1.
Penilaian
sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara
observasi/pengamatan
2.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah
kontekstual yang menggunakan konsep Eksponen dan Logaritma. Menyampaikan garis
besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA
SEKOLAH GURU
MATEMATIKA PEMINATAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar