RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 8)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model PRODUKTION BASED TRAINING, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri, d. Terampil: Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok untuk merencanakan produk.
2. Diskusi untuk melaksanakan proses produksi
3. Kolaborasi dengan kelompok lain untuk mengevaluasi hasil produk yang telah dibuat jika ada kritikan dari kelompok lain maka perbaiki untuk mengembangkan rencana pemasanannya.
4. Presentasi tiap kelompok memperagakan produk yan telah dipasarkan
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri,. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri,. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA PEMINATAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER : XI / GANJIL
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 8)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Team Assisted Individualy (TAI), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok dan guru memberikan modul pelajaran yang akan diselesaikan kelompok.
2. Diskusi kelompok yang dipimpin anggota pandai dalam kelompok yang berbagi pengetahuan yang dimilikinya dan saling bertukar jawaban kepada siswa yang kurang pandai dalam kelompoknya.
3. Kolaborasi untuk membuat laporan kelompok.
4. Presentasi hasil diskusi.
5. Penilaian dan reflesi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA PEMINATAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar