RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku, d. Terampil: Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Modeling dengan guru menyajikan contoh.
2. Questioning dengan sebelumnya guru membentuk kelompok dan memberikan LKS untuk didiskusikan dalam kelompok cara menyelesaikannya mengikuti contoh yang telah diberikan.
3. Learning community dengan berKolaborasi antara anggota kelompok untuk membuat laporan LKS.
4. Inquiry dengan meng investigasi/menggeneralisasikan hasil Presentasi setiap kelompok.
5. Constructivism dengan mengkonstruksi konsep aturan yang berlaku pada materi trigonometri.
6. Reflection dengan Siswa membuat rangkuman dari presentasi beberapa kelompok.
7. Authentic Assessment dengan memberi Penilaian setiap anggota kelompok dari proses belajarnya dalam kelompok atau dari laporan rangkuman yang telah dibuat masing-masing siswa..
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Realistic Mathematics Education (RME), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi, d. Terampil: Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Pembagian kelompok untuk membahas masalah nyata (kontekstual) yang berhubungan dengan trigonometri yang menggunakan sudut dan relasi sudut.
2. Menggunakan model-model dengan berdiskusinya siswa dalam satu kelompok untuk menyelesaikan masalah nyata dengan model konsep materi yang telah diberikan guru dan siswa dalam kelompok mengembangkan dari model yan diberikan.
3. Menggunakan produksi dan konstruksi siswa dengan Kolaborasi antara anggota kelompok untuk membuat laporan masalah nyata yang telah didiskusi.
4. Mengunakan interaksi dengan Presentasi laporan setiap kelompok.
5. Keterkaitan (intertwinment) unit kerja dengan merangkum hasil penyelesaian masalah setiap kelompok untuk mengaitkan dengan masalah nyata lainnya dengan konsep yang sudah ditemukan pada tiap kelompok dan proses pembelajaran ini menjadi bahan Penilaian bagi setiap siswa.
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model INQUIRI, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan aturan sinus dan cosinus, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Guru memberi LKS untuk siswa menemukan konsep
2. Pembagian kelompok untuk Diskusi menemukan konsep
3. Kolaborasi setiap anggota kelompok untuk melaporkan hasil jawaban dari penerapan konsep dan menemukan konsep Aturan Sin/Cos
4. Presentasi
5. Penilaian
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model PICTURE AND PICTURE, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan, d. Terampil: Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Trigonometri melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Trigonometri.
KEGIATAN INTI
1. Guru menyajikan materi.
2. Pembagian kelompok untuk siswa berDiskusi memecahkan masalah dengan memasang/mengurutkan gambar yang telah dibuat untuk membuat kesimpulan akibat perubahan pada konstanta di fungsi y = a sin b(x + c) + d.
3. Kolaborasi membuat laporan kelompok.
4. Presentasi.
5. Penilaian .
PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Trigonometri. Menyampaikan garis besar cakupan materi Trigonometri.
JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATEMATIKA WAJIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar