Jumat, 05 Juni 2020

RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA WAJIB KELAS XI SEMESTER GENAP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                    : SMA

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA WAJIB

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : LIMIT

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 3)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model TAKE AND GIVE, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar.



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Limit melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Limit. Menyampaikan garis besar cakupan materi Limit dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Limit,.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok dan setiap anggota diberi materi atau soal yang untuk dipelajari dan siap diberikan kepada orang lain setelah materinya diambil lagi atau jika dalam buku maka bukunya ditutup.

2.    Diskusi dalam kelompok untuk menentukan siapa yang bertugas untuk memberi materi yang dipelajari kepada kelompok lain.

3.    Kolaborasi dengan bergeraknya anggota dalam setiap kelompok untuk mencari pasangannya yang telah memiliki konsep limit dikelompok lain untuk memberikan informasi yang telah dipelajarinya. Kemudian anggota kelompok kembali ke kelompok awal untuk menyelesaikan tugas yang guru berikan pada setiap kelompok.

4.    Presentasi kelompok untuk menentukan keberhasilan proses take and give untuk siswa dalam memahami menyelesaikan masalah yang diberikan guru. 

5.    Penilaian



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Limit. Menyampaikan garis besar cakupan materi Limit dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Limit. Menyampaikan garis besar cakupan materi Limit dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Limit. Menyampaikan garis besar cakupan materi Limit.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH                                                     GURU MATEMATIKA WAJIB









                                                                            



















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                    : SMA

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA WAJIB

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : TURUNAN

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model Tipe Group Investigasi (TGI), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar.



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Turunan melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Turunan. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Turunan.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok.

2.    Diskusi antar anggota dalam kelompok untuk menyelesaikan lembar kerja siswa.

3.    Kolaborasi dengan melaksanakan investigasi (mengumpulkan informasi, analisis data, membuat kesimpulan untuk membuat laporan akhir dari kelompok

4.    Presentasi antar kelompok

5.    Penilaian atas hasil kerja siswa dalam proses pembelajaran.



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Limit, Turunan, Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan, dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Turunan. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan, dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Turunan. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH                                                     GURU MATEMATIKA WAJIB









                                                                             

























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                    : SMA

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA WAJIB

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : TURUNAN

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model KELILING KELOMPOK, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, d. Terampil: Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual. 



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Turunan melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Turunan. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan saat membahas materi Turunan.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan guru.

2.    Diskusi menyelesaikannya masalah dan berkolaborasi membuat laporan penyelesaian masalah untuk dipamerkan kepada kelompok lain.

3.    Perwakilan kelompok berkeliling ke kelompok lain memPresentasi hasil penyelesaian masalah yan diberikan guru. Dan setiap anggota kelompok lain membuat penyelesaian masalah yang dipamerkan dari kelompok lain.

4.    Penilaian dari hasil karya siswa secara individu maupun kelompok.



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Limit, Turunan, Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Limit, Turunan, Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Turunan. Menyampaikan garis besar cakupan materi Turunan.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH                                                     GURU MATEMATIKA WAJIB









                                                                             



















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                    : SMA

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA WAJIB

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : INTEGRAL

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 4)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model DUA TINGGAL DUA TAMU, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar.



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Turunan melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Integral dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan saat membahas materi Integral.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok dan pembagian tugas untuk setiap kelompok ada yang berperan sebagai tuan rumah dan ada yang berperan sebagai tamu.

2.    Diskusi menyelesaikan masalah yang guru berikan untuk diinformasikan kepada tamu atau yang ditanyakan kepada tuan rumah.

3.    Kolaborasi hasil kunjungan yang mempunyai jawaban yang sama atau perbaikan dari jawaban yang berbeda dengan hasil kunjungan kepada kelompok lain.

4.    Presentasi hasil penyelesaian yang benar dari setiap kelompok.

5.    Penilaian



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Integral dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Limit, Turunan, Integral dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang dibahas pada pertemuan selanjutnya



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Integral. Menyampaikan garis besar cakupan materi Integral.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH                                                     GURU MATEMATIKA WAJIB



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar