Jumat, 05 Juni 2020

RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X SEMESTER GANJIL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                    : SMA
MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER   : X / GANJIL
MATERI POKOK         : EKSPONEN DAN LOGARITMA
ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (135 menit x 16)

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model INSIDE OUTSIDE CIRCLE (LINKARAN KECIL – LINGKARAN BESAR), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya, d. Terampil: Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma. 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Eksponen dan Logaritma melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Eksponen dan Logaritma. Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Eksponen dan Logaritma.
 
KEGIATAN INTI
1.    Guru membagi konsep materi untuk dipelajari siswa lalu siswa membuat lingkaran dan saling berhadapan (lingkaran yang didalam menghadap keluar dan lingkaran luar menghadap kedalam)
2.    Siswa yang berhadapan berbagi informasi lalu bergeser siswa yang berada di luar searah jarum jam (pertama siswa yang ada di dalam memberi informasi yang kedua siswa yang ada di luar memberi informasi dan seterusnya bergantian).
3.    Siswa kembali duduk untuk menyelesaikan LKS
4.    Presentasi
5.    Penilaian

PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Eksponen dan Logaritma. Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Eksponen dan Logaritma. Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Eksponen dan Logaritma. Menyampaikan garis besar cakupan materi Eksponen dan Logaritma.

JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH                                                     GURU MATEMATIKA PEMINATAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar