Jumat, 05 Juni 2020

RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XI SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                   

MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA PEMINATAN

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : LINGKARAN

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 8)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model DISCOVERY LEARNING, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menganalisis lingkaran secara analitik, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran. 



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Lingkaran melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Lingkaran. Menyampaikan garis besar cakupan materi Lingkaran dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Lingkaran.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok untuk diberi rangsangan dalam bentuk masalah untuk dianalisis cara penyelesaiannya.

2.    Diskusi untuk mengidentifikasi masalah yang diberikan guru.

3.    Kolaborasi setiap anggota kelompok untuk mengumpulkan data agar dapat menyelesaikan masalah yang telah diberikan guru. Buktikan penyelesaian masalahnya dengan konsep materi yang ada di buku, dan menarik kesimpulan bahwa penyelesaian masalah dapat digunakan.

4.    Presentasi

5.    Penilaian



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Lingkaran. Menyampaikan garis besar cakupan materi Lingkaran dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Lingkaran. Menyampaikan garis besar cakupan materi Lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Lingkaran. Menyampaikan garis besar cakupan materi Lingkaran.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH                                           GURU MATEMATIKA PEMINATAN









                                                                      























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SEKOLAH                   

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA PEMINATAN

KELAS/SEMESTER   : XI / GENAP

MATERI POKOK         : POLINOM

ALOKASI WAKTU      : 45 MENIT x 4 JAM PELAJARAN (180 menit x 8)



A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS (STEAM), diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menganalisis keterbagian dan faktorisasi polinom, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polynomial. 



B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Polinom melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Polinom. Menyampaikan garis besar cakupan materi Polinom dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Polinom.

 

KEGIATAN INTI

1.    Pembagian kelompok untuk memberi mengidentifikasi masalah dari masalah. kontekstual yang diberikan guru.

2.    Diskusi untuk menyelesaikan alternative-alternatif penyelesaian masalah yang ada dan merancang alat dan bahan untuk memecahkan masalah.

3.    Kolaborasi dengan teman mendesain dan menguji teknologi untuk memecahkan masalah.

4.    Presentasi

5.    Penilaian



PENUTUP

Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Polinom. Menyampaikan garis besar cakupan materi Polinom dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Polinom. Menyampaikan garis besar cakupan materi Polinom dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya



C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan

2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran

3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Polinom. Menyampaikan garis besar cakupan materi Polinom.



JAKARTA, 13 JULI 2020

MENGETAHUI

KEPALA  SEKOLAH                                                    GURU MATEMATIKA PEMINATAN

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar