Jumat, 05 Juni 2020

RPP 1 LEMBAR MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                 : SMA
MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER  : X / GENAP
MATERI POKOK       : VEKTOR
ALOKASI WAKTU     : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (135 menit x 16) 

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan strategi SAINTIFIK, teknik Student Central Learning dengan metode pembelajaran kooperatif melalui model PROJECT BASED LEARNING, diharapkan siswa dapat: a. Memiliki sikap spiritual (Bersyukur, Selalu berdoa, Toleransi beragama, Taat), b. Terbiasa melakukan sikap social (Jujur, Disiplin, Santun, Peduli, Bertanggung jawab, Responsive, Proaktif, Toleransi), c. Mengetahui: Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga, d. Terampil: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, mendiskusikan materi yang berkaitan dengan Vektor melalui tanya jawab membahas persamaan dan pertidaksamaan, system persamaan dan system pertidaksamaan linear. Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Vektor. Menyampaikan garis besar cakupan materi Vektor dan kegiatan yang akan dilakukan. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Vektor.
 
KEGIATAN INTI
1.    Pembagian kelompok untuk membuat tugas yan diberikan guru.
2.    Diskusi antar anggota kelompok untuk merencanakan cara membuat laporan projek dan menyusun jadwal mengerjakan proyek.
3.    Kolaborasi antara anggota kelompok membuat laporan untuk dimonitor guru terhadap kemajuan projek yang telah dibuat.
4.    Mengujui hasil projek dengan Presentasi hasil projek dan pengalaman membuat projek serta melihat kendala serta solusi menyelesaikan kendala yang dihadapi.
5.    Penilaian

PENUTUP
Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang konsep Vektor. Menyampaikan garis besar cakupan materi Vektor dan guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai, guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil belajar pemahaman konsep Vektor. Menyampaikan garis besar cakupan materi Vektor dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tugas kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

C.   PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian sikap spriritual dan sosial dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara observasi/pengamatan
2.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara tes tulis selama proses pembelajaran
3.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara siswa menemukan penyelesaian masalah kontekstual yang menggunakan konsep Vektor. Menyampaikan garis besar cakupan materi Vektor.

JAKARTA, 13 JULI 2020
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH                                           GURU MATEMATIKA WAJIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar