Setelah mengikuti sesi ini,
peserta pelatihan dapat:
1.
menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP;
2.
menjelaskan pengertian RPP;
3.
menjelaskan prinsip
penyusunan RPP;
4.
menjelaskan komponen
dan sistematika RPP;
5.
menjelaskan langkah penyusunan RPP;
6.
menuliskan isi setiap komponen dalam
sistematika RPP; dan
7.
menyusun RPP untuk
serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013.
1.
Pengertian
RPP merupakan
rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku
teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas
sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3)
KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan
pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.
Setiap guru wajib
menyusun RPP untuk mata pelajaran yang diampunya. Pengembangan RPP dilakukan
sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum
pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara
mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi,
dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Pengembangan RPP
dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau
antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan
atau kantor Kementerian Agama setempat.
2. Prinsip Penyusunan RPP
a. Memperhatikan perbedaan individu peserta
didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan
kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi,
kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar,
latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Contoh
ketika menerapkan perbedaan tingkat intelektual peserta didik, guru dapat
memberikan kesempatan kepada peserta didik yang kemampuan intelektualnya
kurang, lalu yang sedang, baru kemudian
kepada peserta didik yang pandai dengan maksud peserta didik yang
kemampuan intelektualnya kurang memiliki kesempatan untuk berlatih.
b. Berpusat pada peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat
pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif,
inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik
atau model pembelajara lain yang sesuai dengan kurikulum 2013.
c. Berbasis konteks
Proses pembelajaran yang menjadikan
lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar. Pembelajaran dimulai dari apa
yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru
dilanjutkan pada konteks yang lebih luas.
d. Berorientasi kekinian
Pembelajaran yang berorientasi pada
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa
kini. Hal ini bukan berarti tidak mempelajari masa lalu dan masa depan. Ilmu
pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai pada masa lalu digunakan sebagai
pijakan untuk pengembangannya di masa kini. Ilmu pengetahuan dan teknologi di
masa kini dimanfaatkan peserta didik untuk mempersiapkan diri menghadapi
berbagai kemungkinan pengembangan ilmu pengetahun, teknologi, dan nilai-nilai
kehidupan di masa depan.
e. Mengembangkan kemandirian belajar
Pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik
untuk belajar secara mandiri.
f. Memberi umpan balik dan tindak lanjut
pembelajaran
RPP memuat rancangan program pemberian
umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
g. Memiliki keterkaitan dan
keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan
keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu
keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan memperhatian keterpaduan antara
KD dari KI-3 dan KD pada KI-4. RPP juga dapat disusun dengan mengakomodasikan
pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar,
dan keragaman budaya.
h. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi
dan kondisi.
3. Komponen dan Sistematika RPP
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang
Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menentukan komponen
dan sistematika RPP adalah sebagai berikut :
a. Komponen RPP
1)
Identitas, yang meliputi sekolah, mata pelajaran,
kelas/semester, dan alokasi waktu
2)
Kompetensi Inti (KI)
3)
Kompetensi Dasar (KD)
4)
Indikator Pencapaian Kompetensi
5)
Materi Pembelajaran
6)
Kegiatan Pembelajaran
7)
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
8)
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
b. Sistematika RPP
Komponen-komponen di atas secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
_________________________________________
Mata pelajaran :
_________________________________________
Kelas/Semester :
_________________________________________
Alokasi Waktu :
_________________________________________
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
D. Materi Pembelajaran
(Dapat berasal dari buku teks
pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal,
materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial).
E. Kegiatan Pembelajaran*)
1.
Pertemuan Pertama: (...JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
informasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
2.
Pertemuan Kedua: (...JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
·
(Dapat) dilanjutkan dengan
mencipta
c.
Kegiatan Penutup
3.
Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran
Remedial, dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
2.
Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera
setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1.
Media/alat
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar
|
|
*)Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran menyesuaikan sintaks model pembelajaran yang diterapkan.
4. Langkah-langkah
Penyusunan RPP
a. Mengkaji
silabus untuk mengetahui pasangan KD-KD yang
dibelajarkan dalam 1 (satu) RPP beserta butir-butir materi dan kegiatan
pembelajarannya.
b. Mencantumkan identitas sekolah, mata
pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu.
c. Mencantumkan KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4
seperti yang tercantum dalam Permendikbud Nomor ... tentang KI-KD Tahun 2016.
d. Mengidentifikasi dan menuliskan serangkaian
kompetensi dasar (KD) yang dapat diambil dari silabus.
e. Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dengan memperhatikan beberapa ketentuan
berikut.
1) Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan
untuk KD dari KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
2) Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan
untuk KD dari KI-3 dan KI-4 pada
mata pelajaran SELAIN Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
3) Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya dua
indikator pencapaian kompetensi.
4) Rumusan indikator pencapaian kompetensi untuk
KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 sekurang-kurangnya
mencakup kata kerja operasional (dapat diamati dan diukur).
C. Lampiran
Lampiran 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
… (Misal: SMP Negeri 2 Salatiga)
Mata
Pelajaran : .... (Misal: Matematika)
Kelas/Semester :
… (Misal: VIII/Satu)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (7 JP))
A.
Kompetensi Inti
(Tulis keempat KI yang sesuai, yaitu keempat
KI kelas VII).
Contoh KI kelas VII:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi untuk setiap KD).
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1
(bila ada)
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila
ada)
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua)
atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
C. Materi Pembelajaran
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang
dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial).
1.
Materi pembelajaran reguler
…
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
2.
Materi pembelajaran pengayaan
…
(Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari
yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
3.
Materi pembelajaran remedial
…
(Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh
sebagian/seluruh peserta didik).
D.
Kegiatan Pembelajaran
(Tulis kegiatan pembelajaran untuk
setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP
ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi
dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat
terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan
kegiatan peserta didik YANG DAPAT
dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat
terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan
(8 menit)
CONTOH
1)
Guru … untuk mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan
menunjukkan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4)
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan,
yaitu ….
5)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan,
yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60
menit)
CONTOH
DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK:
Mengamati
Misal: Peserta
didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan
video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena
meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan
tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan
dan perkembangan tanaman (untuk IPA), Menyaksikan video aktifitas jual beli di
pasar tradisonal (Matematika)….
Catatan:
Fenomena yang
diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam
(pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks,
grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan
meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman
(untuk IPA), aktifitas jual beli di
pasar tradisonal (untuk matematika) …
Pertanyaan 1: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan …
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal: Peserta
didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman …
untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam
periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung
Merapi akan meletus (untuk IPS – fenomena gunung meletus), apa yang dinamakan
harga beli, harga jual, untung, rugi (untuk matematika). Kemudian peserta didik
menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang
pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai
….
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan
dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan
pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan
informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
Guru
guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan
(8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan
dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60
menit)
CONTOH
(LANJUTAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK):
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA
untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA
untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru
memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai
….
Guru
bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab
pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara ….
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru
melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan
(8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan
dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60
menit)
CONTOH
(DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK):
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA
untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat
petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS);
merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan
perkembangannya (IPA); Membuat aturan penentuan harga jual supaya terjadi
persaingan sehat di (Matematika)
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru
bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait
….
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta
mencipta …
Guru
melakukan penilaian dengan teknik ….
Guru
memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
Guru
memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
Guru
memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
E.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1). Observasi
(jurnal)
2). Penilaian diri
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
4). Portofolio
c. Keterampilan
1). Kinerja
2). Proyek
3). Portofolio
* Catatan: Teknik penilaian
dipilih satu atau lebih sesuai dengan
tuntutan KD.
2. Instrumen penilaian
a.
Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d.
Dst.
3.
Pembelajaran
Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan
perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau
pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih
tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai nara sumber.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio,
model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH
cara menuliskan:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs
internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia
di situs
internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang
diperlukan.
3. Sumber Belajar
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi,
majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH cara menuliskan:
a. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
b. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
c. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul
artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal
terbit), Halaman, Kolom
e. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel.
(Tersedia di situs
internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
f. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan
sekitar yang dimaksud
g. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta
bidang keahlian dan/atau profesinya
h. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
Lembar Kegiatan 3.1
Praktik Penyusunan RPP
(4 JP)
A. Tujuan
Peserta Pelatihan dapat
menyusun satu atau dua RPP untuk pembelajaran KD-KD yang dipilihnya.
B.
Petunjuk
1. Bentuk
kelompok dengan anggota 3 - 4 orang untuk menyusun RPP (5
menit).
2. Pilihlah serangkaian KD untuk disusun RPP-nya (10 menit).
3. Susunlah sebuah RPP untuk serangkaian KD yang telah dipilih (120
menit) dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai.
a. Tuliskan identitas RPP yang terdiri atas: sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu.
b. Salinlah Kompetensi Inti yang
sesuai.
c. Tulislah KD dari KI-3 dan KI-4 yang dipilih (dan KD dari KI-1
dan KI-2 untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn).
d. Rumuskan indikator pencapaian kompetensi dari setiap KD.
e. Tentukan materi pembelajaran yang relevan
dengan indikator yang diumuskan (lihat silabus).
f. Buatlah
rancangan kegiatan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang
telah dipilih;
g. Tentukan teknik, susun instrumen penilaian yang relevan dengan
indikator yang telah dirumuskan, dan rancanglah pembelajaran remedial dan pengayaan.
h. Tentukan media/alat, bahan dan sumber belajar
yang diperlukan.
i.
Pajanglah RPP hasil kelompok di tempat yang disediakan.
- Bahan
1.
Permendikbud 103 tahun
2014 tentang Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
2.
KI dan KD SMP K13 tahun
2016
3.
Silabus Mata Pelajaran
K13 tahun 2016
4.
Buku Siswa dan Buku
Guru Kelas VII (Kemdikbud, 2016)
5.
Panduan Penguatan
Proses Pembelajaran (Dit. PSMP, 2014)
Lembar Kerja 3.2
Menelaah
RPP
(1 JP)
A.
Tujuan
1.
Peserta pelatihan dapat
menelaah RPP.
2.
Peserta pelatihan dapat memperbaiki RPP.
B.
Petunjuk
1. Bekerjalah dalam kelompok yang sama.
2. Telaah RPP hasil kerja kelompok lain yang dipajang.
3. Lakukan telaah kelayakan RPP tersebut menggunakan format yang
disediakan (20 menit)
4. Diskusikan dengan pasangan/anggota kelompok
lainnya (10 menit).
5. Sampaikan hasil telaah Anda di depan kelas (10).
- Bahan
1.
Permendikbud 103 tahun
2014 tentang Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
2.
KI dan KD SMP K13 tahun
2016
3.
Silabus Mata Pelajaran
K13 tahun 2016
4.
Buku Siswa dan Buku
Guru Kelas VII (Kemdikbud, 2016)
5.
Panduan Pengauatan
Proses Pembelajaran (Dit. PSMP, 2014)
FORMAT TELAAH RPP
No.
|
Komponen
|
Indikator
|
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
|
A.
|
Identitas Mata
Pelajaran/
Tema
|
1.
Menuliskan nama sekolah.
2.
Menuliskan matapelajaran.
3.
Menuliskan kelas dan semester.
4.
Menuliskan alokasi waktu.
|
|
B.
|
Kompetensi Inti
|
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar.
|
|
C.
|
Kompetensi Dasar
|
Menuliskan KD dengan lengkap dan
benar.
|
|
D.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD.
2.
Menggunakan kata kerja operasional relevan dengan KD yang dikembangkan.
3.
Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD.
|
|
E.
|
Materi
Pembelajaran
|
1. Memilih materi pembelajaran reguler, remedial
dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan.
2. Cakupan
materi pembelajaran reguler, remedial, dan pengayaan sesuai dengan
tuntutan KD, ketersediaan waktu, dan perkembangan peserta didik.
3. Kedalaman materi pembelajaran reguler, remedial
dan pengayaan sesuai kemampuan peserta didik.
|
|
F.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.
Merumuskan kegiatan
pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2.
Merancang kegiatan
pembelajaran sesuai dengan sintaks pendekatan/ model pembelajaran yang
diterapkan.
3.
Merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
|
|
G.
|
Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
|
|
|
|
Penilaian
|
1.
Mencantumkan teknik, bentuk,
dan instrumen penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
sesuai dengan indikator.
2.
Menyusun
sampel butir instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan
instrumen
3.
Mengembangkan pedoman
penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen.
|
|
|
Pembelajaran Remedial
|
1.
Merumuskan
kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana
dan media pembelajaran.
2.
Menuliskan
aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa:
·
pembelajaran
ulang,
·
bimbingan
perorangan
·
belajar
kelompok
·
tutor
sebaya
|
|
|
PembelajaranPengayaan
|
Merumuskan
kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
|
|
H.
|
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
|
|
|
|
Media/alat
|
1. Memanfaatkan media/alat sesuai dengan indikator, karakteristik peserta
didik dan kondisi sekolah.
2. Memanfaatkan media/alat untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan
saintifik atau
mpdel memadai.
3.
Memilih media/alat untuk menyampaikan pesan yang
menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
|
|
|
Bahan
|
1.
Memanfaatkan bahan sesuai
dengan indicator pencapaian kompetensi.
2.
Memanfaatkan bahan untuk
mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau mpdel
memadai.
3.
Memanfaatkan variasi bahan
sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.
|
|
Sumber
Belajar
|
1.
Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial.
2.
Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Siswa dan
Buku Guru).
3.
Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan.
4.
Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar.
|
|
Lampiran
Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs...................................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/ I (Satu)
Alokasi Waktu :
10 JP (4 kali pertemuan )
A. Kompetensi Inti
KI-1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.11
Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan,
kerugian, bunga tunggal, persentase,
bruto, neto, tara)
|
3.11.1 Menentukan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan
harga beli
3.11.2 Mengidentifikasi hubungan nilai keseluruhan, nilai unit, harga jual,
dan harga beli
3.11.3 Menghitung untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
3.11.4 Mengidentifikasi hubungan untung, rugi, persentase untung dan rugi
3.11.5 Menentukan besar diskon (rabat, bruto, Neto, dan tara
3.11.6 Mengidentifikasi hubungan diskon, bruto, Neto, dan tara
3.11.7 Menentukan besar bunga tunggal dan pajak
|
4.11 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
4.11.1
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
4.11.2
Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan
untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
4.11.3
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
melibatkan diskon, bruto, Neto, dan tara
4.11.4
Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan
tentang bunga tunggal dan pajak
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran reguler
a. Nilai suatu barang
b. Harga penjualan dan pembelian
c. Persentase untung dan rugi
d. Diskon, pajak, bruto, tara, dan
Neto
e. Bunga tunggal
f.
Pajak
2.
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Denda
b.
Diskon ganda
3.
Materi pembelajaran remedial
a. Diskon, pajak
b. Bunga tunggal
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80
menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan
mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa
kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan
yang diperlukan, dengan tujuan
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2. Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait
dengan materi aritmetika social seperti bilangan decimal, persen, dengan cara
tanya jawab.
3. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menganalisis penjualan, pembelian, serta
menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian,
harga jual, dan harga beli, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu untuk
keperluan berbelanja.
4. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan,
yaitu megamati tayangan video kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok.
5. Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik
penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan aritmetika
sosial secara umum
3.
Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual tentang aktifitas jual beli di pasar tradisonal dan
pasar modern
Menanya
4.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan
aktivitas jual beli yang ada di tayangan video, yaitu kegiatan mana yang yang
termasuk penjualan, pembelian, apa yang dinamakan nilai keseluruhan,
nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli, dan bagaimana menentukan harga jual?
5.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok
untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
6.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber
lain seperti di internet untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan harga beli, harga jual.
Salah satu anggota kelompok diminta bertanya
ke petugas kantin atau koperasi tentang bagaimana menentukan harga jual
Mengasosiasi
7.
Peserta didik masing-masing kelompok juga
membahas dan berdiskusi hasil
dari pencarian data di sumberlain dan jawaban pertanyaan dari petugas kantin
atau koperasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah dirumuskan. Peserta didik
diminta menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai
keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli seperti yang tertuang dalam LK.
8.
Guru berkeliling mencermati peserta didik
dalam kelompok yang
mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan
hal-hal yang belum dipahami
9.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok
untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
10.
Peserta didik dalam kelompok masing-masing
dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan
nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli.
Mengomunikasikan
11.
Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara
tertulis/lisan jawaban atas
pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan harga beli, harga jual
serta bagaimana menentukan harga jual.
12. Peserta
didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
55 menit
|
Penutup
|
1. Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga
jual, harga beli, bagaimana menentukan harga jual.
2.
Guru bersama dengan peserta didik
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara
mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, menjawab pertanyaan dengan
informasi yang diperoleh dengan menunjukkan apa yang tertulis di buku dengan
jawaban dari petugas kantin.
3. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
4.
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan
hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah
baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban
kuis.
5.
Guru menyampaikan kegiatan belajar
yang dikerjakan sebagai PR yaitu mengerjakan soal PR
6.
Guru memberitahukan kegiatan belajar
yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu siswa diminta membaca
buku siswa atau sumber lain terkait dengan untung, rugi, diskon, dan persentase
|
15 menit
|
PR:
Edwin memiliki satu lusin buku tulis yang akan
dijual seluruhnya seharga Rp. 24.000,00 dan ia juga memiliki satu pak pensil
yang berisi sepuluh buah dan akan dijual dengan harga Rp. 15.000,00.
a.
Berapa
harga satu buah buku tulis?
b.
Berapa
harga satu buah pensil?
c.
Berapa
harga jika membeli 5 buah buku tulis?
d.
Berapa
harga jika membeli 4 buah pensil?
e.
Berapa
harga jika membeli 3 buah buku dan 2 buah pensil?
|
Pertemuan 2 (kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
…………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 3 (ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
…………………………………………………………………………………………………..
Dst.
F. Penilaian
Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian
pengetahuan dan keterampilan.
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Skor
|
1
|
Menentukan
nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
|
5
|
2
|
Mengidentifikasi
hubungan nilai keseluruhan, nilai unit, harga jual, dan harga beli
|
1
|
3
|
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian,
harga jual, dan harga beli
|
1
|
4
|
Menghitung
untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
|
4
|
5
|
Mengidentifikasi
hubungan untung, rugi, persentase untung dan rugi
|
1
|
6
|
Menyelesaikan
permasalahan yang melibatkan untung, rugi, persentase untung dan persentase
rugi
|
1
|
7
|
Menentukan
besar diskon (rabat), bruto, Neto, dan tara
|
4
|
8
|
Mengidentifikasi
hubungan diskon, bruto, Neto, dan tara
|
1
|
9
|
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang melibatkan diskon, bruto, Neto, dan tara
|
1
|
10
|
Menentukan
besar bunga tunggal dan pajak
|
2
|
11
|
Menyelesaikan
permasalahan yang melibatkan tentang bunga tunggal dan pajak
|
1
|
|
Total Skor
|
22
|
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian: Tes
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Skor
|
1.
|
Kemampuan bertanya dan menjawab
|
1-4
|
2.
|
Kemampuan mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
1-4
|
3.
|
Kemampuan memPraktikkan alat peraga atau media yang digunakan dalam
pembelajaran
|
1-4
|
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
|
:
|
Media audiovisual yang berkaitan dengan aritmetika sosial
|
2. Alat dan Bahan
|
:
|
Model uang, karton, kemasan/bungkus/kotak dus makanan dan buku
tabungan
|
3. Sumber Belajar
|
:
|
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan
kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
|
..............................., …………….
Guru Mata Pelajaran Matematika
...................................................
Lembar Kerja (LK) Pertemuan Kesatu
LEMBAR KERJA (LK) 1
|
Sub Materi Pokok: Nilai Unit, Keseluruhan, Harga Jual dan Beli
|
Nama Kelompok : .......................................... Kelas : VII ...
Anggota
|
:
|
|
1
|
..........................................
|
4
|
................................
|
|
|
|
2
|
..........................................
|
5
|
................................
|
|
|
|
3
|
..........................................
|
|
|
A. PETUNJUK UMUM:
1.
Bacalah Lembar Kerja ini dengan seksama, dan tanyakan kepada guru jika ada hal yang kurang dipahami,
2.
Setiap kelompok akan mengerjakan permasalahan yang
berkaitan dengan:
a.
Menentukan nilai keseluruhan, nilai unit,
sebagian, harga jual, dan harga beli
b.
Mengidentifikasi hubungan nilai
keseluruhan, nilai unit, harga jual, dan harga beli
c.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
B. TUGAS/LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
1.
Amatilah tayangan video
tentang aktivitas jual beli di pasar tradisonal dan pasar modern.
a. Diskusikan dan tuliskan kegiatan mana yang yang termasuk penjualan, pembelian?
b. Apa yang dinamakan nilai
keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli?, dan
c. Bagaimana menentukan harga jual?
2.
Robi membeli tiga kilogram jeruk dengan uang sebesar
Rp. 50.000,00, dan memperoleh kembalian sebesar Rp. 5.000,00.
a.
Berapakah harga keseluruhan jeruk yang dibeli Robi?
b.
Berapakah harga satu kilogram jeruk?
c.
Berapakah harga yang harus dibayar jika membeli 2,5
kg?
d.
Berapakah harga jika membeli 6 kg?
e.
Berapakah kilogram jika jika Robi membayar Rp.
60.000,00?
2. Suatu
ketika Ani berbelanja ke beberapa toko.
Toko A menawarkan harga selusin buku
seharga Rp. 24.000,00
Toko B menawarkan harga dua losin buku
dengan model yang sama dengan toko A Rp. 44.000,00
Toko C menawarkan buku yang sama dengan
kedua toko tersebut dengan harga satuan Rp. 2.250,00.
Untuk membantu Ani, manakah toko yang
menawarkan harga buku yang paling murah? Coba jelaskan
3.
Jika pembelian satu lusin buku tulis
seharga Rp. 48.000,00, tentukan harga untuk pembelian berikut ini:
a.
5 buah buku tulis
b.
15 buah buku tulis
c.
30 buah buku tulis
d.
Berapa harga beli untuk perbukunya
e.
Berapa harga jual untuk 20 buah buku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar