Jumat, 10 Juni 2016

RANCANGAN RPP 2016




Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan dapat:

1.         menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP;
2.         menjelaskan pengertian RPP;
3.         menjelaskan prinsip  penyusunan RPP;
4.         menjelaskan komponen dan sistematika RPP;
5.         menjelaskan langkah penyusunan RPP;
6.         menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP; dan
7.         menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013.

1.      Pengertian
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.
Setiap guru wajib menyusun RPP untuk mata pelajaran yang diampunya. Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
2.      Prinsip Penyusunan RPP
a.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Contoh ketika menerapkan perbedaan tingkat intelektual peserta didik, guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik yang kemampuan intelektualnya kurang, lalu yang sedang, baru kemudian  kepada peserta didik yang pandai dengan maksud peserta didik yang kemampuan intelektualnya kurang memiliki kesempatan untuk berlatih.

b.      Berpusat pada peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik atau model pembelajara lain yang sesuai dengan kurikulum 2013.

c.    Berbasis konteks
Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar. Pembelajaran dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan baru dilanjutkan pada konteks yang lebih luas.

d.   Berorientasi kekinian
Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini. Hal ini bukan berarti tidak mempelajari masa lalu dan masa depan. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan nilai-nilai pada masa lalu digunakan sebagai pijakan untuk pengembangannya di masa kini. Ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini dimanfaatkan peserta didik untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan pengembangan ilmu pengetahun, teknologi, dan nilai-nilai kehidupan di masa depan.

e.    Mengembangkan kemandirian belajar
Pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.

f.    Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
     RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

g.   Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan memperhatian keterpaduan antara KD dari KI-3 dan KD pada KI-4. RPP juga dapat disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h.   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
3.      Komponen dan Sistematika RPP
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menentukan komponen dan sistematika RPP adalah sebagai berikut :


a.       Komponen RPP

1)      Identitas, yang meliputi sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi   waktu
2)      Kompetensi Inti (KI)
3)      Kompetensi Dasar (KD)
4)      Indikator Pencapaian Kompetensi
5)      Materi Pembelajaran
6)      Kegiatan Pembelajaran
7)      Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
8)      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

b.      Sistematika RPP

Komponen-komponen di atas secara operasional  diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                      : _________________________________________
Mata pelajaran          : _________________________________________
Kelas/Semester            : _________________________________________
Alokasi Waktu            : _________________________________________

A.    Kompetensi Inti (KI)

B.     Kompetensi Dasar
  1. KD pada KI-1
  2. KD pada KI-2
  3. KD pada KI-3
  4. KD pada KI-4

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Indikator KD pada KI - 1
  2. Indikator KD pada KI - 2
  3. Indikator KD pada KI - 3
  4. Indikator KD pada KI - 4

D.    Materi Pembelajaran
(Dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).

E.     Kegiatan Pembelajaran*)
1.         Pertemuan Pertama: (...JP)
a.         Kegiatan Pendahuluan
b.        Kegiatan Inti
·            Mengamati
·            Menanya
·            Mengumpulkan informasi/mencoba
·            Menalar/mengasosiasi
·            Mengomunikasikan
c.         Kegiatan Penutup

2.         Pertemuan Kedua: (...JP)
a.         Kegiatan Pendahuluan
b.        Kegiatan Inti
·           Mengamati
·           Menanya
·           Mengumpulkan informasi/mencoba
·           Menalar/mengasosiasi
·           Mengomunikasikan
·           (Dapat) dilanjutkan dengan mencipta
c.         Kegiatan Penutup

3.         Pertemuan seterusnya.

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1.         Teknik penilaian
2.         Instrumen penilaian
a.      Pertemuan Pertama
b.      Pertemuan Kedua
c.      Pertemuan seterusnya
3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
      Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.

G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media/alat
2.         Bahan
3.         Sumber Belajar


*)Langkah-langkah kegiatan pembelajaran menyesuaikan sintaks model pembelajaran yang diterapkan.

4.      Langkah-langkah Penyusunan RPP
a.    Mengkaji  silabus  untuk mengetahui pasangan KD-KD yang dibelajarkan dalam 1 (satu) RPP beserta butir-butir materi dan kegiatan pembelajarannya.
b.   Mencantumkan identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu.
c.    Mencantumkan KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 seperti yang tercantum dalam Permendikbud Nomor ... tentang KI-KD Tahun 2016.
d.   Mengidentifikasi dan menuliskan serangkaian kompetensi dasar (KD) yang dapat diambil dari silabus.
e.    Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dengan memperhatikan beberapa ketentuan berikut.
1)   Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan untuk KD dari KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
2)   Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan untuk KD dari KI-3 dan KI-4 pada mata pelajaran SELAIN Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
3)   Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya dua indikator pencapaian kompetensi.
4)   Rumusan indikator pencapaian kompetensi untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4  sekurang-kurangnya mencakup kata kerja operasional (dapat diamati dan diukur).

C.    Lampiran
Lampiran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : … (Misal: SMP Negeri 2 Salatiga)
Mata Pelajaran                        : .... (Misal: Matematika)
Kelas/Semester                        : … (Misal: VIII/Satu)
Alokasi Waktu                        : … (Misal: 3 Pertemuan (7 JP))

A.    Kompetensi Inti

(Tulis keempat KI yang sesuai, yaitu keempat KI kelas VII).

Contoh KI kelas VII:

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  2. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  3. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

(Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD).
KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.

C.    Materi Pembelajaran

(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).

1.      Materi pembelajaran reguler

… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi   sebagaimana dicakup oleh KD).

2.      Materi pembelajaran pengayaan

… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).

3.      Materi pembelajaran remedial

… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).

D. Kegiatan Pembelajaran

(Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT  dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).

1.      Pertemuan Pertama: 2 JP

a.       Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)         Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5)         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….


b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK:

   Mengamati

Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), Menyaksikan video aktifitas jual beli di pasar tradisonal (Matematika)….

Catatan:

Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.

   Menanya

Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA),  aktifitas jual beli di pasar tradisonal (untuk matematika) …

Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan …

   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)

Misal: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (untuk IPS – fenomena gunung meletus), apa yang dinamakan harga beli, harga jual, untung, rugi (untuk matematika). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.


c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
   Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

2.      Pertemuan Kedua: 2 JP

a.       Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)         Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH (LANJUTAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK):

   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)


   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)


·                                    Dst.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

3.      Pertemuan Ketiga: 2 JP

a.       Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)         Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH (DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK):

   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)

·           

   Mencipta

Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); Membuat aturan penentuan harga jual supaya terjadi persaingan sehat di (Matematika)

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
   Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta …
   Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
   Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
   Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
   Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….


E.  Penilaian

1.         Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1). Observasi (jurnal)
2). Penilaian diri
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
4). Portofolio
c. Keterampilan
1). Kinerja
2). Proyek
3). Portofolio

* Catatan: Teknik  penilaian dipilih  satu atau lebih sesuai dengan tuntutan KD.

2.     Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b. Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d. Dst.

3.      Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    pembelajaran ulang
    bimbingan perorangan
    belajar kelompok
    pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

4.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai nara sumber.

G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/alat
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH  cara menuliskan:
a.       Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b.      Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.       Model: Nama model yang dimaksud
d.      Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e.       Realia: Nama benda yang dimaksud

2.      Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

3.      Sumber Belajar
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH  cara menuliskan:
a.       Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
b.      Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
c.       Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d.      Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
e.       Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
f.       Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
g.      Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
h.      Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

Lembar Kegiatan 3.1
Praktik Penyusunan RPP
(4 JP)
A.    Tujuan

Peserta Pelatihan dapat menyusun satu atau dua RPP untuk pembelajaran KD-KD yang dipilihnya.

B.     Petunjuk

1.   Bentuk kelompok dengan anggota 3 - 4 orang untuk menyusun RPP (5 menit).
2.    Pilihlah serangkaian KD untuk disusun RPP-nya (10 menit).
3.    Susunlah sebuah RPP untuk serangkaian KD yang telah dipilih (120 menit) dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai.
a.       Tuliskan identitas RPP yang terdiri atas: sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu.
b.      Salinlah Kompetensi Inti yang sesuai.
c.       Tulislah  KD dari KI-3 dan KI-4 yang dipilih (dan KD dari KI-1 dan KI-2 untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn).
d.      Rumuskan indikator pencapaian kompetensi dari setiap KD.
e.       Tentukan materi pembelajaran yang relevan dengan indikator yang diumuskan (lihat silabus).
f.       Buatlah  rancangan kegiatan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang telah dipilih;
g.      Tentukan teknik, susun instrumen penilaian yang relevan dengan indikator yang telah dirumuskan, dan rancanglah pembelajaran remedial dan pengayaan.
h.      Tentukan media/alat, bahan dan sumber belajar yang diperlukan.
i.        Pajanglah  RPP hasil kelompok di tempat yang disediakan.

  1. Bahan

1.      Permendikbud 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
2.      KI dan KD SMP K13 tahun 2016
3.      Silabus Mata Pelajaran K13 tahun 2016
4.      Buku Siswa dan Buku Guru Kelas VII (Kemdikbud, 2016)
5.      Panduan Penguatan Proses Pembelajaran (Dit. PSMP, 2014)


Lembar Kerja 3.2
Menelaah RPP
(1 JP)
A.    Tujuan

1.      Peserta pelatihan dapat menelaah RPP.
2.       Peserta pelatihan dapat memperbaiki RPP.

B.     Petunjuk

1.      Bekerjalah dalam kelompok yang sama.
2.      Telaah RPP hasil kerja kelompok lain yang dipajang.
3.      Lakukan telaah kelayakan RPP tersebut menggunakan format yang disediakan (20 menit)
4.      Diskusikan dengan pasangan/anggota kelompok lainnya (10 menit).
5.      Sampaikan hasil telaah Anda di depan kelas (10).

  1. Bahan

1.      Permendikbud 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
2.      KI dan KD SMP K13 tahun 2016
3.      Silabus Mata Pelajaran K13 tahun 2016
4.      Buku Siswa dan Buku Guru Kelas VII (Kemdikbud, 2016)
5.      Panduan Pengauatan Proses Pembelajaran (Dit. PSMP, 2014)
FORMAT TELAAH RPP

No.
Komponen
Indikator
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
A.
Identitas Mata Pelajaran/
Tema
1.    Menuliskan nama sekolah.
2.    Menuliskan matapelajaran.
3.    Menuliskan kelas dan semester.
4.    Menuliskan alokasi waktu.

B.
Kompetensi Inti
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar.

C.
Kompetensi Dasar
Menuliskan KD dengan lengkap dan benar.

D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD.
2.   Menggunakan kata kerja opera­sional relevan dengan KD yang dikembangkan.
3.     Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD.

E.
Materi Pembelajaran
1.   Memilih materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan.
2.   Cakupan  materi pembelajaran reguler, remedial, dan pengayaan sesuai dengan tuntutan KD, ketersediaan waktu, dan perkembangan peserta didik.
3.   Kedalaman materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai kemampuan peserta didik.

F.
Kegiatan  Pembelajaran
1.   Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2.     Merancang  kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks pendekatan/ model pembelajaran yang diterapkan.
3.     Merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

G.
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan



Penilaian
1.     Mencantumkan teknik, bentuk, dan instrumen penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan indikator.
2.     Menyusun sampel butir instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
3.     Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen.


Pembelajaran Remedial
1.      Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2.      Menuliskan aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa:
·         pembelajaran ulang,
·         bimbingan perorangan
·         belajar kelompok
·         tutor sebaya



PembelajaranPengayaan
Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

H.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar



Media/alat
1.    Memanfaatkan media/alat sesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.
2.    Memanfaatkan media/alat untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau mpdel memadai.
3.    Memilih media/alat untuk menyampaikan pesan yang menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.


Bahan
1.   Memanfaatkan bahan sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi.
2.      Memanfaatkan bahan untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau mpdel memadai.
3.      Memanfaatkan variasi bahan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.



Sumber Belajar
1.     Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial.
2.     Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Siswa dan Buku Guru).
3.     Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan.
4.     Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar.





Lampiran
Contoh RPP
Description: tudabit-tut-wuri-handayani



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 


Satuan Pendidikan                : SMP/MTs...................................
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : VII (Tujuh)/ I (Satu)
Alokasi Waktu                       : 10 JP (4 kali pertemuan )


A.    Kompetensi Inti
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase,  bruto, neto, tara)

3.11.1    Menentukan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
3.11.2    Mengidentifikasi hubungan nilai keseluruhan, nilai unit, harga jual, dan harga beli
3.11.3    Menghitung untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
3.11.4    Mengidentifikasi hubungan untung, rugi, persentase untung dan rugi
3.11.5    Menentukan besar diskon (rabat, bruto, Neto, dan tara
3.11.6    Mengidentifikasi hubungan diskon, bruto, Neto, dan tara
3.11.7    Menentukan besar bunga tunggal dan pajak

4.11 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase,  bruto, neto, tara)
4.11.1    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
4.11.2   Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
4.11.3   Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan diskon, bruto, Neto, dan tara
4.11.4   Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan tentang bunga tunggal dan pajak


C.      Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran reguler
a.       Nilai suatu barang
b.      Harga penjualan dan  pembelian
c.       Persentase untung dan rugi
d.      Diskon, pajak, bruto, tara, dan Neto
e.       Bunga tunggal
f.       Pajak
2.      Materi pembelajaran pengayaan
a.       Denda
b.      Diskon ganda
3.      Materi pembelajaran remedial
a.       Diskon, pajak
b.      Bunga tunggal





E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik  mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2.    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi aritmetika social seperti bilangan decimal, persen, dengan cara tanya jawab.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menganalisis penjualan, pembelian, serta menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli,   dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk keperluan berbelanja.
4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu megamati tayangan video kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok.
5.    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes

10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan aritmetika sosial secara umum
3.      Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual tentang aktifitas jual beli di pasar tradisonal dan pasar modern
Menanya
4.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan aktivitas jual beli yang ada di tayangan video, yaitu kegiatan mana yang yang termasuk penjualan, pembelian, apa yang dinamakan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli, dan bagaimana menentukan harga jual?
5.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
6.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain seperti di internet untuk mengumpulkan data tentang  apa yang dinamakan harga beli, harga jual. Salah satu anggota kelompok diminta  bertanya ke petugas kantin atau koperasi tentang bagaimana menentukan harga jual
Mengasosiasi
7.      Peserta didik masing-masing kelompok juga membahas dan berdiskusi hasil dari pencarian data di sumberlain dan jawaban pertanyaan dari petugas kantin atau koperasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah dirumuskan. Peserta didik diminta menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli seperti yang tertuang dalam LK.
8.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
9.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
10.    Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk  mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli.
Mengomunikasikan
11.    Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan harga beli, harga jual serta bagaimana menentukan harga jual.
12.    Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
55 menit







Penutup













1.   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, harga beli, bagaimana menentukan harga jual.
2.   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan menunjukkan apa yang tertulis di buku dengan jawaban dari petugas kantin.
3.   Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
4.   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
5.   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu mengerjakan soal PR
6.   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu siswa diminta membaca buku siswa atau sumber lain terkait dengan untung, rugi, diskon, dan persentase
15 menit

PR:
Edwin memiliki satu lusin buku tulis yang akan dijual seluruhnya seharga Rp. 24.000,00 dan ia juga memiliki satu pak pensil yang berisi sepuluh buah dan akan dijual dengan harga Rp. 15.000,00.
a.         Berapa harga satu buah buku tulis?
b.         Berapa harga satu buah pensil?
c.         Berapa harga jika membeli 5 buah buku tulis?
d.         Berapa harga jika membeli 4 buah pensil?
e.         Berapa harga jika membeli 3 buah buku dan 2 buah pensil?


Pertemuan 2 (kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
…………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 3 (ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
…………………………………………………………………………………………………..
Dst.


F.      Penilaian
Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian pengetahuan dan keterampilan.
1.   Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian: Tes
b.    Bentuk Instrumen: Uraian
c.    Kisi-kisi:

No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Skor
1
Menentukan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
5
2
Mengidentifikasi hubungan nilai keseluruhan, nilai unit, harga jual, dan harga beli
1
3
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
1
4
Menghitung untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
4
5
Mengidentifikasi hubungan untung, rugi, persentase untung dan rugi
1
6
Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan untung, rugi, persentase untung dan persentase rugi
1
7
Menentukan besar diskon (rabat), bruto, Neto, dan tara
4
8
Mengidentifikasi hubungan diskon, bruto, Neto, dan tara
1
9
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan diskon, bruto, Neto, dan tara
1
10
Menentukan besar bunga tunggal dan pajak
2
11
Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan tentang bunga tunggal dan pajak
1

Total Skor
22

2.   Keterampilan
a.       Teknik Penilaian: Tes
b.      Bentuk Instrumen: Uraian
c.       Kisi-kisi:
No.
Indikator Pencapaian
Skor
1.
Kemampuan bertanya dan menjawab
1-4
2.
Kemampuan mempresentasikan hasil diskusi kelompok
1-4
3.
Kemampuan memPraktikkan alat peraga atau media yang digunakan dalam pembelajaran
1-4


G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
:
Media audiovisual yang berkaitan dengan aritmetika sosial
2.   Alat dan Bahan
:
Model uang, karton, kemasan/bungkus/kotak dus makanan dan buku tabungan
3.   Sumber Belajar
:
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet


..............................., …………….
Guru Mata Pelajaran Matematika





...................................................










Lembar Kerja (LK) Pertemuan Kesatu

LEMBAR KERJA (LK) 1
Sub Materi Pokok: Nilai Unit, Keseluruhan, Harga Jual dan Beli

Nama Kelompok       : ..........................................    Kelas   : VII ...
Anggota
:

1
..........................................
4
................................



2
..........................................
5
................................


3
..........................................



A.      PETUNJUK UMUM:
1.    Bacalah Lembar Kerja ini dengan seksama, dan tanyakan kepada guru jika ada hal yang kurang dipahami,
2.    Setiap kelompok akan mengerjakan permasalahan yang berkaitan dengan:
a.    Menentukan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
b.    Mengidentifikasi hubungan nilai keseluruhan, nilai unit, harga jual, dan harga beli
c.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan nilai keseluruhan, unit, sebagian, harga jual, dan harga beli

B.       TUGAS/LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:

1.    Amatilah tayangan video tentang aktivitas jual beli di pasar tradisonal dan pasar modern.
a.       Diskusikan dan tuliskan kegiatan mana yang yang termasuk penjualan, pembelian?
b.      Apa yang dinamakan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli?, dan
c.       Bagaimana menentukan harga jual?
2.    Robi membeli tiga kilogram jeruk dengan uang sebesar Rp. 50.000,00, dan memperoleh kembalian sebesar Rp. 5.000,00.
a.    Berapakah harga keseluruhan jeruk yang dibeli Robi?
b.   Berapakah harga satu kilogram jeruk?
c.    Berapakah harga yang harus dibayar jika membeli 2,5 kg?
d.   Berapakah harga jika membeli 6 kg?
e.    Berapakah kilogram jika jika Robi membayar Rp. 60.000,00?
2.    Suatu ketika Ani berbelanja ke beberapa toko.
Toko A menawarkan harga selusin buku seharga Rp. 24.000,00
Toko B menawarkan harga dua losin buku dengan model yang sama dengan toko A Rp. 44.000,00
Toko C menawarkan buku yang sama dengan kedua toko tersebut dengan harga satuan Rp. 2.250,00.
Untuk membantu Ani, manakah toko yang menawarkan harga buku yang paling murah? Coba jelaskan
3.         Jika pembelian satu lusin buku tulis seharga Rp. 48.000,00, tentukan harga untuk pembelian berikut ini:
a.         5 buah buku tulis
b.        15 buah buku tulis
c.         30 buah buku tulis
d.        Berapa harga beli untuk perbukunya
e.         Berapa harga jual untuk 20 buah buku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar