4. Muatan
Matematika Wajib
Tingkat
Kompe-
tensi
|
Tingkat
Kelas
|
Kompetensi
|
Ruang
Lingkup Materi
|
|
5
|
X-XI
|
- Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitis, kreatif, cermat dan
teliti,
bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah
- Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan
pada matematika
- Memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, serta sikap kritis yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
- Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif, dan menghargai karya teman dalam interaksi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
- Memiliki kemampuan
mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas dan efektif
-Menjelaskan pola dan
menggunakannya untuk melakukan prediksi dan kecenderungan jangka panjang;
menggunakannya untuk memprediksi kecenderungan (trend) atau memeriksa
kesahihan argumen
- Mengutarakan dan menggali
sifat-sifat fungsi pangkat dan logaritma, dengan memanfaatkan hubungan saling
inverse keduanya
- Mengenal dan menggunakan
sifat-sifat aljabar dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan dan
pertidaksamaan, dibantu dengan teknik geometri, dan memberikan tafsiran
geometrinya
- Memahami dan menggunakan konsep
operasi aljabar fungsi termasuk komposisi
|
- Bilangan Real
- Aljabar
- Geometri dan Transformasi
- Dasar-dasar Trigonometri
- Limit fungsi Aljabar
- Matriks
- Kombinatorika
- Statistika dan Peluang
- Turunan Fungsi Aljabar
- Program Linear
|
|
|
|
- Menggunakan sifat-sifat
transformasi untuk menyelidiki kesebangunan dan kekongruenan dan menggunakannya
untuk memahami perbandingan trigonometri
- Memanfaatkan pendekatan koordinat
dalam menyelesaikan masalah geometri (dan juga aljabar pada umumnya)
- Menggunakan konsep limit untuk
memahami kecenderungan fungsi dan menghampiri fungsi
- Menggunakan konsep turunan untuk
memahami kecenderungan dalam laju perubahan serta menggunakannya dalam
pemodelan
- Memberi estimasi dengan menggunakan
perhitungan mental dan sifat-sifat aljabar dan data statistik
- Pemanfaatan rasio dan proporsi
dalam menyederhanakan (scaling) masalah, mengestimasi dan menghitung
perubahan rasio (turunan)
- Membandingkan dan menilai
keefektifan berbagai metoda penyajian data
- Memahami dan menggunakan berbagai
teknik menghitung, dengan prinsip perkalian sebagai prinsip perkalian sentral
- Memahami konsep peluang yang
didasarkan frekuensi relatif; memanfaatkan teknik kombinatorika dalam
menentukan peluang
- Menentukan strategi penyelesaian
masalah yang efektif, mengevaluasi hasil, dan melakukan perumuman
|
|
|
6
|
XII
|
- Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitis, kreatif, cermat dan
teliti,
bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah
- Memiliki rasa ingin tahu, percaya
diri, dan ketertarikan pada matematika
- Memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, serta sikap kritis yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
- Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif, dan menghargai karya teman dalam interaksi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
- Memiliki kemampuan mengkomunikasikan
gagasan matematika dengan jelas dan efektif
- Menggunakan pola untuk menjelaskan
kecenderungan jangka panjang dan menggunakannya dalam konteks dunia nyata,
dan memanfaatkannya dalam pemecahan masalah atau berargumentasi
- Memahami konsep matriks dan operasinya dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
- Menganalisis sifat-sifat sederhana
dari bangun ruang seperti diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang
diagonal
- Menggunakan konsep integral untuk
memahami masalah akumulasi dan menghampirinya, dengan penerapan misalnya pada
masalah luas dan volume
- Menggunakan hubungan turunan dan integral
|
- Bilangan Real
- Aljabar
- Geometri Ruang
- Bunga majemuk, Angsuran, Anuitas
- Pertumbuhan, dan Peluruhan
- Matriks dan Vektor
- Induksi matematika
- Integral
- Logika
|
|
|
|
- Memberi estimasi dengan menggunakan
perhitungan mental dan sifat-sifat aljabar, visualisasi geometris dan data
statistik
- Pemanfaatan rasio dan proporsi
untuk menyederhanakan kompleksitas perhitungan, dan mengestimasi
- Mengevaluasi penyajian data dengan
cara membandingkan penyajian data, statistik, dan data aktual
- Menentukan strategi penyelesaian
masalah yang efektif, mengevaluasi hasil, dan melakukan perumuman
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar