Rabu, 15 Juli 2020

SILABUS MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XII


SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ............ JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU            : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10  x 180 menit)

KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan menentukan limit fungsi trigonometri
4.1 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
3.2 Menjelaskan dan menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
4.2 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
3.3 Menggunakan prinsip turunan ke fungsi Trigonometri sederhana
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri

KOMPETENSI DASAR
3.4 Menjelaskan keberkaitan turunan pertama dan kedua fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, selang kemonotonan fungsi, kemiringan garis singgung serta titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum, nilai minimum, selang kemonotonan fungsi, dan kemiringan garis singgung serta titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri
3.5 Menjelaskan dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial
3.5 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
3.6 Menjelaskan karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi normal dan penarikan kesimpulannya


SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ....... JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : XII / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU             : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10  x 180 menit)

Kompetensi Inti:
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Menjelaskan dan menentukan  limit fungsi trigonometri

4.1  Menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
Limit fungsi Trigonometri
·         Mencermati gambar yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri.
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri.
·         Menerapkan limit fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah.
·         Mempresentasikan gambar yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
·                  Mempresentasikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
·         Mempresentasikan penerapan limit fungsi trigonometridalam pemecahan masalah.
3.2   Menjelaskan dan menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

4.2   Menyelesaikan masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

Limit fungsi trigonometri
·        Mencermati pengertian yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri dan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar.
·        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit di ketakhinggaan fungsi trigonometri dan fungsi aljabar.
·         Menggunakan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah
·         Menyajikan penyelesaian masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
3.3 Menjelaskan asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan asimtot (datar dan tegak) fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
·  Asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar
·   Asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi trigonometri
·         Mencermati gambar yang berkaitan dengan limit fungsi trigonometri dan limit fungsi aljabar menuju tak hingga secara geometri.
·         Mengilustrasikan dengan gambar konsep limit fungsi trigonometri dan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar secara geometri
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan asimtot kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan asimtot kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

3.4 Menjelaskan turunan fungsi trigonometri

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
·  Turunan fungsi trigonometri
·        Mencermati konsep turunan fungsi trigonometri dan sifat-sifatnya.
·        Menentukan turunan fungsi trigonometri dengan menggunakan sifat-sifatnya
·        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
·        Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
3.5 Menjelaskan keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri
·      Nilai maksimum fungsi tigonometri
·      Nilai minimum fungsi trigonomerti
·      Selang kemonotonan fungsi trigonometri
·      Kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri
·        Mencermati keterkaitan  turunan fungsi trigonometri dengan nilai maksimum dan minimum.
·        Menentukan titik stationer,selang kemonotonan dan garis singgung kurva fungsi trigonometri.
·         Mempresentasikan cara mencari turunan fungsi trigonometri
·         Mempresentasikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri

3.6 Menjelaskan keberkaitan turunan kedua suatu fungsi dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi  trigonometri

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi  trigonometri
Diferensial lanjut
·         Mencermati penerapan turunan kedua  fungsi trigonometri dalam pemecahan masalah,
·         Mencermati konstruksi turunan kedua  fungsi trigonometri, 
·         Mempresentasikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan turunan kedua fungsi trigonometri.


3.7     Menjelaskan dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial

4.7     Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya

Statistik inferensial
·         Mencermati konsep variabel acak.
·         Mencermati konsep dan sifat fungsi distribusi binomial.
·         Melakukan penarikan kesimpulan melalui uji hipotesis dari suatu masalah nya yang terkait dengan distribusi peluang binomial
·         Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
·         Menyajikan penyelesaian masalah berkaitan dengan  distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
3.8     Menjelaskan karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal

4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
Data berdistribusi normal
·         Mencermati pemahaman kurva normal
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
·         Mempresentasikan penarikan kesimpulan melalui uji hipotesis untuk permasalahan yang berkaitan dengan distribusi normal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar