Rabu, 15 Juli 2020

SILABUS MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X


SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ......... JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU            : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180 menit)

17. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMA/MA (PEMINATAN)
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga


SILABUS
SEKOLAH                        : SMAN ..... JAKARTA
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA PEMINATAN
KELAS/SEMESTER         : X / GANJIL + GENAP
ALOKASI WAKTU            : 45 MENIT x 3 JAM PELAJARAN (16/10 x 180 menit)

Kompetnsi inti
KI-1 dan KI-2:       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3:                         Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:                          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1.  Mendeskripsikandanmenentukanpenyelesaianfungsieksponensialdanfungsilogaritmamenggunakanmasalahkontekstual, sertakeberkaitanannya
Fungsi Eksponensial dan Logaritma

·   Mencermati pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata  dari berbagai sumber belajar.
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma
4.1.  Menyajikandanmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsieksponensialdanfungsilogaritma
3.2.  Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vector dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
·   Skalar dan vektor serta operasi aljabar vektor
·   Sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga; segi empat dan lingkaran; dalil titik tengah dan dalil intersep pada segitiga, dalil segmen garis
·   Mencermati deskripsi konsep skalar dan vektor, penggunaan skalar dan vektor untuk membuktikan berbagai sifat yang terkait dengan jarak dan sudut
·   Mencermati penyelesaian masalah yang berkaitan dengan skalar dan vektor
·   Mencermati sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga
·   Mencermati sifat segi empat dan lingkaran
·   Menggunakan dalil titik tengah dan dalil intersept pada segitiga untuk menyelesaikan masalah geometri
·   Menggunakan dalil segmen garis untuk menyelesaikan masalah geometri
·   Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganvektor, operasivektor,  panjangvektor, sudutantarvektordalamruangberdimensidua (bidang) danberdimensitiga
·   Menyajikan penyelesaianmasalah yang berkaitandenganvektor, operasivektor,  panjang vektor, sudut antar vector dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
4.2.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar