Kamis, 22 Februari 2024

CP dan ATP MATEMATIKA WAJIB Kelas 10 SMA

 

Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika untuk Fase E atau kelas 10 SMA

 

No.

Elemen Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

1

Bilangan

Di akhir fase E, peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal dan bunga majemuk.

 

 

Menyatakan perkalian bilangan bulat berulang sebagai bilangan berpangkat

Menggeneralisasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan)

Menerapkan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan) untuk menyederhanakan bentuk matematis

Menjelaskan pola dari suatu bilangan

Menjelaskan pengertian barisan aritmetika

Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan aritmetika

Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan aritmetika

Menjelaskan pengertian deret aritmetika

Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika

Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret aritmetika.

Menjelaskan pengertian barisan geometri

Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan geometri

Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan geometri

Menjelaskan pengertian deret geometri

Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret geometri

Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret geometri.

Menyelesaiakan masalah bunga tunggal menggunakan konsep barisan  dan deret aritmetika

Menyelesaiakan masalah bunga majemuk menggunakan konsep barisan  dan deret geometri

2

Aljabar

Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial.

Menjelaskan konsep sistem persamaan linear tiga variabel

Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear tiga variabel

Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan masalah

Menjelaskan konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Menggunakan sistem pertidaksamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan masalah

Mendefinisikan persamaan kuadrat

Menentukan akar-akar persamaan kuadrat

Mengelompokkan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berdasarkan nilai diskriminan

Menjelaskan fungsi kuadrat

Membuat grafik fungsi kuadrat

Menentukan rumus fungsi kuadrat berdasarkan grafik yang diketahui

Menjelaskan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial

Menjelaskan sifat-sifat persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial

Menggunakan sifat-sifat persamaan eksponensial (berbasis sama) dalam menyelesaikan masalah

3

Geometri

Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya.

Menentukan panjang sisi-sisi pada suatu segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema pythagoras

Menentukan sisi depan, sisi samping dan sisi miring untuk suatu sudut lancip (α) pada suatu segitiga siku-siku

Menjelaskan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri dengan mengukur tinggi sebuah menara

4

Analisa Data dan Peluang

Di akhir fase E, peserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil. Mereka dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and-whisker plot) dan menggunakannya untuk membandingkan himpunan data. Mereka dapat menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan. Mereka dapat menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu). Mereka dapat mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data.

Peserta didik dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk. Mereka menyelidiki konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas, dan menentukan peluangnya.

Menjelaskan kuartil pertama (Q1), kuartil kedua (Q2) dan kuartil ketiga (Q3)

Menentukan kuartil pertama (Q1), kuartil kedua (Q2) dan kuartil ketiga (Q3)

Menjelaskan jangkauan kuartil dan interkuartil

Menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil

Menjelaskan box plot (box-and-whisker plot)histogram dan dot plot

Membuat box plot (box-and-whisker plot), histogram dan dot plot dari suatu data

Menggunakan box plot (box-and-whisker plot) untuk membandingkan himpunan data.

Menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan

Menjelaskan diagram pancar

Membuat diagram pancar

Menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu)

Mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data.

Menjelaskan peluang kejadian majemuk

Menentukan peluang kejadian majemuk

Menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk

Menjelaskan peluang kejadian saling bebas dan saling lepas

Menentukan peluang kejadian saling bebas dan saling lepas

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar