AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMAN ... JAKARTA
PENGAJUAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMAN ... JAKARTA
Jakarta, 16 November 2024 Mengetahui, Kepala SMAN ... Jakarta Kepala Perpustakaan SMAN ...
|
KOMPONEN, INDIKATOR KUNCI , SKOR, DAN BOBOT PENILAIAN
AKREDITASI PERPUSTAKAAN SMA/SMK/MA
NO |
KOMPONEN |
JUMLAH INDIKATOR KUNCI |
SKOR MAKSIMUM |
BOBOT |
1 |
Koleksi Perpustakaan |
13 |
65 |
15 |
2 |
Sarana dan Prasarana Perpustakaan |
13 |
65 |
10 |
3 |
Pelayanan Perpustakaan |
14 |
70 |
20 |
4 |
Tenaga Perpustakaan |
8 |
40 |
15 |
5 |
Penyelenggara Perpustakaan |
4 |
20 |
10 |
6 |
Pengelolaan Perpustakaan |
9 |
45 |
15 |
|
KOMPONEN PENDUKUNG |
|
|
|
7 |
Inovasi dan Kreativitas |
5 |
25 |
5 |
8 |
Tingkat Kegemaran Membaca |
4 |
20 |
5 |
9 |
Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat |
4 |
20 |
5 |
|
JUMLAH |
74 |
370 |
100 |
1. Komponen Koleksi Perpustakaan
Koleksi Perpustakaan |
Total IK: 13 Total skor maksimum: 65 |
Bobot: 15 |
|||
No |
Aspek Koleksi Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
1.1 |
Pengembangan Koleksi |
|
|
||
1.1.1 |
Kebijakan Pengembangan Koleksi |
|
|
||
|
1 |
Kebijakan Pengembangan Koleksi tertulis yang disahkan oleh pihak yang berwenang mencakup: 1) Kriteria seleksi bahan perpustakaan, 2) Jenis dan jumlah koleksi yang harus dimiliki, 3) Kebijakan tentang koleksi khusus dan penambahan koleksi, 4) Metode perolehan dan peruntukkan koleksi, 5) Evaluasi koleksi dan penyiangan, 6) Sistem pemeliharaan dan pengendalian koleksi, 7) Aspek lain terkait |
a. Lebih dari 5 aspek b. 5 aspek c. 4 aspek d. 3 aspek e. Kurang dari 3 aspek |
A |
|
1.1.2 |
Seleksi Bahan Perpustakaan |
|
|
||
|
2 |
Jumlah kegiatan survei kebutuhan pemustaka yang dilakukan oleh perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 4 kali b. 4 kali c. 3 kali d. 2 kali e. Kurang dari 2 kal |
A |
|
1.1.3 |
Jenis dan Jumlah Koleksi |
|
|
||
|
3 |
Jumlah koleksi buku tercetak (buku teks, buku pengayaan, dan buku referensi), pilih pernyataan berikut : |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 1.999 judul b. 1.500 – 1.999 judul c. 1.000 – 1.499 judul d. 500 – 999 judul e. Kurang dari 500 judul |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 2.499 judul b. 2.000 – 2.499 judul c. 1.500 – 1.999 judul d. 1.000 – 1.499 judul e. Kurang dari 1.000 judul |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 12 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 2.999 judul b. 2.500 – 2.999 judul c. 2.000 – 2.499 judul d. 1.500 – 1.999 judul e. Kurang dari 1.500 judul |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 atau lebih rombongan belajar |
a. Lebih dari 3.499 judul b. 3.000 – 3.499 judul c. 2.500 – 2.999 judul d. 2.000 – 2.499 judul e. Kurang dari 2.000 judul |
|
|
|
4 |
Jenis koleksi referensi yang dimiliki (kamus, ensiklopedia, bibliografi, katalog, indeks, direktori, handbook/manual, statistik, atlas, globe, dll.) |
a. Lebih dari 8 jenis b. 7 – 8 jenis c. 5 – 6 jenis d. 3 – 4 jenis e. Kurang dari 3 jenis |
A |
|
|
5 |
Jumlah terbitan berkala (koran, tabloid, majalah, dan lain-lain) yang dilanggan atau diterima secara rutin. |
a. Lebih dari 4 judul b. 4 judul c. 3 judul d. 2 judul e. Kurang dari 2 judul |
A |
|
|
6 |
Koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik (Kliping, karya tulis, kumpulan foto, dan lain-lain) yang dimiliki. |
a. Lebih dari 399 judul b. 300 – 399 judul c. 200 – 299 judul d. 100 – 199 judul e. Kurang dari 100 judul |
A |
|
|
7 |
Persentase jumlah penambahan koleksi rerata per tahun (dalam judul) dalam 3 (tiga) tahun terakhir jika: |
|
|
|
|
|
Koleksi 1000 – 1.500 judul |
a. Lebih dari 15 % b. 13 – 15% c. 10 – 12% d. 7 – 9 % e. Kurang dari 7 % |
|
|
|
|
Koleksi 1.501 – 2.000 judul |
a. Lebih dari 14 % b. 12 – 14 % c. 8 – 10 % d. 5 – 7 % e. Kurang dari 5 % |
|
|
|
|
Koleksi 2.001 judul atau lebih |
a. Lebih dari 11 % b. 9 – 11 % c. 6 – 8 % d. 3 – 5 % e. Kurang dari 3 % |
A |
|
1.1.4 |
Koleksi Sumber Informasi Bahan Elektronik |
|
|
||
|
8 |
Jumlah koleksi buku elektronik yang dimiliki perpustakaan |
a. Lebih dari 349 judul b. 250 – 349 judul c. 150 – 249 judul d. 50 – 149 judul e. Kurang dari 50 judul |
A |
|
1.2 |
Pengorganisasian Koleksi Perpustakaan |
|
|
||
|
9 |
Jenis kebijakan tertulis dalam pengorganisasian koleksi Perpustakaan yang dimiliki: 1) Pedoman pengolahan 2) SOP Pengolahan 3) Alur kerja pengolahan 4) Form/worksheet yang dimiliki 5) Manual sistem pengatalogan |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
|
10 |
Penerapan standar/pedoman dalam pengorganisasian koleksi; (1) Deskripsi Bibliografi, (2) Klasifikasi, (3) Tajuk Subjek. Jenis koleksi perpustakaan: 1) Monograf 2) Serial 3) Kartografi 4) Audio Visual 5) Sumber bahan elektronik 6) Braille 7) Literature kelabu 8) Alat Permainan Edukatif (APE) |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
1.3 |
Pelestarian Koleksi |
|
|
||
|
11 |
Cacah ulang (stock opname) koleksi perpustakaan dilakukan secara reguler |
a. 1 tahun sekali b. 2 tahun sekali c. 3 tahun sekali d. 4 tahun sekali e. Lebih dari 4 tahun sekali |
A |
|
|
12 |
Penyiangan (weeding) koleksi perpustakaan |
a. 1 tahun sekali b. 2 tahun sekali c. 3 tahun sekali d. 4 tahun sekali e. Lebih dari 4 tahun sekali |
A |
|
|
13 |
Kegiatan pelestarian (perawatan dan perbaikan kerusakan) koleksi secara preventif dan kuratif seperti: 1) Pengaturan lingkungan meliputi: pencahayaan, kebersihan, kelembaban 2) Perbaikan koleksi rusak (perbaikan menambal, menjilid kembali) 3) Pelestarian koleksi dan isi antara lain: meletakkan kapur barus, silica gel, dan alih media 4) Penyampulan buku 5) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 4 kegiatan b. 4 kegiatan c. 3 kegiatan d. 2 kegiatan e. Kurang dari 2 kegiatan |
A |
|
|
|
Skor Komponen 1 |
65 |
|
|
|
|
Nilai Komponen 1 |
|
|
2. Komponen Sarana dan Prasarana Perpustakaan
Sarana dan Prasarana Perpustakaan |
Total IK: 13 Total skor maksimum: 65 |
Bobot: 10 |
|||
No |
Aspek Sarana dan Prasarana Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
2.1 |
Gedung/Ruang |
|
|
||
|
1 |
Luas gedung/ruang perpustakaan yang dimiliki dan/atau diperuntukkan: |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 143 m2 b. 108 – 143 m2 c. 72 – 107 m2 d. 36 – 71 m2 e. Kurang dari 36 m2 |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 215 m2 b. 180 – 215 m2 c. 144 – 179 m2 d. 108 – 143 m2 e. Kurang dari 108 m2 |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 287 m2 b. 252 – 287 m2 c. 216 – 251 m2 d. 181 – 215 m2 e. Kurang dari 181 m2 |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 rombongan belajar atau lebih |
a. Lebih dari 359 m2 b. 324 – 359 m2 c. 288 – 323 m2 d. 263 – 287 m2 e. Kurang dari 253 m2 |
|
|
|
2 |
Status kepemilikan dan desain gedung/ruang perpustakaan 1) Gedung milik sendiri/ lembaga induk 2) Terpisah dari ruang kelas 3) Desain gedung khusus 4) Dialokasikan untuk perpustakaan 5) Desain ruang khusus 6) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 4 kriteria b. 4 kriteria c. 3 kriteria d. 2 kriteria e. Kurang dari 2 kriteria |
A |
|
2.2 |
Sarana / Fasilitas Fisik Perpustakaan |
|
|
||
2.2.1 |
Perlengkapan Penyimpanan Koleksi |
|
|
||
|
3 |
Rak buku tercetak (termasuk koleksi referensi) pilih salah satu sesuai jumlah koleksi yang dimiliki |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 8 unit b. 7 – 8 unit c. 5 – 6 unit d. 3 – 4 unit e. Kurang dari 3 unit |
|
|
|
|
Sekolah memiliki7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 10 unit b. 9 – 10 unit c. 7 – 8 unit d. 5 – 6 unit e. Kurang dari 5 unit |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 11 unit b. 10 – 11 unit c. 9 – 10 unit d. 7 – 8 unit e. Kurang dari 7 unit |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 atau lebih rombongan belajar |
a. Lebih dari 13 unit b. 12 – 13 unit c. 10 – 11 unit d. 8 – 9 unit e. Kurang dari 8 unit |
|
|
|
4 |
Rak terbitan berkala (rak surat kabar, rak majalah dan lain-lain) |
a. Lebih dari 3 unit b. 3 unit c. 2 unit d. 1 unit e. Tidak memiliki |
A |
|
|
5 |
Rak display koleksi buku baru |
a. Lebih dari 3 unit b. 3 unit c. 2 unit d. 1 unit e. Tidak memiliki |
A |
|
2.2.2 |
Peralatan Multimedia |
|
|
||
|
6 |
Peralatan multimedia yang dimiliki: 1) Komputer yang terhubung internet 2) LCD 3) Scanner 4) Printer 5) Televisi 6) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
2.2.3 |
Perlengkapan Layanan Perpustakaan |
|
|
||
|
7 |
Jumlah meia dan kursi baca (standar 1 meia memuat 4 kursi) |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 8 set b. 7 – 8 set c. 5 – 6 set d. 3 – 4 set e. Kurang dari 3 set |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 10 set b. 9 – 10 set c. 7 – 8 set d. 5 – 6 set e. Kurang dari 5 set |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 12 set b. 11 – 12 set c. 9 – 10 set d. 7 – 8 set e. Kurang dari 7 set |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 atau lebih rombongan belajar |
a. Lebih dari 14 set b. 13 – 13 set c. 11 – 12 set d. 9 – 10 set e. Kurang dari 9 set |
|
|
|
8 |
Jumlah papan pengumuman (konvensional dan elektronik /digital) |
a. Lebih dari 3 buah b. 3 buah c. 2 buah d. 1 buah e. Tidak ada |
A |
|
2.2.4 |
Perlengkapan Teknologi Informasi dan Komunikasi |
|
|
||
|
9 |
Persentase jumlah perangkat komputer untuk kegiatan pengelolaan terhadap jumlah tenaga perpustakaan |
a. Lebih dari 89 % b. 70 – 89 % c. 50 – 69 % d. 30 – 49 % e. Kurang dari 30 % |
A |
|
|
10 |
Jumlah perangkat komputer untuk pemustaka |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 5 unit b. 4 – 5 unit c. 2 – 3 unit d. 1 unit e. Tidak ada |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 7 unit b. 6 – 7 unit c. 4 – 5 unit d. 2 – 3 unit e. Kurang dari 2 unit |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 9 unit b. 8 – 9 unit c. 6 – 7 unit d. 4 – 5 unit e. Kurang dari 4 unit |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 rombongan belajar atau lebih |
a. Lebih dari 11 unit b. 10 – 11 unit c. 8 – 9 unit d. 6 – 7 unit e. Kurang dari 6 unit |
|
|
|
11 |
Kapasitas kecepatan akses internet (bandwidth) di perpustakaan |
a. Lebih dari 89 MBps b. 60 – 89 MBps c. 30 – 59 MBps d. 10 – 29 MBps e. Kurang dari 10 MBp |
A |
|
2.2.5 |
Sarana Keamanan Gedung dan Koleksi Perpustakaan |
|
|
||
|
12 |
Jenis sarana keamanan gedung dan fasilitas perpustakaan; 1) CCTV, 2) Pintu detektor, 3) Tempat penitipan barang/ loker), 4) Pintu darurat, 5) Alarm tanda bahaya, 6) Alat pemadam api 7) Tenaga sekuriti |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
2.2.6 |
Rambu-rambu Perpustakaan |
|
|
||
|
13 |
Rambu-rambu yang tersedia di perpustakaan: 1) Papan nama perpustakaan 2) Petunjuk arah 3) Denah ruang perpustakaan 4) Papan nama ruang 5) Direktori ruangan perpustakaan tercetak/ elektronik 6) Tata tertib 7) Rambu mitigasi bencana |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
|
|
Skor Komponen 2 |
65 |
|
|
|
|
Nilai Komponen 2 |
|
|
3. Komponen Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan Perpustakaan |
Total IK: 14 Total skor maksimum: 70 |
Bobot: 20 |
|||
No |
Aspek Pelayanan Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
3.1 |
Jenis pelayanan |
|
|
||
|
1 |
Jenis layanan perpustakaan: 1) Layanan baca di tempat 2) Layanan sirkulasi 3) Layanan referensi 4) Layanan penelusuran informasi 5) Layanan bimbingan literasi informasi 6) Layanan penyediaan dokumen 7) Layanan silang layan 8) Layanan ekstensi |
a. Lebih dari 5 jenis b. 5 jenis c. 4 jenis d. 3 jenis e. Kurang dari 3 jenis |
A |
|
|
2 |
Jenis layanan referensi yang disediakan: 1) Layanan meja informasi (reference desk) 2) Layanan bimbingan penggunaan koleksi referensi 3) Layanan penelusuran 4) Layanan konsultasi 5) Layanan kesiagaan informasi (current information services) 6) Layanan umum terkait perpustakaan dan sumber informasi (dan lainnya) |
a. Lebih dari 5 jenis b. 5 jenis c. 4 jenis d. 3 jenis e. Kurang dari 3 jenis |
A |
|
|
3 |
Kegiatan peningkatan layanan perpustakaan: 1) Survei kebutuhan layanan pemustaka 2) Survei kepuasan pemustaka 3) Diversifikasi layanan 4) Pelibatan siswa dalam layanan 5) Layanan ekstensi |
a. Lebih dari 3 kegiatan b. 3 kegiatan c. 2 kegiatan d. 1 kegiatan e. Tidak ada kegiatan |
A |
|
3.2 |
Jam Buka |
|
|
||
|
4 |
Jam buka perpustakaan per minggu |
a. Lebih dari 44 jam b. 43 - 44 jam c. 40 - 42 jam d. 37 - 39 jam e. Kurang dari 37 jam |
A |
|
3.3 |
Sistem Pelayanan dan Akses Informasi |
|
|
||
|
5 |
Sistem layanan peminjaman dan pengembalian koleksi (sirkulasi) |
a. Otomasi penuh/terintegrasi berbasis internet b. Otomasi penuh / terintegrasi berbasis LAN c. Semi otomasi (stand alone) d. Manual dengan menggunakan sistem kartu e. Manual dengan sistem buku besar |
A |
|
|
6 |
Sistem akses informasi ke koleksi |
a. OPAC berbasis internet b. OPAC berbasis LAN c. Otomasi (stand alone) d. Katalog kartu/buku e. Tidak ada katalog |
A |
|
|
7 |
Fitur website perpustakaan: 1) Profil perpustakaan 2) OPAC 3) Informasi layanan perpustakaan 4) Kontak perpustakaan 5) Link ke database online 6) Media sosial 7) FAQ (frequently asked question) |
a. Lebih dari 5 jenis b. 5 jenis c. 4 jenis d. 3 jenis e. Kurang dari 3 jenis |
A |
|
3.4 |
Keanggotaan |
|
|
||
|
8 |
Prosedur keanggotaan perpustakaan |
a. Registrasi online (terintegrasi dengan kartu siswa atau kartu pegawai) b. Registrasi online c. Registrasi onsite dengan menggunakan komputer d. Registrasi dengan system konvensional e. Tidak memiliki prosedur baku |
A |
|
3.5 |
Jumlah Pengunjung dan Buku yang Dipinjam |
|
|
||
|
9 |
Jumlah rerata pengunjung perpustakaan melalui onsite per bulan dalam 1 (satu) tahun |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 999 orang b. 900 – 999 orang c. 800 – 899 orang d. 700 – 799 orang e. Kurang dari 700 orang |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan |
a. Lebih dari 1.299 orang b. 1.200 – 1.299 orang c. 1.100 – 1.199 orang d. 1.000 – 1.099 orang e. Kurang dari 1.000 orang |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar
|
a. Lebih dari 1.199 orang b. 1.100 – 1.199 orang c. 1.000 – 1.099 orang d. 900 – 999 orang e. Kurang dari 900 orang |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 rombongan belajar atau lebih |
a. Lebih dari 1.299 orang b. 1.200 – 1.299 orang c. 1.100 – 1.199 orang d. 1.000 – 1.099 orang e. Kurang dari 1.000 orang |
|
|
|
10 |
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang berkunjung (onsite) ke perpustakaan rerata per bulan dalam 1 (satu) tahun |
a. Lebih dari 99 orang b. 90 – 99 orang c. 80 – 89 orang d. 70 – 79 orang e. Kurang dari 70 orang |
A |
|
|
11 |
Jumlah rerata pengunjung perpustakaan melalui online per bulan dalam 1 (satu) tahun |
|
|
|
|
|
Sekolah memiliki 3 – 6 rombongan belajar |
a. Lebih dari 1.199 orang b. 1.100 – 1.199 orang c. 1.000 – 1.099 orang d. 900 – 999 orang e. Kurang dari 900 orang |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 7 – 12 rombongan belajar |
a. Lebih dari 1.299 orang b. 1.200 – 1.299 orang c. 1.100 – 1.199 orang d. 1.000 – 1.099 orang e. Kurang dari 1.000 orang |
|
|
|
|
Sekolah memiliki 13 – 18 rombongan belajar |
a. Lebih dari 1.399 orang b. 1.300 – 1.399 orang c. 1.200 – 1.299 orang d. 1.100 – 1.199 orang e. Kurang dari 1.100 orang |
A |
|
|
|
Sekolah memiliki 19 rombongan belajar atau lebih |
a. Lebih dari 1.499 orang b. 1.400 – 1.499 orang c. 1.300 – 1.399 orang d. 1.200 – 1.299 orang e. Kurang dari 1.200 orang |
|
|
3.6 |
Promosi |
|
|
||
|
12 |
Jenis kegiatan promosi yang dilaksanakan per tahun: 1) Papan pengumuman 2) Penyebaran daftar buku terbaru 3) Brosur 4) Banner 5) Poster 6) Seminar/ workshop, 7) Penyuluhan/orientasi, 8) Lomba, 9) Pameran, 10) Penyiaran, 11) Jumpa pengarang/penulis 12) Media Sosial 13) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 6 jenis b. 6 jenis c. 5 jenis d. 4 jenis e. Kurang dari 4 jenis |
A |
|
|
13 |
Jumlah kegiatan promosi perpustakaan per tahun |
a. Lebih dari 9 Kali b. 9 kali c. 8 kali d. 7 kali e. Kurang dari 7 kali |
A |
|
3.7 |
Literasi Informasi |
|
|
||
|
14 |
Peran perpustakaan dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi: 1) Menyediakan aplikasi pengontrol plagiarisme; 2) Memberi materi tentang pencegahan plagiarisme; 3) Melakukan bimbingan strategi penelusuran informasi 4) Melakukan bimbingan seleksi informasi terpercaya dan valid 5) Melakukan bimbingan penggunaan informasi dalam membuat karya (membuat kutipan dan daftar pustaka) 6) Bimbingan menulis artikel popular 7) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 4 cara b. 4 cara c. 3 cara d. 2 cara e. Kurang dari 2 cara |
A |
|
|
|
Skor Komponen 3 |
|
70 |
|
|
|
Nilai Komponen 3 |
|
|
|
4. Komponen Tenaga Perpustakaan
Tenaga Perpustakaan |
Total IK: 8 Total skor maksimum: 40 |
Bobot: 15 |
|||
No |
Aspek Tenaga Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
4.1 |
Kepala Perpustakaan |
|
|
||
|
1 |
Kualifikasi pendidikan kepala perpustakaan |
a. S1 ilmu perpustakaan atau lebih tinggi b. D3 ilmu perpustakaan atau S1 bidang lain atau lebih tinggi dengan sertifikat diklat bidang perpustakaan c. D2 ilmu perpustakaan d. D3 atau S1 bidang lain tanpa sertifikat diklat perpustakaan e. D2 bidang lain atau lebih rendah |
|
|
|
2 |
Status kepala perpustakaan |
a. Fungsional pustakawan / profesional dengan pendidikan bidang perpustakaan b. Fungsional Pustakawan / profesional dengan pendidikan bidang lain c. Fungsional lainnya dengan diklat/bimtek bidang perpustakaan d. Fungsional lain tanpa diklat bidang perpustakaan e. Tenaga administrasi |
C |
|
|
3 |
Jumlah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepala perpustakaan di bidang perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir (seminar, bimtek, workshop, konferensi, magang di bidang kepustakawanan) |
a. Lebih dari 7 kegiatan b. 7 kegiatan c. 6 kegiatan d. 5 kegiatan e. Kurang dari 5 kegiatan |
A |
|
4.2 |
Tenaga Perpustakaan |
|
|
||
4.2.1 |
Pustakawan |
|
|
||
|
4 |
Jumlah pustakawan (fungsional/profesional) |
a. Lebih dari 2 orang b. 2 orang c. 1 orang d. 1 orang dalam proses Pendidikan atau pengusulan e. Tidak ada |
A |
|
4.2.2 |
Tenaga Teknis |
|
|
||
|
5 |
Jumlah tenaga teknis |
a. Lebih dari 4 orang b. 4 orang c. 3 orang d. 2 orang e. Kurang dari 2 orang |
A |
|
|
6 |
Tenaga Teknis bidang TIK, minimal D2 |
a. 1 orang tenaga tetap di perpustakaan b. 2 orang bergabung dengan unit lain c. 1 orang bergabung dengan unit lain d. 1 orang latar belakang non IT e. Tidak ada |
A |
|
4.3 |
Pengembangan Kompetensi |
|
|
||
|
7 |
Jumlah rerata keikutsertaan tenaga perpustakaan dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di bidang perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 7 kali b. 7 kali c. 6 kali d. 5 kali e. Kurang dari 5 kali |
A |
|
4.4 |
Keterlibatan dalam Organisasi Profesi |
|
|
||
|
8 |
Persentase jumlah keikutsertaan tenaga perpustakaan dalam organisasi profesi bidang kepustakawanan |
a. Lebih dari 69 % b. 60 – 69 % c. 50 – 59 % d. 30 – 49% e. Kurang dari 30% |
A |
|
|
|
Skor Komponen 4 |
|
40 |
|
|
|
Nilai Komponen 4 |
|
|
|
5. Komponen Penyelenggara Perpustakaan
Penyelenggara Perpustakaan |
Total IK: 4 Total skor maksimum: 20 |
Bobot: 10 |
|||
No |
Aspek Penyelenggara Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
5.1 |
Pendirian Perpustakaan |
|
|
||
|
1 |
Pendirian perpustakaan |
a. SK Pejabat Pembina di daerah b. SK Kepala Dinas/Ketua Yayasan/ Kepala Lembaga Pendidikan c. SK Kepala Sekolah d. Dalam proses e. Tidak ada |
C |
|
|
2 |
Pencantuman NPP : 1) Papan nama perpustakaan 2) Backdrop meja sirkulasi / layanan 3) Brosur perpustakaan 4) Banner/flyer perpustakaan 5) Website perpustakaan 6) Kartu anggota perpustakaan 7) Media sosial milik perpustakaan 8) Kalender 9) Running text 10) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 5 jenis b. 5 jenis c. 4 jenis d. 3 jenis e. Kurang dari 3 jenis |
A |
|
5.2 |
Struktur Organisasi |
|
|
||
|
3 |
Struktur organisasi perpustakaan: 1) Kepala Perpustakaan 2) Unit Layanan Teknis 3) Unit Layanan Pemustaka 4) Unit Layanan TI 5) Relawan (sahabat perpustakaan, pustakawan siswa) |
a. Lebih dari 4 unsur b. 4 unsur c. 3 unsur d. 2 unsur e. Kurang dari 2 unsur |
A |
|
5.3 |
Program Perpustakaan |
|
|
||
|
4 |
Perpustakaan memiliki Program kerja jangka pendek dan jangka panjang secara tertulis yang mengacu kepada perencanaan Lembaga induknya |
a. Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang yang mengacu kepada perencanaan sekolah dan disahkan oleh Kepala sekolah serta diperbarui secara periodik b. Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang yang mengacu kepada perencanaan sekolah dan disahkan oleh Kepala sekolah c. Perencanaan jangka pendek dan jangka panjang yang mengacu perencanaan sekolah dan disahkan oleh Kepala perpustakaan d. Perencanaan jangka pendek yang mengacu kepada perencanaan sekolah dan disahkan oleh Kepala perpustakaan e. Tidak memiliki dokumen perencanaan |
A |
|
|
|
Skor Komponen 5 |
|
20 |
|
|
|
Nilai Komponen 5 |
|
|
|
6. Komponen Pengelolaan Perpustakaan
Pengelolaan Perpustakaan |
Total IK: 9 Total skor maksimum: 45 |
Bobot: 15 |
|||
No |
Aspek Pengelolaan Perpustakaan |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
6.1 |
Visi dan Misi |
|
|
||
|
1 |
Perpustakaan memiliki dokumen visi, misi, tujuan, dan tugas yang dirumuskan secara tertulis |
a. a. Memiliki dokumen visi dan misi yang mengacu ke visi dan misi sekolah, dan ditetapkan oleh kepala sekolah b. Memiliki dokumen visi dan misi yang ditetapkan oleh kepala sekolah c. Memiliki dokumen visi dan misi yang ditetapkan oleh kepala perpustakaan d. Memiliki dokumen visi dan misi yang belum ditetapkan e. Tidak memiliki dokumen visi dan misi, tujuan, dan tugas perpustakaan |
A |
|
6.2 |
Anggaran |
|
|
||
|
2 |
Sumber anggaran dari: 1) APBN/APBD 2) Yayasan 3) Bantuan pendidikan 4) Sumbangan masyarakat 5) Kerja sama 6) Bantuan luar negeri 7) Hasil usaha |
a. Lebih dari 4 sumber b. 4 sumber c. 3 sumber d. 2 sumber e. Kurang dari 2 sumber |
A |
|
|
3 |
Persentase jumlah anggaran perpustakaan rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir terhadap anggaran sekolah (di luar gaji dan belanja modal) |
a. Lebih dari 6,99 % b. 6 – 6,99 % c. 5 – 5,99 % d. 4 – 4,99 % e. Kurang dari 4 % |
A |
|
|
4 |
Presentase anggaran untuk pengembangan koleksi perpustakaan rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir terhadap anggaran perpustakaan |
a. 45 – 50 % b. 40 – 44,99 % c. 35 – 39,99 % d. 30 – 34,99 % atau 51 – 70 % e. Kurang dari 30 % atau lebih dari 70 % |
A |
|
|
5 |
Jumlah dana partisipasi masyarakat/alumni yang tidak mengikat rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 7,9 juta b. 5 – 7.9 juta c. 2 – 4,9 juta d. 500 ribu – 1,9 juta e. Kurang dari 500 ribu |
A |
|
6.3 |
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
|
|
||
|
6 |
Penerapan TIK dalam pengelolaan perpustakaan, meliputi kegiatan: 1) Pengadaan 2) Pengolahan 3) Sirkulasi 4) Penelusuran/OPAC 5) Keanggotaan 6) Promosi 7) Laporan |
a. Lebih dari 4 kegiatan b. 4 kegiatan c. 3 kegiatan d. 2 kegiatan e. Kurang dari 2 kegiatan |
A |
|
6.4 |
Evaluasi dan Laporan Kegiatan Perpustakaan |
|
|
||
|
7 |
Pengawasan Perpustakaan meliputi: 1) Supervisi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan 2) Penyusunan laporan tertulis 3) Dilakukan minimal 1 (satu) kali per tahun 4) Memastikan kegiatan sesuai program 5) Tindak lanjut dari laporan |
a. 3 jenis pengawasan b. 2 jenis pengawasan c. 1 jenis pengawasan d. Pengawasan tidak teratur e. Tidak ada |
A |
|
|
8 |
Pelaporan kinerja perpustakaan yang disahkan oleh kepala perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir: 1) Tahunan 2) Triwulan 3) Bulanan |
a. 3 jenis laporan b. 2 jenis laporan c. 1 jenis laporan d. Ada laporan tetapi tidak teratur e. Tidak ada laporan |
A |
|
6.5 |
Kerja sama Perpustakaan |
|
|
||
|
9 |
Jumlah mitra kerja sama eksternal perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan melalui dokumen tertulis (MoU) |
a. Lebih dari 5 lembaga b. 5 lembaga c. 4 lembaga d. 3 lembaga e. Kurang dari 3 lembaga |
A |
|
|
|
Skor Komponen 6 |
|
45 |
|
|
|
Nilai Komponen 6 |
|
|
|
7. Komponen Inovasi dan Kreativitas
Inovasi dan Kreativitas |
Total IK: 5 Total skor maksimum: 25 |
Bobot: 5 |
|||
No |
Aspek Inovasi dan Kreativitas |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
7.1 |
Inovasi, kreativitas, dan keunikan perpustakaan |
|
|
||
|
1 |
Program/kegiatan inovasi dan kreativitas perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 4 program b. 4 program c. 3 program d. 2 program e. Kurang dari 2 program |
A |
|
|
2 |
Karya inovasi dan kreativitas perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 4 karya b. 4 karya c. 3 karya d. 2 karya e. Kurang dari 2 karya |
A |
|
|
3 |
Keunikan perpustakaan |
a. Lebih dari 3 keunikan b. 3 keunikan c. 2 keunikan d. 1 keunikan e. Tidak ada |
A |
|
7.2 |
Prestasi dan Apresiasi Perpustakaan |
|
|
||
|
4 |
Prestasi perpustakaan dan pustakawan dalam 3 tahun terakhir |
a. Lebih dari 4 prestasi b. 4 prestasi c. 3 prestasi d. 2 prestasi e. Kurang dari 2 prestasi |
A |
|
|
5 |
Apresiasi kinerja perpustakaan dan pustakawan dari eksternal lembaga induk atau masyarakat da am 3 (tiga) tahun terakhir |
a. Lebih dari 4 kali b. 4 kali c. 3 kali d. 2 kali e. Kurang dari 2 kali |
A |
|
|
|
Skor Komponen 7 |
|
25 |
|
|
|
Nilai Komponen 7 |
|
|
|
8. Komponen Tingkat Kegemaran Membaca
Tingkat Kegemaran Membaca |
Total IK: 4 Total skor maksimum: 20 |
Bobot: 5 |
|||
No |
Aspek Tingkat Kegemaran Membaca |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
8.1 |
Aktivitas Kegemaran Membaca |
|
|
||
|
1 |
Persentase jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan dari keseluruhan anggota rerata per hari dalam 1 (satu) tahun terakhir |
a. Lebih dari 10 % b. 8 – 10 % c. 5 – 7 % d. 2 – 4 % e. Kurang dari 2 % |
A |
|
|
2 |
Persentase jumlah koleksi (tercetak dan elektronik) yang digunakan oleh pemustaka terhadap keseluruhan koleksi perpustakaan rerata per bulan dalam 1 (satu) tahun terakhir |
a. Lebih dari 20 % b. 16 – 20 % c. 10 – 15 % d. 5 – 9 % e. Kurang dari 5 % |
A |
|
|
3 |
Keberadaan pegiat literasi: 1) Sahabat perpustakaan, 2) Duta baca siswa 3) Duta baca tenaga kependidikan 4) Duta baca guru 5) Penghargaan pemustaka aktif 6) Dan lain-lain |
a. Lebih dari 4 jenis b. 4 jenis c. 3 jenis d. 2 jenis e. Kurang dari 2 jenis |
A |
|
|
4 |
Karya tulis yang dihasilkan dari program kegiatan literasi di perpustakaan dalam 1 (satu) tahun terakhir |
a. Lebih dari 14 karya b. 10 – 14 karya c. 5 – 9 karya d. 1 – 4 karya e. Tidak ada karya |
A |
|
|
|
Skor Komponen 8 |
|
20 |
|
|
|
Nilai Komponen 8 |
|
|
|
9. Komponen Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat
Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat |
Total IK: 4 Total skor maksimum: 20 |
Bobot: 5 |
|||
No |
Aspek Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat |
Pilihan Jawaban (pilih salah satu jawaban) |
Skor |
Nilai |
|
Diisi oleh Asesor |
|||||
9.1 |
Ketercukupan koleksi, tenaga dan pemerataan akses Perpustakaan |
|
|
||
|
1 |
Rasio antara jumlah anggota perpustakaan terhadap keseluruhan judul koleksi yang dimiliki |
a. 1 : Lebih dari 15 judul b. 1 : 13 – 15 judul c. 1 : 10 – 12 judul d. 1 : 7 – 9 judul e. 1 : Kurang dari 7 judul |
A |
|
|
2 |
Rasio antara jumlah pustakawan terhadap anggota perpustakaan |
a. 1 : kurang dari 180 b. 1 : 180 – 215 c. 1 : 216 – 252 d. 1 : 253 – 288 e. 1 : Lebih dari 288 |
A |
|
|
3 |
Pemerataan akses layanan perpustakaan untuk pemustaka di semua jenjang dan kelas |
a. Lebih dari 79 % b. 70 – 79 % c. 60 – 69 % d. 50 – 59% e. Kurang dari 50 % |
A |
|
9.2 |
Kegiatan Perpustakaan yang Melibatkan Masyarakat |
|
|
||
|
4 |
Jumlah kegiatan perpustakaan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam 3 (tiga) tahun terakhir meliputi: 1) Pengembangan koleksi 2) Pendayagunaan koleksi 3) Promo si layanan 4) Pengembangan sarana prasarana perpustakaan 5) Peningkatan kegiatan literasi 6) Kegiatan lain |
a. Lebih dari 4 kegiatan b. 4 kegiatan c. 3 kegiatan d. 2 kegiatan e. Kurang dari 2 kegiatan |
A |
|
|
|
Skor Komponen 9 |
|
20 |
|
|
|
Nilai Komponen 9 |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar